Cara menjaga kesehatan jantung (4)

Doran GadgetCara menjaga kesehatan jantung saat puasa penting untuk diketahui siapa saja. Khususnya bagi Anda yang masuk dalam risiko sedang hingga tinggi. Contohnya adalah wanita di atas usia 55 tahun dan pria di atas usia 45 tahun. Termasuk juga bagi generasi muda untuk kesehatan lebih baik di masa tua nanti.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam menjaga kesehatan jantung saat menjalankan ibadah puasa, memang dianjurkan untuk mengurangi pola hidup tak sehat. Seperti jarang olahraga dan gerak, pola makan tak teratur merokok, dan lainnya. Lalu, imbangi dengan cara di bawah ini.

1. Pola Makan Sehat dan Seimbang

Cara menjaga kesehatan jantung

Cara yang pertama adalah kelola pola makan Anda sehari-hari. Pastikan asupan gizinya lengkap dan seimbang. Sebagaimana disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, usahakan di tiap sajian makanan terdapat buah dan sayuran.

Di samping itu, juga makanan pokok dengan lauk pauk yang sehat. Kandungan gizi yang paling tidak harus ada setidaknya makronutrien dan mikronutrient cukup. Memang, untuk makan besar saat buka dan sahur dapat dikonsumsi untuk orang sehat. Jika memiliki masalah jantung dan kesehatan lainnya dapat disesuaikan.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Cara menjaga kesehatan jantung (2)

Selanjutnya, untuk menjaga perut kenyang lebih lama konsumsilah makanan dengan serat tinggi. Makanan dengan jenis ini juga bisa mencegah beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, mengontrol gula darah, hingga mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

Beberapa rekomendasi makanan tinggi serat ini di antaranya adalah beras merah, roti gandum, dan sereal. Tak ketinggalan sayur dan buah saat makan sahur. Lalu, saat buka puasa bisa konsumsi nasi merah, sayur, buah, dan pasta. Termasuk juga kacang-kacangan.

Baca juga: Baik untuk Jantung, Simak 5 Alasan Alpukat Sehat bagi Tubuh

3. Cara Menjaga Kesehatan Jantung – Hindari Lemak Jahat

Cara menjaga kesehatan jantung (1)

Ketiga, selain konsumsi makanan berserat hindari juga konsumsi lemak jahat. Memang, lemak bisa membuat makanan semakin lezat. Namun, bila tidak dikontrol cukup riskan bagi kesehatan. Contohnya saja konsumsi gorengan, makanan bersantan, daging sapi, dan kulit ayam yang berlebihan bisa memicu kolesterol dan lemak jahat meningkat.

Oleh karena itu, pilihlah makanan dengan lemak yang baik dan tak jenuh. Anda bisa menambahkan asupan ini di dalam menu berbuka maupun saat sahur. Beberapa di antaranya adalah alpukat, kacang-kacangan, ikan laut, dan minyak zaitun.

4. Asupan Air Mencukupi

Cara menjaga kesehatan jantung (3)

Tak hanya makanan saja yang wajib diperhatikan, asupan cairan tubuh pun penting untuk mencegah dehidrasi. Dengan asupan air dan cairan yang cukup akan menjadi lebih bugar. Kemudian, hal itu juga akan mengurangi masalah kesehatan lainnya seperti sakit kepala, sembelit, hingga tekanan darah rendah.

Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan dan air dalam tubuh selama puasa dengan minum air putih secukupnya. Takaran yang disarankan ideal ialah 6-8 gelas setiap harinya saat buka puasa hingga sahur.

5. Olahraga Rutin dan Selalu Gerak

06. olahraga indoor

Terakhir, jangan lupakan olahraga. Meski sedang puasa, bukan alasan untuk malas bergerak dan olahraga. Usahakan Anda untuk olahraga secara rutin paling tidak dua kali seminggu. Mulailah dengan olahraga yang ringan seperti peregangan otot maupun angkat beban yang ringan di rumah maupun tempat kerja.

Olahraga dan bergerak bisa mencegah kondisi lesu dan kurang bersemangat. Selain itu, badan akan terlihat lebih segar dan bugar dan kondisi kesehatan jantung terjaga dengan baik. Anda pun akan lebih fit untuk puasa hingga satu bulan penuh.

Baca juga: 6 Olahraga di Bulan Puasa yang Bisa Anda Lakukan Agar Tetap Sehat

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Wearable Gadget Garmin

Garmin Fenix 7 vs Garmin Epix 2 (2)

Selain cara menjaga kesehatan jantung dengan langkah-langkah di atas, Anda juga bisa memantau kesehatan jantung selama berpuasa menggunakan wearable gadget khusus. Misalnya dengan smartwatch Garmin yang dilengkapi dengan fitur Heart Rate Monitoring untuk memantau detak jantung sehari-hari. Lalu, juga ada fitur pemantau saturasi oksigen dalam darah yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

Atau, Anda pun dapat menggunakan Heart Rate Monitor khusus yang dipasang di dada saat berolahraga. Dapatkan gadget tersebut hanya di Doran Gadget selaku authorized dealer Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Selain di jaringan store kami, pembelian bisa dilakukan melalui marketplace atau aplikasi Doran Gadget dari smartphone. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp dengan cara klik di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>