Review Garmin Fenix 6 vs Garmin Fenix 7 – Spesifikasi dan Fitur

garmin fenix, fenix 6, fenix 7

Garmin WatchGarmin Fenix menjadi seri terbaik yang dimiliki oleh Garmin saat ini. Pasalnya, di seri tersebut banyak fitur unggulan untuk kegiatan berolahraga dan aktivitas harian Anda. Misalnya saja pada Fenix 6, dan kabarnya akan segera dirilis seri terbaru yakni Fenix 7. Seperti apa perbandingan keduanya? Berikut ulasannya yang Doran Gadget rangkum.

Spesifikasi dan Fitur Garmin Fenix 6

01. garmin fenix, fenix 6, fenix 7

Garmin seri Fenix keenam ini diluncurkan secara resmi pada Agustus 2019 lalu. Berbagai fitur yang disematkannya pun mendukung untuk berbagai aktivitas dan olahraga. Berikut beberapa fitur di Fenix 6 yang membuatnya banyak dipilih setidaknya hingga kini.

1. Dimensi dan Layar

Dimensinya sendiri adalah 47x47x1.47 sehingga cocok digunakan bagi orang dengan pergelangan tangan sedang dan lebih pas. Sedangkan untuk layarnya memiliki resolusi 260×260 transflective MIP Color yang bisa dibaca di bawah sinar matahari. Bobotnya pun sangat ringan hanya 82 gram saja dan ditunjang dengan koneksi Bluetooth dan ANT+.

2. Ketahanan Baterai

Selanjutnya adalah mengenai ketahanan baterainya. Ketika digunakan dalam mode smartwatch, baterainya bisa bertahan hingga 14 hari. Sedangkan untuk mode GPS dapat digunakan hingga 36 jam. Jika digunakan dalam mode ekspedisi bertahan hingga 28 hari dan untuk mode hemat baterai ketahanannya sampai 48 hari.

3. Performa Pelacakan Garmin Fenix 6

Agar aktivitas di luar ruangan semakin nyaman dan aman, maka Fenix 6 dilengkapi dengan sensor dan juga sistem pelacakanyang kompatibel digunakan di berbagai penjuru dunia. Ini didukung dengan satelit navigasi global seperti GPS, GLONASS, dan Galileo. Bahkan, ada peta ski di lebih dari 2000 resor di dunia. Fitur lainnya adalah kompas dengan teknologi terbaru, giroskop, dan juga altimeter barometrik.

4. Fitur Pelatihan dan Pemantau Kesehatan

Sebagai jam tangan untuk olahraga, dilengkapi pula dengan berbagai fitur untuk pelatihan sekaligus pemantau kesehatan. Misalnya saja pelatihan lanjutan PacePro dalam memantau kecepatan sesuai grade aktivitas. Lalu, ada V02 Max untuk memperkirakan status latihan. Untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah, bisa menggunakan fitur Pulse OX2. Anda juga bisa memantau kualitas tidur melalui jam tangan ini.

5. Fitur Tambahan Lain

Selain keempat fitur di atas, Garmin Fenix 6 memiliki fitur tambahan untuk hiburan. Dengan begitu, dapat menunjang kegiatan dan olahraga Anda semakin menyenangkan. Melansir dari laman Garmin Indonesia, seri ini memiliki empat dukungan premium layanan musik streaming dan masih banyak lainnya. Dimana fitur ini juga ada pada beberapa jam Garmin lainnya seperti Fenix 5 plus, Forerunner 645 Music, dan Vivoactive 3 Music.

Baca juga: Perbedaan Jam Garmin Fenix 6 vs Fenix 6S vs Fenix 6X

Spesifikasi dan Fitur Garmin Fenix 7

02. garmin fenix, fenix 6, fenix 7

Melansir dari laman Techradar, seri ini disebut-sebut bakalan dirilis pada pertengahan tahun. Paling tidak pada bulan Agustus hingga akhir tahun 2021. Meski belum rilis, namun ada beberapa bocoran mengenai fitur yang disematkan pada smartwatch terbaik Garmin ini. Berikut di antaranya yang perlu diketahui:

1. Desain yang Baru

Fitur pertama adalah dari segi desain, seri Fenix 6 sebelumnya didesain untuk kegiatan outdoor dan maskulin dengan daya baterai tangguh. Namun, desainnya cukup tebal. Disebut-sebut, Garmin Fenix 7 ini bakalan hadir dengan desain yang lebih ramping bila dibandingkan seri sebelumnya dan membuatnya lebih nyaman digunakan dengan bahan baku berkualitas terbaik.

2. Bagaimana dengan Layarnya?

Beralih ke layar, seri Fenix 7 juga dibekali dengan layar tajam. Bila mengacu pada seri seblumnya, mengadopsi layar 260×260. Hal itu membuat tampilannya mudah dilihat, bisa saja Fenix 7 lebih tajam dari itu. Akan tetapi, ini juga bisa berpengaruh pada baterai dan solusinya adalah Fenix terbaru ini telah menyematkan teknologi solar. Selain itu, di seri ini juga dilengkapi layar sentuh untuk kemudahan pengguna. Fitur ini pun juga bisa dimatikan dan bisa beralih ke tombol fisik. Jadi, tergantung kebutuhan Anda.

3. Garmin Fenix 7 Dilengkapi Fitur Energi Solar

Seperti dijelaskan sebelumnya, Fenix 7 dilengkapidengan fitur energi solar. Dimana fitur ini mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi pada baterai. Teknologi ini juga dipakai pada jam Garmin Fenix 6 dan juga Garmin Instinct. Dengan begitu, mendukung untuk berbagai kegiatan outdoor.

4. Fitur Elektrokardiogram dan Metrik

Keunggulan lain, seri Fenix 7 lengkap dengan beberapa metrik terbaik. Mulai dari Firstbeat metrik, VO2 Max, Daily Workout Suggestion, dan Dynamic PacePro untuk olahraga yang lebih baik. Selain itu, tidak hanya digunakan untuk lari saja tetapi kompatibel untuk olahraga bersepeda, golf, bermain ski, dan berenang. Juga ada fitur Elektrokardiogram untuk memantau detak jantung yang bermasalah.

5. Pantau Kebisingan di Sekitar Anda

Fitur terakhir adalah pemantau kebisingan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa melihat tingkat desibel di lingkungan sekitar untuk menjaga pendengaran. Sebelumnya, Apple Watch juga menggunakan fitur teknologi tersebut. Banyak penggemar Garmin berharap fitur ini memiliki teknologi terbaik di Fenix 7 nantinya.

Baca juga: 7 Fitur Penting Pemantau Kesehatan Garmin di Masa Pandemi

Mana yang Terbaik?

03. garmin fenix, fenix 6, fenix 7

Mana smartwatch terbaik dari Garmin yang layak dipilih? Hal ini sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan aktivitas Anda. Saat ini, Fenix 6 memang bisa Anda pilih karena memiliki segudang fitur unggulan untuk olahraga dan memantau aktivitas Anda. Ditambah lagi daya baterai yang tangguh dan desain ergonomis.

Namun, tidak menutup kemungkinan di seri Fenix 7 fitur yang ada sebelumnya semakin ditingkatkan. Misalnya adanya layar sentuh yang akan membuat pengguna merasa nyaman untuk aktivitas padat. Begitu juga dengan fitur monitor tingkat kebisingan, bagi Anda yang suka ketenangan maka pilihan tepat untuk membeli Fenix 7. Hanya saja, pihak Garmin belum merilis secara lengkap mengenai tanggal rilisnya. Jadi, Anda perlu sedikit bersabar.

Apapun pilihan jam tangannya, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya di Doran Gadget yang merupakan distributor resmi Garmin di Indonesia. Dapatkan pula informasi menarik dan up to date lainnya seputar smartwatch terbaik di channel Telegram Doran Gadget.