Inilah Alasan Instagram Hapus Ikon IGTV

Inilah Alasan Instagram Hapus Ikon IGTV

Sekitar 7 juta lebih dari 1 miliar pengguna Instagram telah mengunduh aplikasi IGTV dalam 18 bulan sejak diluncurkan. Dan sekarang, aplikasi utama Instagram memutuskan menghapus tombol IGTV berwarna oranye dari beranda. Keputusan untuk membuang ikon IGTV yang memudahkan pengguna mengakses konten IGTV membuat kita menyoroti tentang popularitas IGTV itu sendiri. Dikutip dari TechCrunch, pihak Instagram menyebut sebagian besar pengguna menonton IGTV tidak dari ikon yang terletak di beranda.

“Karena kami terus berupaya mempermudah orang membuat dan menemukan konten IGTV, kami telah belajar bahwa sebagian besar orang menemukan konten IGTV melalui pratinjau di Feed, saluran IGTV di Explore, profil pembuat konten, dan aplikasi mandiri. Sangat sedikit yang mengklik ikon IGTV di sudut kanan atas layar utama di aplikasi Instagram,” ujar juru bicara Facebook. “Kami selalu berusaha menjaga Instagram sesederhana mungkin, jadi kami menghapus ikon ini berdasarkan pembelajaran dan umpan balik ini dari komunitas kami.”

IGTV diluncurkan pada Juni 2018 sebagai cara untuk memposting video bentuk panjang, meskipun ditujukan terutama untuk selebriti dan mereka yang besar di media sosial. Digambarkan secara luas sebagai tawaran Instagram untuk mengambil di YouTube, layanan ini memungkinkan unggahan video berdurasi hingga satu jam untuk influencer tertentu, sementara pengguna biasa dapat memposting video berdurasi 10 menit.

Meskipun mendapat dukungan besar, IGTV hanya berhasil mendapatkan sekitar 7,8 juta unduhan dalam 12 bulan pertama setelah peluncuran 2018, menurut Apptopia, pelacak aplikasi seluler. Pada saat yang sama, Apptopia juga memperkirakan bahwa IGTV memiliki sekitar 1,75 juta pengguna bulanan, sebuah angka yang artinya jika dibandingkan dengan aplikasi Instagram utama, yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan, atau bahkan TikTok, yang memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan pada pertengahan 2018. Dan sementara Instagram dengan senang hati memuji jumlah pengguna untuk fitur Cerita yang mirip Snapchat, yang sangat populer, ia mundur dari menawarkan statistik tentang IGTV.

Instagram mengalami masalah pada awalnya dengan beberapa pengguna frustrasi karena kurangnya dukungan untuk video horisontal. Tentu, Anda dapat mengunggahnya, tetapi mereka tidak akan memenuhi layar ketika Anda memiringkan ponsel Anda, dan karenanya meninggalkan banyak ruang putih di sekitar video berukuran kecil Anda. IGTV mendukung video vertikal dalam upaya untuk memperkuat kredensial mobile-first-nya. , tetapi kurang dari setahun, itu mengubah taktik dan memungkinkan video horisontal untuk mengisi layar.

Kehilangan ikon di bagian atas aplikasi Instagram tidak berarti bahwa IGTV akan mati, tetapi itu bukan pertanda yang menjanjikan bahwa Instagram telah membuang cara paling nyaman untuk mengakses layanan dari aplikasi utamanya.

Tinggalkan Balasan