DJI IndonesiaBagi para pengguna drone DJI dengan tipe first person view (FPV), keberadaan goggles atau kacamata khusus jadi hal penting. Khususnya untuk mendapatkan kualitas video yang lebih imersif saat drone diterbangkan. Misalnya menggunakan DJI Goggles Integra dan DJI Goggles 2.

Keduanya banyak dipilih karena memiliki kualitas video yang bagus dan transmisi yang baik. Namun, antara DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2 memiliki perbedaan. Mulai dari segi fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Apa sajakah? Artikel kali ini akan mengulasnya dan bisa Anda jadikan sebagai panduan sebelu membeli dan memilihnya.

Spesifikasi DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2

sc: DJI Vietnam

Berikut tabel spesifikasi DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2 secara umum yang perlu diketahui Seperti dilansir dari berbagai sumber.

Spesifikasi DJI Goggles Integra DJI Goggles 2
Tanggal Rilis Februari 2023 Agustus 2022
Bobot 410 gram 290 gram
Dimensi Dilipat dengan antena: 170×104×75 mm
Tidak dilipat dengan antena: 205×104×104 mm
Dilipat dengan antena: 167.40×103.90×81.31 mm
Tidak dilipat dengan antena: 196.69×103.90×104.61 mm
Ukuran Layar dan Resolusi 0.49-inch per screen
1920×1080 per screen
0.49-inch per screen
1920×1080 per screen
Refresh Rate Hingga 100 Hz Hingga 100 Hz
Dioptre Adjustment Range Tidak tersedia, namun dilengkapi dengan lensa korektif -8.0 D hingga +2.0 D
FOV 44° 51°
Dukungan Wireless Tidak tersedia Didukung Protokol DLNA
Ketahanan Baterai Internal 2450 mAh
Ketahanan sekitar 2 jam
Eksternal 1800 mAh
Ketahanan sekitar 2 jam
Transmisi DJI O3+ DJI O3
Kompatibilitas Perangkat DJI Avata
DJI O3 Air Unit
DJI Motion Controller
DJI RC Motion 2
DJI FPV Remote Controller 2
DJI FPV Air Unit Module
DJI Avata
DJI O3 Air Unit
DJI Motion Controller
DJI FPV Remote Controller 2

Baca juga: 10 Aksesoris Drone DJI FPV untuk Penerbangan Lebih Aman

Fitur dan Keunggulan

Tidak hanya spesifikasi umum dari DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2, dalam memilihnya penting pula bagi Anda untuk mengetahui apa saja fitur dan keunggulannya. Mulai dari desain, optik, baterai, dan kapasitas penyimpannya. Berikut di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Desain

spesifikasi dji goggles integra (3)
sc: CineD

Pertama adalah dari segi desain, keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Ini bisa dilihat dari desain goggles yang hampir sama. Hanya saja di sini DJI Goggles Integra dilengkapi dengan headband dan baterai internal. Hal tersebut memang membuat bobotnya sedikit lebih berat hingga 410 gram jika menggunakan baterai. Namun, di sisi lain desain yang terintegrasi ini lebih efisien dan tidak sakit di kepala walaupun digunakan dalam waktu cukup lama.

Sedangkan untuk DJI Goggles 2 bobotnya lebih ringan di kisaran 290 gram. Bobot tersebut memang tanpa baterai. Selain itu, DJI Goggles 2 tidak terintegrasi dengan headband baterai layaknya DJI Integra. Jika ingin menggunakannya, maka Anda bisa menggunakan pihak ketiga yang dijual terpisah.

Secara fisik, ukuran dari DJI Goggles Integra memang sedikit lebih besar. Baik saat dilipat menggunakan antena, maupun ketika tidak dilipat dengan antena. Kemudian, dari segi ukuran layar tidak ada perbedaan berarti. Keduanya sama-sama memiliki ukuran layar 0.49 inci.

Baca juga: Spesifikasi DJI Goggles Integra: Kompatibel untuk DJI Avata

2. Fitur Optik

Cara Menghubungkan DJI FPV Goggles
sc: Ocean Blue Fishing

Kedua, perbandingan antara DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2 dari segi fitur optik yang dimilikinya. Kedua goggles menggunakan tipe layar Micro OLED beresolusi 1080p. Termasuk dalam refresh rate hingga IPD range. Meski begitu, DJI Goggles Integra memiliki FOV 44° dalam satu layar. Lalu, untuk DJI Goggles 2 dilengkapi dengan rentang penyesuaian diopter -8,0 D sampai dengan +2,0D serta FOV 51° dalam satu layar.

Keunggulan lainnya adalah DJI Goggles Integra memiliki fitur GPS built-in. Fitur ini memungkinkan pengguna menerbangkan drone tanpa harus menghubungkan ke smartphone untuk aktivasi ID dari jarak jauh.

Berkat fitur canggih tersebut juga semakin memudahkan pengguna. Misalnya saja dapat menghemat waktu ketika menerbangkan drone. Di samping itu juga akan meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas penggunaan yang lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

3. Video Transmisi DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2

spesifikasi dji goggles integra (5)
sc: DJI

Perbandingan yang ketiga dari perbedaan kedua goggles terbaik DJI ini adalah dari segi transmisi video yang disematkannya. Keduanya menggunakan transmisi DJI O3 yang bisa dioperasikan pada frekuensi 2.4GHz dan 5.8 GHz. Keunggulannya adalah memiliki kontrol yang presisi, latensi rendah, dan video menjadi lebih smooth. Hal tersebut memang ideal untuk drone freestyle maupun racing.

Sedangkan pada DJI Goggles Integra, transmisinya lebih disempurnakan dengan versi baru yakni DJI O3+. Dimana keunggulannya adalah mampu menghasilkan video dengan bitrate maksimal hingga 50 Mbps. Transmisinya juga semakin lancar berkat latensi yang rendah hingga 30ms untuk 1080p/100fps.

Baca juga: Perbandingan DJI Goggles 2 vs DJI FPV Goggles V2

4. Ketahanan Baterai dan Kapasitas Penyimpanan

Drone DJI FPV
sc: Cined

Beralih ke ketahanan baterai, baik DJI Goggles Integra maupun DJI Goggles 2 memiliki ketahanan baterai dengan penggunaan hingga sekitar 2 jam. Hanya saja di sini perbedaannya terletak pada kapasitas baterai dan modenya. DJI Integra menggunakan mode baterai internal berkapasitas 2450 mAh. Sedangkan DJI Goggles 2 menggunakan mode baterai eksternal dengan kapasitas 1800 mAh.

Baterai goggles ini dapat diisi ulang dengan menggunakan powerbank yang tersambung dengan USB type-C. Pada DJI Integra, Anda dapat menggunakannya bahkan ketika perangkat sedang diisi ulang. Inilah yang membuat pengguna merasa nyaman saat digunakan kapan saja.

Kemudian, dari segi kapasitas penyimpanan DJI Integra memang lebih besar menggunakan microSD hingga 512GB. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan video dengan kualitas besar. Lalu, DJI Goggles 2 memiliki kapasitas penyimpanan dengan microSD hingga 256GB. Walaupun kapasitasnya lebih rendah, hal ini masih cukup untuk menyimpan video berkualitas baik.

5. Harga

spesifikasi dji goggles integra
sc: DroneDJ

Terakhir adalah mengenai harga DJI Goggles Integra dan harga DJI Goggles 2. Dalam hal ini ada sedikit perbedaan. Di sini, DJI Goggles Integra dipasarkan dengan harga lebih terjangkau di kisaran Rp8.4 jutaan di distributor resmi. Sedangkan DJI Goggles 2 memang lebih tinggi dengan harga sekitar Rp9.5 juta – Rp10 jutaan.

Perlu diketahui, untuk harga jual di Indonesia mungkin sedikit berbeda dengan negara lain. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal maupun pajak atas impor yang berlaku. Dengan begitu, berpengaruh pada harga penyesuaian yang ada di pasaran.

Baca juga: Cara Menghubungkan DJI FPV Goggles Dengan Remot Kontrol dan Drone

Kesimpulan

spesifikasi dji goggles integra (1)
sc: TechAU

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai DJI Goggles Integra vs DJI Goggles 2. Lalu, mana yang lebih baik? Semua tergantung preferensi dan kebutuhan Anda. Pastikan sebelum memilihnya, Anda sudah memastikan jika perangkat kompatibel dengan modul dan drone yang dimiliki.

Jika Anda menginginkan goggles yang lebih portable dan user friendly serta perangkat yang tanpa kabel, maka pilihan tepat adalah DJI Goggles Integra. Sedangkan jika Anda lebih mementingkan mengenai FOV yang lebih lebar, diopter yang disesuaikan, dan touchpad yang built-in, tidak ada salahnya memilih DJI Goggles 2.

Selain itu, Anda bisa membelinya di mitra resmi DJI untuk mendapatkan produk terbaik, original, dan garansi resmi dari pabrikan. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai official store  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin. Anda bisa Klik di sini untuk informasi mengenai produk dan konsultasi dengan CS kami via WhatsApp.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×