Instagram Keluarkan Dark Mode untuk Android dan iOS

Mode Gelap Instagram Keluarkan Dark Mode untuk Android dan iOS

Tren mode gelap masih terus berlanjut. Semakin banyak aplikasi yang menggulirkan mode tersebut. Kini, Instagram pun menerapkannya mulai Selasa (8/10/2019) untuk pengguna ponsel berbasis Android dan iOS. Sebelumnya tersedia untuk pengujian dalam versi alpha dan beta aplikasi. Mode gelap sekarang tersedia untuk semua orang yang menggunakan versi aplikasi yang stabil dan rilis.

Tampilannya menjadi gelap dan meringankan mata saat menjelajahi Instagram. Fitur terbaru ini sayangnya tidak tersemat pada aplikasi. Pengguna tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi mode gelap melalui pengaturan Instagram. Itu artinya harus sesuai dengan pengaturan seluruh sistem iPhone pengguna yang saat ini cukup standar karena sebagian besar pembuat aplikasi iOS menambahkan dukungan mode gelap untuk pertama kalinya.

Namun, seperti yang dicatat oleh kepala Instagram Adam Mosseri dalam tweet, Anda harus menjalankan versi terbaru sistem operasi seluler, yaitu Android 10 atau iOS 13 untuk menikmati mode gelap.

Seperti dilansir XDA Developers, pakar merek terkenal aplikasi Jane Manchun Wong telah melihat referensi ke opsi ‘tema’ baru di Instagram yang menyarankan kita harus melihat mode gelap disediakan untuk pengguna Instagram yang menggunakan Android versi lama. Tidak jelas apakah pengguna pra-iOS 13 akan mendapatkan opsi atau tidak.

Fungsionalitas inti aplikasi tetap tidak berubah. Warna gelap menggantikan semua elemen antarmuka pengguna yang sebelumnya putih. Sementara aspek lain seperti bilah navigasi atas dan bawah menampilkan warna abu-abu gelap.

Selain mode gelap, aplikasi di bawah naungan Facebook ini juga menghebohkan penggunanya karena kebijakan baru menghapus tab Following Activity. Fitur tersebut memudahkan orang melihat postingan yang disukai atau dikomentari pengguna lain yang mereka ikuti. Caranya adalah cukup dengan mengklik ikon hati di bilah menu yang terletak di bawah aplikasi.

Instagram memiliki alasan tersendiri terkait penghapusan Following Activity. Menurut pihak mereka, tab ini jarang diketahui oleh pengguna dan bahkan tidak sering digunakan. Alhasil, pembaruan Instagram mulai pekan ini membuat pengguna hanya dapat melihat aktivitasnya sendiri.

“Kami menghapusnya karena hanya sedikit orang yang menggunakan tab Following Activity secara teratur,” kata seorang juru bicara. “Selain itu, kami telah mendengar dari orang-orang bahwa mereka mengira tab tersebut sangat tersembunyi yang mereka anggap tidak berguna, terutama jika dibandingkan dengan fitur serupa seperti Explore.”

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp