Doran GadgetFitur autocorrect keyboard saat ini hampir bisa kita temukan di berbagai tipe smartphone. Baik itu dengan sistem operasi Android maupun iOS. Fungsinya memperbaiki kata yang salah eja maupun salah ketik oleh pengguna. Adanya fitur tersebut memang dirasa praktis untuk mencegah kesalahan ketik saat menuliskan pesan maupun input kata ketika browsing dan sebagainya.

Akan tetapi, fitur ini dirasa cukup mengganggu bagi sebagian pengguna. Sebab, autocorrect terkadang masih belum bisa membaca dan mendeteksi kata-kata tertentu dan biasanya sesuai default bahasa.

Sebagai contoh, saat Anda menuliskan kata ‘teh’ dalam Bahasa Indonesia, bisa saja dalam autocorrect berubah jadi ‘the’ karena default bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Lalu, bagaimana cara menonaktifkan fitur autocorrect keyboard ini? Berikut ulasannya!

Menonaktifkan Autocorrect Keyboard Android

Hampir di semua smartphone dengan sistem operasi Android memiliki fitur auto-correct. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur tersebut, maka cara menonaktfikan autocorrect keyboard di HP Android adalah:

  1. Bukalah menu ‘Pengaturan’ atau ‘Settings’ di HP Android yang digunakan.
  2. Carilah tampilan atau opsi ‘Additional Settings’.
  3. Setelah itu, pilihlah ‘Language and Input’ dan pilihlah jenis papan ketika yang Anda gunakan melalui opsi ‘Manage Keyboard’.
  4. Pilihlah ‘Gboard’ dan lanjutkan dengan memilih opsi ‘Text Correction’
  5. Terakhir, tekanlah ‘Auto-correction’ sampai toggle berubah warna abu-abu dan fitur autocorrect sudah non-aktif.

Baca juga: Pindah Data dari Android ke iPhone Lebih Mudah dengan Samsung Dropship

Menonaktifkan Autocorrect Keyboard iPhone

Selain di HP Android, cara menonaktifkan autocorrect keyboard di iPhone juga tidak kalah mudahnya. Beberapa langkah yang Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pilih dan klik ikon bergambar gerigi roda yang mengarahkan Anda ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’.
  2. Lanjutkan dengan memilih ‘General’ atau ‘Umum’
  3. Gulirkanlah ke arah bawah, kemudian pilih ‘Papan Ketik’.
  4. Geserlah toggle yang bertuliskan ‘Koreksi Otomatis’ menjadi abu-abu dan matikan fitur autocorrect.

Cara tersebut bisa Anda praktikkan untuk berbagai tipe iPhone. Termasuk pada seri iPhone 14 yang baru dirilis beberapa waktu lalu.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Jarang Diketahui Tapi Penting

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menonaktifkan autocorrect keyboard yang ada di HP Android dan iPhone? Kini, saatnya Anda mencobanya sendiri untuk kenyamanan dalam mengetik pesan dan memasukkan input kata dalam smartphone. Cara tersebut dapat diaplikasikan di HP Android terbaik maupun iPhone berbagai seri.

Agar semakin nyaman, lengkapi pula smartphone Anda dengan perangkat terbaik untuk aktivitas sehari-hari. Mulai dari powerbank, perangkat audio, pelindung layar, dan sebagainya yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original bergaransi resmi pabrikan.

Raih juga kesempatan mendapatkan harga terbaik di promo dan program di waktu tertentu. Terutama untuk pembelian di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp