Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Dorangadget.com Samsung Galaxy Watch Active 2 tampak seperti saingan terdekat dari Apple Watch 4 karena dibekali fitur EKG (elektrokardiogram). Fitur tersebut dimiliki oleh Watch 4, sesuatu yang tidak akan ditemukan di vendor lain. Kedua perangkat juga memiliki beragam fitur cerdas dan kebugaran, tetapi keduanya tidak terlihat sama. Berikut ini perbandingan antara kedua smartwatch ini.

Desain dan Tampilan Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki desain yang mirip dengan Samsung Galaxy Watch Active, yang artinya memiliki layar melingkar dengan dua tombol di tepi kanan bingkai. Hadir dalam ukuran casing 44mm dengan layar 1,4 inci, atau 40mm dengan layar 1,2 inci, dan Anda bisa mendapatkannya dengan bodi aluminium dan tali karet di Cloud Silver, Aqua Black dan Pink Gold, atau bodi stainless steel dengan tali kulit dari Perak, Hitam atau Emas. Dalam kedua kasus itu mendukung tali 20mm yang dapat diganti.

Di sisi lain, Apple Watch 4 memiliki layar lebih persegi, dengan mahkota digital di tepi kanan. Seperti halnya Galaxy Watch Active 2 yang hadir dalam ukuran case 40mm dan 44mm dan dapat hadir dengan bodi aluminium atau stainless steel.

Pilih aluminium dan Anda bisa mendapatkannya dalam Silver, Space Grey atau Gold, sedangkan versi stainless steel tersedia dalam Silver, Space Black atau Gold. Anda juga bisa mendapatkannya dengan serangkaian tali sporty dan logam.

Baik Apple Watch 4 maupun Galaxy Watch Active 2 juga tahan air hingga 50 meter. Jadi, perbedaan desain utama di antara mereka adalah bentuk layar.

Kebugaran dan Fitur Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4

Dua fitur besar baru untuk Samsung Galaxy Watch Active 2 adalah hal-hal yang Apple dalam satu kasus sudah tawarkan kepada konsumen. Pertama, EKG (elektrokardiogram) adalah fitur yang memungkinkan Galaxy Watch Active 2 mengukur ritme dan aktivitas listrik jantung Anda, untuk mengambil hal-hal seperti atrial fibrilasi. Fitur ini juga dimiliki oleh Apple Watch 4, tetapi merupakan masalah yang cukup besar karena tidak ada arus utama lain yang dapat ditawarkan.

Fitur besar baru lainnya pada Galaxy Watch Active 2 adalah ‘bezel rotating digital’, yang merupakan bezel digital di sepanjang tepi layar yang dapat Anda gunakan untuk menelusuri menu. Apple Watch 4 tidak memiliki ini, tetapi memiliki mahkota digital yang dapat Anda gunakan untuk menavigasi arloji, yang agak mirip.

Kedua jam tangan juga hadir dalam LTE, yang merupakan masalah besar jika Anda ingin meninggalkan telepon di rumah.  Mereka juga memiliki monitor detak jantung, GPS, NFC, dan serangkaian fitur kebugaran lengkap, termasuk kemampuan untuk melacak berbagai olahraga dan latihan.

Sistem Operasi dan Daya Samsung Galaxy Watch Active 2 vs Apple Watch 4 OS

Samsung Galaxy Watch Active 2 menggunakan Tizen, sementara Apple Watch 4 menggunakan watchOS. Itu adalah dua perbedaan terbesar antara perangkat yang dapat dikenakan ini dan dalam kasus Apple Watch berarti Anda hanya boleh mempertimbangkannya jika Anda memiliki iPhone, karena perangkat lunaknya tidak kompatibel dengan Android. Tizen di sisi lain kompatibel dengan kedua sistem operasi seluler.

Selain antarmuka dan kompatibilitas yang berbeda, satu perbedaan lain antara sistem operasi ini adalah asisten AI yang dapat Anda hubungi. Anda tentu saja mendapatkan Siri di Apple Watch 4, sedangkan Watch Active 2 mengandalkan Bixby. Itu bisa dibilang poin yang menguntungkan Apple, meskipun Bixby secara bertahap membaik.

Adapun spesifikasi inti, Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki chipset Exynos 9110 dual-core, 4GB penyimpanan dan 768MB atau 1,5GB RAM, dengan jumlah yang lebih besar dicadangkan untuk model LTE. Sementara, Apple Watch 4 memiliki chipset Apple S4 dual-core dan penyimpanan 16GB. RAM tidak dirinci.

Samsung Galaxy Watch Active 2 memiliki baterai 230mAh dengan masa pakai hingga 2 hari jika Anda memilih model 40mm, atau 340mAh dalam versi 44mm. Sementara itu, Apple Watch 4 disebut memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam. Apple belum mengatakan seberapa besar baterainya. Untuk berita lainnya seputar gadget, silahkan Subscribe channel Telegram Dorangadget.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp