foto bokeh

Doran Gadget – Fenomena foto bokeh atau biasa disebut efek bokeh semakin populer dalam dunia fotografi, baik itu fotografi profesional maupun amatir. Bagi sebagian orang, foto bokeh adalah teknik fotografi untuk memperindah hasil jepretan dan membuat objek foto semakin menonjol. Awalnya, efek bokeh hanya dapat dihasilkan oleh kamera DSLR dengan lensa yang sesuai, namun saat ini sudah banyak smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur bokeh.

Apa Itu Foto Bokeh?

foto bokeh
sc: dictio.id

Bokeh berasal dari bahasa Jepang yang artinya “kabut” atau “kabut tipis”. Secara umum, bokeh mengacu pada efek buram atau latar belakang yang terlihat buram di sekitar objek utama dalam sebuah foto. Dalam dunia fotografi, bokeh sering kali digunakan untuk membuat objek utama menjadi lebih menonjol, dan latar belakang menjadi lebih samar.

Sederhananya, foto bokeh adalah foto yang menghasilkan efek latar belakang blur oleh kedalaman bidang atau depth of field. Efek bokeh biasanya dihasilkan ketika fotografer mengambil gambar menggunakan lensa dengan bukaan besar atau f-stop kecil. Hal ini menyebabkan objek di depan menjadi lebih terfokus dan latar belakang menjadi kabur.

Efek bokeh biasanya tercipta ketika fotografer menggunakan lensa dengan bukaan besar (f/1.8 atau lebih besar) dan mengatur kedalaman pada bidang yang sempit. Efek bokeh ini memberikan kesan estetika yang lebih menarik dan memperkuat fokus pada objek utama.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik Agar Foto Makin Keren

Penggunakan Efek Bokeh pada Foto

foto bokeh
sc: purina.co.uk

Ada banyak contoh foto bokeh yang bisa kita temukan di sekitar kita, mulai dari foto manusia, hewan, tumbuhan, hingga objek-objek kecil seperti mainan atau bunga. Foto bokeh manusia adalah salah satu jenis foto bokeh yang paling populer. Dalam foto ini, objek utama biasanya adalah manusia atau bagian tubuh manusia, seperti wajah, mata, atau tangan. Contoh foto bokeh manusia yang berhasil ditangkap dengan baik adalah foto close-up wajah dengan latar belakang kabur, atau foto tangan yang sedang memegang objek dengan latar belakang buram.

Foto bokeh hewan juga menjadi salah satu yang populer. Menggunakan objek utama hewan, seperti burung, kucing, anjing, atau hewan liar lainnya. Contoh foto bokeh hewan yang berhasil ditangkap dengan baik adalah foto burung yang sedang terbang dengan latar belakang langit atau pepohonan yang buram.

Selain manusia dan hewan, foto bokeh juga sering digunakan untuk menangkap tumbuhan, terutama bagi mereka yang menyukai fotografi alam. Dalam foto ini, objek utama biasanya adalah bunga atau daun dengan latar belakang buram. Contoh foto bokeh tumbuhan yang berhasil ditangkap dengan baik adalah foto close-up bunga dengan latar belakang daun atau langit yang buram.

Baca juga: 10 Aplikasi Penyimpan Foto di Android Agar Makin Aman

Jenis-Jenis Foto Bokeh

foto bokeh
sc: staticflickr.com

Terdapat beberapa jenis foto bokeh yang dapat digunakan oleh seorang fotografer, antara lain:

1. Bokeh Ring

Bokeh Ring adalah efek bokeh yang terbentuk ketika objek utama di dalam foto dikelilingi oleh lingkaran kecil yang kabur. Efek ini biasanya tercipta ketika fotografer mengambil foto dengan menggunakan lensa dengan bilah aperture banyak.

2. Bokeh Polygon

Bokeh Polygon adalah efek bokeh yang terbentuk ketika lingkaran kecil pada latar belakang terlihat seperti bentuk-bentuk geometris, seperti segi enam, segi delapan, atau lainnya. Efek ini tercipta ketika fotografer mengambil foto dengan menggunakan lensa dengan bilah aperture sedikit.

3. Bokeh Sfumato

Bokeh Sfumato adalah efek bokeh yang terbentuk ketika latar belakang terlihat seperti kabut atau asap. Efek ini tercipta ketika fotografer mengambil foto dengan menggunakan lensa dengan bukaan besar dan mengatur kedalaman bidang yang sempit.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menjernihkan Foto Blur Tanpa Aplikasi

Tips untuk Menghasilkan Foto Bokeh (DSLR)

foto bokeh
sc: canva.com

Untuk menghasilkan foto bokeh yang bagus memang bisa menggunakan banyak cara tergantung kreatifitas dari fotrografer itu sendiri. Namun beberapa tips di bawah ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan efek bokeh yang bagus. 

♦ Gunakan Lensa dengan Bukaan Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menghasilkan efek bokeh yang bagus, fotografer perlu menggunakan lensa dengan bukaan besar, seperti f/1.8 atau f/1.4.

Atur Kedalaman Bidang yang Sempit

Semakin sempit kedalaman bidang maka akan membantu untuk memisahkan objek utama dari latar belakang dan membuat efek bokeh semakin menonjol.

Tentukan Objek Utama

Pilih objek utama yang menarik dan jelas, seperti wajah manusia, hewan, atau bunga sehingga efek bokeh dapat lebih menonjol.

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik sangat penting dalam menghasilkan foto bokeh yang bagus. Pastikan objek utama mendapatkan pencahayaan yang cukup dan latar belakang tidak terlalu terang.

Baca juga: 8 Tips Memilih Drone Untuk Fotografi Udara

Penggunaan Bokeh pada Smartphone

foto bokeh
sc: detik.net.id

Kini, banyak smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur bokeh sehingga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan efek latar belakang blur pada foto. Penggunaan bokeh pada smartphone ini sangat memudahkan pengguna yang tidak memiliki kamera DSLR atau lensa khusus untuk menghasilkan efek bokeh pada foto.

Beberapa merek smartphone seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dan Oppo telah menghadirkan fitur bokeh pada kamera smartphone mereka. Fitur ini biasanya disebut dengan nama yang berbeda-beda oleh masing-masing merek, seperti Portrait Mode, Live Focus, atau Depth Effect.

Tips dan Cara Menggunakan Bokeh pada Smartphone

Cara menggunakan kamera bokeh pada smartphone sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi kamera, dan kemudian memilih mode bokeh yang tersedia. Setelah itu, pilih objek yang ingin Anda foto dan biarkan kamera menangani sisa pengaturan.

Beberapa merek bahkan memberikan pengaturan tambahan seperti pengaturan kedalaman bidang dan intensitas blur. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menggunakan fitur bokeh pada smartphone:

  • Buka kamera pada smartphone Anda dan pilih fitur Portrait Mode atau Depth Effect.
  • Pastikan objek yang ingin Anda foto terpisah dengan jelas dari latar belakang.
  • Jika diperlukan, atur jarak antara smartphone dengan objek untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih baik.
  • Pada beberapa smartphone, Anda dapat mengatur level blur atau intensitas efek bokeh dengan menggeser slider pada layar kamera.
  • Gunakan tripod atau tangan yang stabil untuk menghindari foto yang blur atau buram.
  • Cobalah fitur bokeh pada berbagai kondisi pencahayaan dan latar belakang untuk mengetahui hasil yang terbaik. Pastikan juga pencahayaan yang cukup untuk menghindari noise pada foto.
  • Setelah selesai, Anda dapat langsung menyimpan atau mengunggahnya ke media sosial.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera DLSR dan Mirrorless Terbaik 2023

Penutup 

Itulah penjelasan lengkap mengenai foto bokeh mulai dari pengertian, contoh, jenis, hingga tips menggunakannya yang bisa Anda coba. Dapatkan berbagai modelkamera hingga smartphone dengan kamera terbaik untuk mendukung aktivitas fotografi Anda. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini untuk kemudahan transaksi belanja online dan hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Artikel terkait:

× WhatsApp