Doran Gadget – Saat ponsel hilang pasti rasa panik akan muncul, terutama bila Anda hanya memiliki satu smartphone saja dan semua kebutuhan hingga pekerjaan ada di ponsel tersebut. Jangan panik, saat ini Anda bisa mengikuti cara melacak HP hilang dengan IMEI yang akan kami bahas di bawah ini! 

Apa Itu IMEI?

IMEI Kemenperin

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau kode unik yang dimiliki pada setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional. Karena itulah, setiap ponsel memiliki kode uniknya sendiri yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

Biasanya IMEI terdiri dari 15 digit angka yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui negara pengguna, garansi, jaringan perangkat, informasi operator, dan data lainnya. Jika ponsel Anda belum memiliki IMEI, Anda bisa mendaftarkannya sendiri. 

Terlebih lagi bagi Anda yang membeli smartphone di luar negeri, kebanyakan ponsel tersebut belum terdaftar di IMEI. Anda bisa melakukan registrasi IMEI langsung di Bea Cukai atau melalui situs dan aplikasi mobile dari Bea Cukai. 

Baca juga: 5 Aplikasi Navigasi Populer dan Perangkat Apa Saja yang Dibutuhkan!

Bagaimana Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI?

Ketika smartphone Anda yang telah terdaftar IMEI menghilang, Anda bisa melacaknya dengan nomor IMEI. Bagaimana cara melacak HP hilang dengan IMEI? Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Jangan Lupa Catat IMEI 

Sebelum melacak HP hilang, pastikan Anda selalu mencatat IMEI ponsel. Biasanya ada di dus box ponsel saat pertama kali membeli, namun pastikan untuk mencatatnya terpisah di tempat lain sehingga jika terjadi kehilangan Anda bisa menggunakannya. 

Untuk mengecek nomor IMEI, Anda bisa menggunakan kombinasi nomor *#06#* untuk melihat kode IMEI, atau melihatnya secara manual melalui setting dan pergi ke opsi ‘About Phone’ atau ‘About Device’. 

2. Buat Surat Kehilangan 

Saat HP hilang, datanglah ke pihak berwajib dan laporkan kehilangan untuk mendapatkan surat keterangan hilang. Meskipun terkesan ribet, namun hal ini berguna untuk meminta pihak operator seluler melacak HP Anda yang hilang. 

cara melacak HP mengunakan IMEI
sc: macworld.com

3. Hubungi Call Center HP 

Setelah surat kehilangan sudah ada, bawa surat itu ke provider telekomunikasi atau operator seluluer. Hubungi Call Center atau Customer Service operator smartphone Anda untu melacak ponsel yang hilang. 

Hal ini dikarenakan setiap smartphone yang telah terdaftar dengan nomor IMEI akan terkoneksi secara langsung dengan database kartu SIM operator yang Anda gunakan. Cara mencari HP hilang satu ini sebenarnya menjadi yang paling aman karena data privasi akan lebih terjaga. 

Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan apabila HP yang hilang memiliki koneksi internet, GPS nyala, kartu SIM masih terpasang, dan ponsel dalam kondisi aktif. Bila SIM telah lepas atau GPS mati, maka lokasi ponsel tidak dapat diketahui. 

Baca juga: 7 Aplikasi Pelacak Nomor HP yang Wajib Anda Install

Aplikasi Pelacak HP 

Kalau cara melacak HP hilang dengan IMEI dirasa terlalu ribet untuk Anda, maka Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pelacak HP di bawah ini. 

1. Google Find My Device 

Google Find my Device
sc: play.id

Aplikasi satu ini membantu Anda untuk menemukan HP yang hilang atau dicuri dengan menguncinya dari jarak jauh. Tujuannya adalah untuk melindungi privasi, data penting, dan tidak membiarkan pencuri menggunakan ponsel Anda. 

Google akan melacak keberadaan ponsel dari lokasi terakhir HP tersebut dan bisa memberikan sinyal berupa suara untuk menemukan ponsel tersebut. 

2. Find Lost Phone: Phone Tracker

Find My Phone: Find Lost Phone
sc: play.google.com

Berbeda dengan kebanyakan phone tracker yang membunyikan suara untuk menemukan ponsel, aplikasi satu ini akan mengeluarkan suara bunyi tepuk tangan agar Anda bisa dengan lebih mudah dalam menemukannya. 

Saat HP dicuri orang, aplikasi satu ini juga mampu mengirimkan pesan mengenai lokasi terkini ke kontak yang Anda cantumkan di dalam aplikasi. Anda juga bisa melihat kapasitas baterai dan IMEI HP yang dicuri melalui aplikasi tersebut. Jika memang HP hilang karena dicuri, alarm pencurian akan muncul seara otomatis. 

3. Cerberus 

Cerberus
sc: androidayuda.com

Memiliki banyak fitur bagi Anda saat HP hilang karena dicuri. Anda bisa mengunci hingga menyetel ulang pabrik / reset HP, menyembunyikan alarm, menampilkan pesan di layar, hingga akses ke depan kamera untuk menangkap gambar sang pencuri HP. 

Sayangnya, aplikasi satu ini sudah tidak tersedia di Google Play Store dan Anda bisa mengunduhnya di situs resmi Ceberus. Untuk menggunakannya, Anda bisa berlangganan mulai dari Rp78 ribu per bulan hingga Rp478 ribu per tahunnya. 

4. GeoZilla – Find My Family 

Geozilla
sc: cnet.com

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta orang di PlayStore ini menggunakannya untuk memantau lokasi dan aktivitas keluarga. Anda bisa membuat grup dan melacak keberadaan anggota grup. Cukup masukkan nama anggota dan nomer HP untuk memantau keberadaanya. 

Bila ada salah satu anggota yang mengalami kecelakaan atau kehilangan ponsel, maka aplikasi satu ini akan memberikan notifikasi akan kejadian tersebut secara langsung. Bahkan Anda juga bisa mengetahui kecepatan pengemudi dan rekam jejak surat tilang menggunakan aplikasi satu ini.

5. Where’s My Droid 

Where’s My Droid 
sc: mobileappdaily.com

Memiliki fitur yang canggih dan kuat, apliakasi satu ini mampu melacak keberadaan ponsel Anda yang hilang menggunakan GPS. selain itu, aplikasi juga akan memberikan notifikasi jika ponsel yang dicuri sedang dalam keadaan baterai lemah. Canggihnya lagi, Anda akan mendapatkan notifikasi saat pencuri mengganti kartu SIM pada ponsel yang dicuri.  

Baca juga: Mengenal Apa Itu AirTag dan Fitur Anti Stalkingnya!

Penutup

Itulah cara melacak HP hilang dengan IMEI dan deretan aplikasi pelacak HP yang bisa Anda gunakan. Pastikan untuk selalu menjaga keamanan ponsel dengan baik. Dapatkan berbagai smartphone terbaru dari Samsung, Apple, hingga Xiaomi hanya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual mendapatkan garansi resmi TAM dan iBOX. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

×