3 Bahaya Kecanduan Handphone Terhadap Tidur

kecanduan handphone

Doran GadgetSetiap orang seakan tidak bisa jauh dari handphone saat ini. Bahkan, dalam keadaan tidur sekalipun, seseorang bisa meletakkan handphone di sampingnya. Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu? Bila sudah di tahap kecanduan handphone , kamu sudah harus waspada dengan beberapa bahaya di bawah ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengacaukan Jam Tidur

Bahaya pertama yang bisa disebabkan karena meletakkan smartphone terlalu dekat adalah mengacaukan jam tidur. Kamu akan merasa tertarik bermain smartphone sebelum tidur. Alhasil, waktu tidurmu akan tertunda karena terlalu asyik bermain handphone.

2. Bahaya Radiasi

Nah, bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh smartphone harus menjadi perhatian penting. Radiasi elektromagnetik dikeluarkan oleh komponen-komponen mesin handphone. Apabila handphone diletakkan dekat kepala saat tidur, radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan masalah pada otak. Mulai dari pusing, gangguan fungsi otak, hingga tumor dapat mengancam kesehatanmu. Bahkan, paparan radiasi bisa menyebabkan kanker.

Jika Anda memang membutuhkan aplikasi pelacakan tidur, gunakan saja smartwatch Garmin  yang bisa memberikan analisis tidur lengkap setiap harinya tanpa menyebabkan radiasi yang berbahaya.

3. Menurunkan Konsentrasi

kecanduan handphone

Kecanduan handphone bisa menyebabkan Anda sulit untuk berkonsentrasi. Akibatnya, aktivitas terganggu dan produktivitas jadi menurun. Ini berkaitan dengan menurunnya kualitas tidur akibat gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh handphone. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah menuju otot-otot tubuh menjadi kurang maksimal sehingga kamu merasa seluruh tubuhmu nyeri setelah bangun tidur keesokan harinya.

4. Menimbulkan FOMO

Istilah FOMO atau yang disebut dengan Fear of Missing Out merupakan keinginan seseorang untuk terus-menerus terhubung dengan internet melalui gadget, seperti handphone atau tablet. Hal tersebut membuat seseorang bisa sangat kecanduan terhadap handphone.

5. Resiko Kebakaran

Tidak hanya gangguan kesehatan, meletakkan handphone di dekat kita Anda saat tidur bisa menyebabkan resiko kebakaran. Bahkan dalam beberapa kasus, ditemukan handphone yang meledak ketika sedang diisi dayanya di dekat tempat tidur. Ini karena handphone yang sedang diisi daya cenderung lebih cepat panas hingga menyebabkan terjadinya ledakan jika tidak segera diputus dari sumber dayanya.

Itu dia berbagai macam bahaya kecanduan handphone hingga tidak bisa jauh-jauh dari gadget itu ketika tidur. Untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, sebaiknya jauhkan handphone dari tempat tidur Anda di malam hari. Jika membutuhkan alarm, gunakan jam biasa yang tidak menyalurkan gelombang berbahaya untuk tubuh kita. Mau tahu info kesehatan lainnya dan promo produk yang sedang berlangsung, gabung aja di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!

Tinggalkan Balasan