Fitur Penting iOS 17.3 Terbaru - FI

Doran GadgetMenjelang akhir bulan Januari 2024, Apple akhirnya merilis pembaruan sistem operasi iOS 17.3 untuk iPhone XS dan seri terbaru di atasnya. Ada sejumlah hal penting yang perlu digarisbawahi untuk fitur baru iOS 17.3 ini. Salah satunya adalah fitur keamanan yang lebih ditingkatkan. Penasaran apa saja fitur lainnya yang mendapatkan pembaruan? Simak selengkapnya di artikel berikut.

Fitur Baru iOS 17.3

Fitur baru ios 17.3
sc: Apple

Dalam pembaruan sistem operasi versi terbaru ini, sejumlah peningkatan yang dilakukan oleh Apple ini meliputi:

1. Lock Screen Penuh Nuansa Sejarah

Fitur yang pertama adalah pada tampilan locks screen atau layar terkunci. Khusus pada versi ini, Apple mengedepankan unsur sejarah maupun budaya. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati ‘Black History Month’ atau bulan bersejarah bagi kaum kulit hitam di Amerika Serikat.

Baca juga: Beli iPhone Baru? Ini 9 Hal yang Wajib Anda Lakukan!

2. Bisa Kolaborasi Playlist Favorit

Pembaruan berikutnya ialah mengenai pemutaran lagu bagi pengguna. Anda bisa mengundang teman lalu bergabung di playlist favorit. Dimana nanti pengguna lain tersebut bisa menyusun ulang, menambah, bahkan menghapus lagi. Termasuk reaksi dengan menggunakan emoji untuk lagu-lagu yang disukai.

3. AirPlay untuk Liburan Lebih Seru

Mengabadikan momen seru saat liburan semakin nyaman dengan perangkat Apple. Salah satunya dengan hotel AirPlay. Di sini, penguna bisa melakukan streaming berbagai konten seru langsung ke perangkat TV kamar di beberapa hotel yang mendukung layanan ini.

4. Crash Detection dan AppleCare

Dukungan untuk kenyamanan pengguna semakin ditingkatkan, khususnya layanan AppleCare maupun garansi. Anda bisa menemukannya di Pengaturan dan akan ditampilkan mengenai jaminan bagi perangkat yang login dengan menggunakan akun Apple ID Anda.

5. Fitur Stolen Device Protection

Satu fitur yang mencuri perhatian di pembaruan sekarang adalah Stolen Devie Protection. Dimana maling bakalan kesulitan mengakses informasi penting di iPhone pengguna. Termasuk ketika mereka mendapatkan passcode dari iPhone yang dicuri tadi. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengaktifkan TouchID maupun FaceID tanpa harus menggunakan passcode.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Jarang Diketahui Tapi Penting

Cara Mengaktifkan Fitur Stolen Device Protection

Fitur baru ios 17.3 (2)
sc: 9to5Mac

Karena menjadi fitur unggulan di pembaruan kali ini, banyak pengguna pun mempertanyakan bagaimana cara mengaktifkan fitur Stolen Device Protection ini. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka menu Pengaturan/Settings.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Face ID & Passcode (atau Touch ID dan Passcode, tergantung pada model iPhone).
  • Masukkan passcode Anda pada prompt.
  • Gulir ke bawah dan ketuk ‘Stolen Device Protection’ sehingga fitur tersebut muncul tulisan “On”.

Agar lebih aman, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur Security Delay. Dimana fitur ini mengharuskan penggunanya untuk menunggu kurang lebih 1 jam jika ingin mengakses hal penting di iPhone. Penghitungan waktunya akan dimulai setelah pengguna melakukan otentifikasi FaceID maupun Touch ID saat mengganti passcode maupun mengakses fungsi penting. Ini bisa Anda lakukan untuk perlindungan seperti:

  • Mengganti kata sandi Apple ID.
  • Memperbarui beberapa pengaturan keamanan akun Apple ID, termasuk menambahkan atau menghapus perangkat tepercaya, nomor telepon tepercaya, Kunci Pemulihan, atau Kontak Pemulihan.
  • Mengganti passcode iPhone.
  • Menambahkan atau menghapus Face ID atau Touch ID.
  • Mematikan fitur Find My
  • Mematikan fitur Stolen Device Protection .

Baca juga: Cek Fakta: Ini Beda iPhone ‘Ex Inter’ dengan iPhone Resmi

Bagaimana Mengaktifkan Fitur Baru iOS 17.3?

Fitur baru ios 17.3 (3)
sc: 9to5Mac

Sementara, jika Anda ingin memperbarui sistem operasi dan menggunakan fitur baru iOS 17.3 di perangkat Apple, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Backup perangkat di komputer maupun iCloud.
  • Hubungkan perangkat ke jaringan internet maupun menggunakan WiFi, termasuk ke sumber listrik untuk menjaga daya baterai tetap prima.
  • Bukalah menu Pengaturan > Umum dan ketuk ‘Pembaruan Perangkat Lunak’
  • Pilih salah satu versi yang ingin diinstal sesuai kebutuhan apabila muncul lebih dari satu pilihan.
  • Lanjutkan dengan mengetuk ‘Instal Sekarang’. Tunggu hingga muncul ‘Unduh dan Instal’ dan ketuk pilihan tersebut lalu masukkan password Anda. Kemudian, bisa mengetuk ‘Instal Sekarang.

Baca juga: Cara Download Aplikasi di iPhone, Begini Langkahnya!

Beli Perangkat Apple Terpercaya, Doran Gadget Solusinya!

iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max
sc: HT Tech

Menarik bukan fitur baru iOS 17.3 di atas? Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan jika Apple semakin berkomitmen dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Terutama bagi pengguna yang aktif dalam memanfaatkan berbagai layanan dari Apple.

Bagi Anda yang ingin mencari perangkat Apple terpercaya, bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan produk Apple di Indonesia, kami menyediakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan setiap pembelian. Baik itu pembelian langsung di store maupun online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>