Cara mengatasi Jam Garmin Freeze Dengan Mudah

garmin stuck

Dorangadget.com Sebagai pengguna Jam tangan Garmin, apakah Anda pernah mengalami jam tangan hang atau freeze sehingga tidak bisa beroperasi seperti biasa? Hal itu mungkin jarang terjadi, namun sebagai pengguna, Anda harus siap jika tiba-tiba Jam Garmin Freeze dan tidak bisa beroperasi.

Dalam artikel Garmin Connect Tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi Jam Garmin Freeze. Untuk Anda yang lebih suka melihat tutorial dalam bentuk video, silahkan lihat video dibawah ini dan klik Subscribe agar Anda tidak ketinggalan informasi seputar Jam Garmin.

Klik Doran Gadget untuk Subscribe.

Mengatasi Jam Garmin Freeze Dengan Soft Reset

Ketika jam Garmin freeze atau hang, maka setiap tombolnya tidak bisa beroperasi dan penghitung waktunya juga tidak akan berjalan. Jangan panik, tetap tenang karena Anda hanya harus melakukan Soft Reset.

jam garmin freeze garmin connect

Soft reset itu seperti merestart smartphone untuk mengembalikan performa seperti sedia kala. Untuk caranya juga sangat mudah dan aman, datamu tidak akan hilang. Cara melakukan soft reset yaitu:

  • Tekan dan tahan tombol power/light selama 20 detik.
  • Akan muncul pesan “Mengatur Bantuan Menggunakan Garmin Connect Mobile”.
  • Lalu jam tangan akan mati. Jika sudah mati lepaskan tombolnya.
  • Tunggu beberapa saat lalu hidupkan jam tangan Garmin lagi dengan cara
  • Tekan tombol light/power sampai layar menyala dan keluar logo Garmin.

Dengan melakukan restart atau Soft Restart, masalah jam Garmin freeze bisa dengan mudah diatasi. Namun jika masalah hang/freeze masih terjadi, sebaiknya Anda coba cara kedua yakni Factory Reset.

Menggunakan Factory Reset

Cara kedua yakni melakukan Factory Reset. Dengan melakukannya, data yang tersimpan pada jam tangan akan hilang. Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka sebaiknya Anda sudah melakukan sinkron data dari jam tangan Garmin ke smartphone dengan aplikasi Garmin/Garmin Connect.

Untuk melakukan Factory Reset, matikan terlebih dulu jam tangan. Caranya sama dengan soft reset, yang membedakan ketika akan menghidupkannya.

Untuk menghidupkannya yakni:

  • Tekan dan tahan tiga tombol secara bersamaan. Tombol light/power, tombol ok/yes dan tombol back seperti pada gambar.

jam garmin freeze

  • Jika muncul logo pada layar, lepas tombol power/light saja. Kedua tombol yang lain jangan dilepaskan, tetap ditahan. Seperti pada gambar dibawah

jam tangan garmin

  • Ketika terdengar suara bunyi pertama, maka lepas tombol ok/yes. Seperti pada gambar.

jam garmin freeze

  • Ketika terdengar suara kedua, lepas tombol back atau tombol terakhir. Dan tunggu sampai proses selesai.

Factory Reset hampir sama dengan memformat seluruh data dalam Garmin Watch. Dengan melakukannya, Freeze/hang, ngelag, stag pada jam tangan akan hilang. Data pada jam tangan akan dihapus semua. Maka pastikan sudah melakukan sinkron data jam tangan dengan aplikasi Garmin Connect agar data aktivitas Anda tidak hilang.

Setelah proses selesai, Anda harus memasukkan data-data pribadi lagi persis ketika pertama kali Anda membelinya. Seperti bahasa, tinggi badan, tahun lahir dan seterusnya.

Kesimpulan

Meskipun kecil kemungkinannya jam tangan Garmin freeze, namun jika suatu saat terjadi Anda tidak perlu panik. Namun pastikan Smartwatch Garmin Anda sudah sinkron dengan Garmin Connect pada smartphone agar data olahraga seperti berlari, bersepeda, gym dan lain sebagainya tidak hilang. Untuk meminimalisir jam tangan Garmin Freeze, dalam beberapa hari Anda bisa melakukan Soft restart untuk menjaga performa.

× Whatsapp