GoPro Hero 9 – Hadir Dengan Resolusi 5K, Dual Layar & Lensa yang Bisa Diganti

action cam gopro hero 9 black

Dorangadget.com GoPro Hero 9 adalah action cam terbaru dan yang paling banyak ditunggu, paling banyak, rumor dan juga tak lepas dari dibanding-bandingkan dengan produk sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena banyak yang mengatakan jika versi sebelumnya kurang memuaskan penggemar action cam. 

Pihak GoPro resmi release GoPro Hero 9 pada 17 September 2020. Hal tersebut lebih cepat dari GoPro Hero 8 yang di release pada 1 Oktober 2019. GoPro sepertinya mendengar keluhan konsumennya dan akhirnya Hero 9 muncul dengan slogan More Everything.

Sebelum membahas lebih dalam, berikut beberapa fitur utama dan review GoPro Hero 9:

  • Memiliki resolusi 5K up to 30 FPS (Frame Per Second).
  • Memiliki layar di bagian depan.
  • Baterai lebih besar sekitar 30%.
  • Lensa yang bisa dilepas.
  • Kualitas foto 20MP.
  • Memiliki ukuran body yang lebih besar.
  • Memiliki Hypersmooth and Timewarp 3.0
  • Memiliki Horizon levelling.
  • Kompatibel dengan MAX Lens Media Mod
  • Memiliki Mode baru, yaitu duration capture, scheduled capture, hindsight mode dan webcam/streaming mode.

action cam gopro hero 9 black

Perbedaan Spesifikasi GoPro Hero 9 VS Hero 8

Sebagai kamera Action Cam terbaru dari GoPro, Hero 9 Black membawa banyak perubahan dari seri sebelumnya, yaitu hero 8. Berikut beberapa perbedaan Hero 9 dengan Hero 8.

SpesifikasiHero 9 BlackHero 8 Black
Photo20MP + SuperPhoto with HDR12MP + SuperPhoto with HDR
Video5K304K60
100Mbps Bit Rate5K / 4K / 2.7K 4K / 2.7K
Video StabilizationHyperSmooth 3.0 HyperSmooth 2.0
Horizon LevelingIn-Camera With the GoPro App
Digital Lenses / FOVSuperView, Wide, Linear, Linear + Horizon-Leveling, NarrowSuperView, Wide, Linear, Narrow
Front Screen1.4″ Color LCD with Live Preview and StatusStatus-only Screen
Frameless Mounting With Folding FingersYesYes
TimeWarp VideoTimeWarp 3.0 TimeWarp 2.0
ModsYesYes
Night Lapse VideoYesYes
HindSightYes
LiveBurstYesYes
Scheduled CaptureYes
Settings Presets / Custom PresetsYesYes
Customizable On-Screen ShortcutsYesYes
Live Streaming1080p1080p
Webcam ModeYesYes
AW Photo CaptureAll Photo ModesAll Photo Modes
Audio FeaturesWith Media Mod for HERO9 Black or With Pro 3.5mm Mic AdapterWith Media Mod for HERO8 Black or With Pro 3.5mm Mic Adapter
HDMI  OutWith Media Mod for HERO9 Black or a Micro HDMI CableWith Media Mod for HERO8 Black or a Micro HDMI Cable

Hardware GoPro Hero 9

action cam gopro hero 9 black

Jika dilihat secara sekilas, Hero 9 mendapatkan desain baru. Dari ukuran layar depan atau front color display yang lebih besar dan berwarna. Lalu pada bagian kamera, ukuran kamera terlihat lebih besar, dengan ukuran sekitar 5mm.

Untuk bobotnya, lebih berat sekitar 30 gram dari GoPro Hero 8 dan 42 gram dari GoPro Hero 7. Begitu juga dengan bentuk lensa depan yang sudah tidak menyatu dengan bodi kamera. Sekarang GoPro Hero 9 menggunakan lensa yang bisa dilepas seperti pada Hero lama.

GoPro Hero 8 banyak dikritik karena lensa yang menyatu dengan body. Sekarang Anda bisa mengganti lensa saja, tanpa harus mengganti seluruh kamera. Kamera GoPro Hero 9 black sendiri sudah kedap air sampai kedalaman 10m. Dengan microphone yang berguna untuk voice command atau memberikan perintah lewat suara dan built in mounting.

Layar utama GoPro menggunakan touch screen dengan layar berukuran 2.27” dibandingkan 2” dari model sebelumnya. Dengan layar lebar tersebut, tentunya semakin memudahkan ketika melakukan navigasi sehingga lebih cepat, serta display yang lebih enak dipandang.

Pihak GoPro juga menyediakan Max Lens Mod, yakni sebuah lensa cembung yang bisa dipasang untuk menggantikan lensa standar. Max Mod bisa menangkap gambar ultra-wide 155˚ FOV untuk memperluas perspektif dan kedalaman depth of field.

Max Lens Mod GoPRo juga akan meningkatkan kemampuan horizon lock levelling. Sedangkan mediamod, GoPro Hero 9 mempunyai model sendiri, karena dimensi kamera yang berbeda. Untuk dudukan atau mount, semua mount dari Hero 8 bisa dipakai pada Hero 9.

Penambahan Fitur Dual Screen

 

action cam gopro hero 9 black

GoPro menambahkan layar depan berukuran 1.4” berwarna. Hal ini mungkin merupakan fitur yang sangat positif. Jika biasanya hanya bisa mengira-ngira posisi yang pas saat merekam diri sendiri, maka kamera depan GoPro ini akan sangat membantu.

Fitur ini sudah sangat lama ditunggu-tunggu dan sudah didahului action cam lain seperti DJI Osmo beberapa tahun yang lalu. Dengan fitur tersebut Anda bisa mendapatkan gambar yang proporsional. Dengan pengaturan background yang tepat, termasuk saat mode widescreen.

Layar depan tidak memakai teknologi touchscreen. Namun Anda bisa mengatur apa yang ditampilkan. Seperti gambar realtime full atau close up yang menampilkan settingan gambar, hanya menampilkan settingan kamera atau dimatikan untuk menghemat baterai.

Menggunakan Resolusi 5K

Resolusi 5K adalah resolusi dengan lebar pixel 5ribuan. Biasanya resolusi 5K menggunakan resolusi 5120×2880, aspek ratio 16:9, kepadatan 14.7 juta pixel sekitar 7 kali lebih banyak dari resolusi 1080p HD atau sekitar 1.5 kali lebih banyak dari dari 4K. Jadi Gambar akan terlihat lebih tajam dan lebih jelas.

GoPro Hero 9 memiliki sensor gambar/video yang lebih powerful. Tidak hanya untuk support 5K, tapi juga meningkatkan kualitas gambar/video untuk mode-mode lainnya. GoPro Hero 9 menggunakan sensor 23.6 megapixel.

Ditambah dengan teknologi pengolahan gambar yang lebih modern. membuat video dan gambar yang dihasilkan GoPro Hero 9 terlihat lebih tajam dan memiliki warna yang lebih natural. Untuk saat ini, belum banyak perangkat yang mendukung 5K.

Kebanyakan masih di 1080P HD dan 4K, seperti GoPro Hero 8. Tetapi kelebihan 5K adalah fleksibilitas dengan resolusi gambar dan kepadatan warna yang lebih banyak. Anda bisa membuat crop, zoom, snapshot/capture gambar 14MP dari video, dan gambar masih memiliki kualitas yang luar biasa.

Dengan resolusi besar yang ditawarkan GoPro Hero 9, Anda bisa memakai mode video untuk merekam suatu kegiatan. Lalu mengambil gambar dari video tersebut, dari pada harus melakukan foto. Sehingga Anda bisa meminimalisir kelewatan momen.

Fitur 5K di Hero 9 terbatas pada 30 fps sementara mode 4K bisa sampai 60 fps. Jadi mode 5K ini lebih terbatas pada video untuk suasana yang tidak terlalu dinamis. Untuk kegiatan cepat seperti bersepeda Downhill, berenang, sebaiknya menggunakan resolusi lebih rendah dengan fps lebih tinggi, agar tetap bisa menangkap detail kecil dengan halus.

Kekurangan lainnya dari resolusi 5K adalah cepat menghabiskan memori. Anda membutuhkan PC & notebook dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk mengolahnya. Dan untuk saat ini, kebanyakan smartphone belum mampu memainkan video 5K, harus ditaruh pada PC untuk melihat hasilnya.

Fitur Baru GoPro Hero 9

action cam gopro hero 9 black

Selain mendapat ubahan pada desain, action cam GoPro terbaru ini juga memiliki fitur baru, berikut beberapa tambahan fitur baru pada GoPro Hero 9:

  • Scheduled Capture: Dengan mode ini, Anda bisa mengatur waktu kamera hidup sendiri dan langsung melakukan perekaman atau record. Jadi Anda tidak perlu bangun pagi untuk merekam sunset, cukup atur saja waktu dan posisinya.
  • Duration: Yaitu kemampuan mengatur durasi waktu perekaman yang akan mati otomatis, mulai dari 30 detik sampai 3 jam.
  • HindSight: yaitu fitur untuk menghemat memori dan mengurangi kehilangan momen penting. Misalnya dalam sebuah adegan panjang, merekam terus akan menghabiskan baterai dan memori. Menghidupkan lalu mematikan kamera akan membuat kehilangan moment. Dengan Mode Hindsight GoPro Hero 9, akan merekama sementara di background, jika anda on atau mengaktifkan record, maka akan menyambungkan kejadian dari 30 detik sebelum Anda memencet on, termasuk 30 detik setelah perekaman. Dengan begini Anda tidak akan kehilangan momen sekaligus menghemat memory.

Bersamaan dengan peningkatan sensor dan software, fitur pada GoPro Hero juga di upgrade:

  • HyperSmooth 3.0: Fitur hyper smooth ini akan sangat membantu untuk membuat gambar stabil dengan Electronic Image Stabilization (EIS). fitur ini mengalami peningkatan dari yang dipakai pada Hero 8 yakni Hyper Smooth 2.0. Tidak terlalu jelas perbedaannya, namun memiliki fungsi yang mirip gimbal, tetapi dilakukan dengan software dan pemrosesan gambar. Fitur ini bisa dipakai bersama dengan mode Linear and Horizon Leveling untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil.
  • TimeWarp 3.0: TimeWarp adalah fitur mengambil video yang nantinya akan dipercepat speednya atau time lapse. Timewarp 3.0 menghasilkan gambar yang lebih stabil dan terang. Serta fitur untuk berpindah dari 2x speed ke real time dengan full audio atau slow motion.
  • Horizon lock levelling: Mode yang berguna untuk mempertahankan perekaman pada level vertikal ataupun horizontal secara otomatis. Walaupun kamera bergerak atau berputar. Fitur ini sangat berguna untuk mempertahankan kestabilan gambar/video, bahkan lebih baik dari fitur HyperSmooth 3.0.

Baterai

Salah satu hal yang perlu diperhatikan yakni masalah umur baterai. Saat merekam video berdurasi panjang, apalagi dengan sensor yang besar dan processor yang lebih cepat. Sudah pasti membutuhkan lebih banyak power.

Seperti yang sudah dibahas di atas, GoPro Hero 9 memiliki dimensi yang lebih besar. Hal tersebut membuatnya memiliki ukuran baterai yang lebih besar dan kapasitas yang lebih banyak tentunya. GoPro sendiri mengklaim kalau baterai barunya bisa meningkatkan masa pakai sampai 30%.

Mungkin hal tersebut tergantung dengan mode apa yang Anda pakai. Untuk kapasitas baterai GoPro Hero 9 sebesar 1720 mAh, lebih besar 500 mAh dari baterai Hero 8 yang berkapasitas 1220 mAH.

Memang sulit mengukur ketahanan baterai. Hal tersebut karena banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti cuaca/kondisi. Namun jika dilihat pada GoPro 9 ini yang memiliki sensor yang lebih besar, dual layar, bisa dipastikan performa baterai Hero 9 lebih baik dari Hero 8.

Harga GoPro Hero 9

Promo harga GoPro Hero 9 Rp 8.099.000 juta rupiah. Kemunculan GoPro Hero Black 9 juga diikuti dengan harga GoPro Hero 8 yang turun menjadi Rp 6.999.000. Untuk, pengemasan GoPro 9 kemungkinan sudah tidak lagi menggunakan wadah plastik transparan. Namun ada di dalam bag/tas yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli tas untuk menyimpannya.

Dengan Promo harga GoPro Hero 9  tersebut, yang akan Anda dapatkan dalam box GoPro Hero 9 adalah:

  • GoPro HERO9 Black
  • GoPro Rechargeable Li-Ion Battery for HERO9 Black
  • Curved Adhesive Mount
  • Mounting Buckle + Thumbscrew
  • Kabel USB Type-C
  • Tas/ Carry Case
  • Buku manual dan buku garansi

Baca: New GoPro Hero 9 VS GoPro Hero 8 – Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Penutup

Action Cam GoPro Hero 9 adalah kamera aksi terbaik saat ini, karena masih belum ada alternatif untuk fitur dan kualitas yang setara. Kamera ini sangat mumpuni untuk mendokumentasikan apapun aktivitas Anda. Seperti untuk bersepeda atau lari, membuat vlog, mengikuti acara pesta dan lain sebagainya.

× Whatsapp