Mobil Listrik Xiaomi SU7 - FI

Doran GadgetSetelah sukses meluncurkan gadget pintar dan produk rumah pintar (smart home living), Xiaomi merambah ke dunia otomotif dengan meluncurkan mobil listrik Xiaomi SU7 akhir tahun 2023 lalu. Disebut-sebut, mobil listrik ini bakalan menjadi pesaing berat dari dua pabrikan lainnya yakni Porsche dan Tesla. Seperti apa kecanggihan teknologi dan berapa harga yang dipasarkan untuk mobil listrik pertama Xiaomi ini? Simak ulasannya yang dihimpun tim Doran Gadget.

Spesifikasi dan Desain

mobil listrik Xiaomi SU7 (3)
sc: Nikkei Asia

Mobil listrik Xiaomi SU7 memiliki desain yang elegan dan mewah. Khususnya pada bagian lekukan, lampu bagian depan maupun belakang yang lebih menyempit. Dimensi depan mobil ini berukuran 4.997 x 1.963 x 1.455 mm (PxLxT). Dilengkapi pula dengan bagasi super luas hingga muat 105 liter. Tentu, ukuran bagasi tersebut lebih besar jika dibandingkan mobil listrik pesaingnya yakni Tesla Model S yang memiliki kapasitas 89 liter. Begitu juga dengan Porsche Taycan Turbo 84 liter.

Xiaomi SU7 tampil dengan tiga varian warna yang mengkilap (glossy). Mulai dari abu-abu metalik (Mineral Gray), biru laut metalik (Aqua Blue), dan warna hijau army metalik (Verdant Green). Adapun varian Aqua Blue adalah yang unik. Itu karena desainnya yang menampilkan warna eksentrik biru laut. Ini juga yang membedakannya dengan warna mobil listrik pada umumnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik 2024

Performa Mobil Listrik Xiaomi SU7

mobil listrik Xiaomi SU7 (1)
sc: Lowyat

Dari segi performa, sebenarnya mobil listrik ini cukup unggul. Model penggeraknya menggunakan rear wheel drive (RWD). Untuk mesinnya mengadopsi tipe V6 dengan torsi maksimum 400 Nm dan tenaga maksimalnya mampu hingga 220 kW. Dengan mesin tersebut, pabrikan mengklaim jika mobil mampu melaju dengan kecepatan dari 0-100 km/h dalam 5.28 detik saja.

Sementara, baterainya menggunakan Qilin Battery dari pabrikan Contemporary Amperex Technology (CATL) dengan kapasitas 63.6 kWh. Berkat daya dan kapasitas baterai tersebut, mobil bisa melaju dengan karak maksimum sampai dengan 668 kilometer untuk satu kali pengisian daya hingga penuh. Untuk pengisian daya sekitar 5 menit, mobil mampu menempuh jarak sekitar 220 kilometer.

Sedangkan pada seri Xiaomi SU7 Max berpenggerak all wheel drive (AWD). Dimana mesin ini mampu melaju dengan torsi 838 Nm dan tenaga maksimalnya hingga 425 kW. Akselerasi maksimalnya mampu menempuh 0-100 km/h hanya 10.67 detik. Lalu, untuk kecepatan maksimum mampu hingga 265 km/h.

Baterainya sama halnya seri SU7 menggunakan Qilin Battery CATL berkapasitas 101 kWh dan bisa ditempuh hingga jarak 800 kilometer. Untuk pengisian daya 10 menit, mobil diklaim mampu menempuh jarak kurang lebih 390 nkilometer.

Baca juga: 10 Rekomendasi Holder HP Mobil Terbaik untuk Perjalanan Anda

Pakai Snapdragon 8295

mobil listrik Xiaomi SU7 (2)
sc: Xiaomi

Selain dari segi tampilan dan performa, sensor dan interior dari Xiaomi SU7 menarik untuk disimak. Sebab, pengoiperasiannya dipercayakan pada chipset dari Qualcomm Snapdragon 8295. Dimana chipset ini dibekali juga dengan teknlogi automated driving system (ADAS) atau sistem kemudi otomatis yang disebut Xiaomi Pilot. Dengan begitu, mobil dapat dikendalikan otomatis dengan bantuan kamera dan sensor di beberapa bagian mobil.

Keunggulan lain dari Xiaomi Pilot adalah kemampuan parkir secara otomatis hingga pengemudi bisa memanggil mobil secara otomatis. Contohnya mengarahkan mobil berjalan sendiri menuju pintu garasi dan lainnya. Keunggulan tersebut didukung dengan tampilan interface HyperOS Android yang dirancang khusus oleh Xiaomi dan mendukung untuk platform IoT lainnya seperti Vela.

Interior bagian tengahnya memiliki layar yang cukup besar. Dengan layar 16.1 inci ini, pengemudi bisa mengakses fitur maupun kontrol mobil dengan mudah hanya menggunakan fitur touchscreen. Bagian kursi kemudi terdapat pula layar 7.1 inci untuk pengoperasian. Sedangkan di bagian kursi penumpang bagian belakang, terdapat dua buah layar tablet Xiaomi. Di sini, penumpang dapat menikmati berbagai konten hiburan.

Baca juga: Urutan Prosesor Snapdragon Terendah Hingga Tertinggi

Ini Harga yang Dipasarkan!

mobil listrik Xiaomi SU7 (4)s
sc: Xiaomiui

Hal lain yang menjadi buah bibir para pecinta mobil listrik adalah mengenai harga Xiaomi SU7. Meskipun pihak Xiaomi sendiri belum melansir berapa harga mobil listrik pertamanya ini, namun berbedar berbagai rumor tentang harga yang bakalan dijual di pasaran.

Untuk tipe paling rendah, bocorannya adalah sekitar dibawah 300 ribu Yuan. Dimana angka tersebut setara dengan Rp655 jutaan. Selain belum membeberkan harga, pihak pabrikan juga akan mematangkan proses uji coba kendaraan tersebut. Diperkirakan uji coba dan produksi massal akan dilangsungkan mulai paruh pertama 2024.

Diharapkan nantinya keberadaan mobil listrik Xiaomi SU7 bakalan bersaing dan mampu mengalahkan kompetitor di jajaran mobil listrik sekelasnya. Misalnya mobil listrik buatan Tesla dan Porsche. Hal senada juga diungkapkan CEO Xiaomi, Lei Jun sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno menyebutkan jika nantinya Xiaomi optimis masuk dalam jajaran lima besar produsen mobil listrik di dunia.

*Baca artikel lainnya seputar Xiaomi lainnya di Doran Gadget dengan klik di sini!

Artikel terkait:

>