Garmin IndonesiaUntuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunanya, Garmin memiliki layanan panggilan darurat atau SOS di perangkatnya. Hal ini bisa dilihat dari adanya layanan Garmin Response. Di sini, pengguna bisa mengaktifkan panggilan SOS ketika di tempat yang jauh dari sinyal seluler. Seperti apa cara kerja dan perangkat yang mendukung layanan ini? Berikut ulasannya!

Apa Itu Garmin Response?

Garmin Response (2)
sc: Go Hunt

Garmin Response mulai dikembangkan pada tahun 2007 untuk layanan monitoring kondisi darurat dan merespon insiden seperti kecelakaan dan lainnya. Layanan ini akan bekerja selama 24 jam dalam 7 hari dan dapat digunakan di lebih dari 140 negara di dunia.

Lokasi dari tim Garmin Response saat ini berada di Montgomery, Texas, Amerikas Serikat. Dengan kata lain, semua komunikasi dan proses monitoring darurat dilakukan di lokasi tersebut. Sampai saat ini, tim Garmin Response telah menerima lebih dari 105 ribu peringatan SOS. Kemudian, pada tahun 2022 lalu telah merespon lebih dari 10 ribu tanggapan SOS inReach.

Tidak hanya itu, tim juga mengembangkan pelebaran area jangkauan di 200 negara dan teritorial sebagai titik koordinat dalam merespon panggilan darurat. Peningkatan juga dilakukan yakni dengan memudahkan pengguna di 210 bahasa dan dialek.

Baca juga: Mengenal Fitur Garmin Mecca Finder: Salat Jadi Lebih Mudah

Cara Kerja Garmin Response

Garmin Response
sc: Garmin

Cara kerja Garmin Response melibatkan beberapa langkah dan proses yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pemicu SOS: Ketika seseorang dalam situasi darurat menggunakan perangkat Garmin yang kompatibel, seperti inReach atau Perangkat Pemberitahuan Darurat Satelit terafiliasi, mereka dapat mengaktifkan pemicu SOS. Pemicu ini dapat berupa tekanan tombol khusus atau serangkaian tindakan tertentu yang dikonfigurasi sebelumnya.
  2. Penerimaan peringatan SOS: Setelah pemicu SOS diaktifkan, Garmin Response Center menerima peringatan SOS tersebut. Peringatan SOS ini berisi informasi penting seperti lokasi pengirim dan jenis keadaan darurat yang mereka alami.
  3. Tim koordinator tanggap darurat: Garmin Response Center memiliki tim koordinator tanggap darurat yang terlatih dan siap siaga setiap saat. Tim ini terdiri dari anggota yang terampil dan berpengalaman dalam menangani situasi darurat.
  4. Kolaborasi dan koordinasi: Koordinator tanggap darurat menggunakan platform pemantauan darurat khusus Garmin untuk menjawab peringatan SOS dan berkolaborasi dengan anggota tim lainnya. Mereka bekerja sama untuk mengoordinasikan upaya penyelamatan dengan cepat dan efisien.
  5. Komunikasi dan bantuan: Tim Garmin Response bekerja sama dengan lembaga penegak hukum, tim penyelamat, atau penyedia layanan darurat lainnya sesuai kebutuhan. Mereka memberikan informasi lokasi yang akurat, mengoordinasikan upaya penyelamatan, dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada individu yang memicu SOS.
  6. Penyelamatan dan follow-up: Setelah upaya penyelamatan dilakukan, tim Garmin Response terus mengikuti perkembangan dan memastikan individu dalam situasi darurat menerima bantuan yang diperlukan. Mereka juga dapat memberikan dukungan dan arahan untuk tindakan lanjutan yang mungkin diperlukan.

Dengan demikian, Garmin Response bekerja sebagai pusat koordinasi tanggap darurat yang menggunakan teknologi dan tim yang terlatih untuk merespons peringatan SOS, mengoordinasikan upaya penyelamatan, dan memberikan bantuan dalam situasi darurat.

Baca juga: Ini Tips Memilih Handheld GPS Sesuai Kebutuhan

Kompatibilitas Perangkat

hanheld gps terbaik
sc: Switch Back Travel

Layanan Garmin Response dapat digunakan pada perangkat Garmin yang kompatibel. Terutama perangkat yang memiliki sistem navigasi yang kuat dan memang dikhususkan untuk misi tertentu, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Garmin inReach yakni perangkat komunikasi satelit yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, berbagi lokasi, dan mengaktifkan pemicu SOS di daerah terpencil. inReach tersedia dalam beberapa model, seperti inReach Mini, inReach Explorer+, dan inReach SE+.
  2. Perangkat handheld GPS Garmin: Hal ini karena perangkat handheld ini memiliki perangkat pemberitahuan darurat satelit terafiliasi yang dapat digunakan untuk aktivasi SOS dan komunikasi darurat. Beberapa model perangkat ini meliputi Garmin GPSMAP 66i, Garmin Montana 700i, dan Garmin Rino 750i serta perangkat handheld GPS lainnya yang memungkinkan.

Perangkat Garmin yang dilengkapi dengan fitur komunikasi satelit tersebut memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan Garmin Response Center saat mereka berada di daerah yang tidak memiliki jangkauan sinyal seluler.

Baca juga: 5 Handheld GPS Garmin untuk Aktivitas Outdoor

Penutup

Garmin Response (1)
sc: Garmin

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika fitur Garmin Response memberikan banyak keunggulan dalam menjaga keselamatan pengguna saat beraktivitas. Terutama saat menggunakan Garmin InReach. Anda pun bisa mendapatkan Garmin InReach dan perangkat handheld Garmin lainnya hanya di Doran Gadget.

Sebagai mitra resmi Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Manado, dan Garmin Banjarmasin, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Konsultasikan dengan kami untuk produk Garmin yang Anda butuhkan dengan hubungi admin kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>