Doran Gadget – TikTok memang menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna paling banyak menyaingi Instagram dan Facebook. Belum lagi banyak orang yang berlomba-lomba membuat fitur yang mirip dengan TikTok seperti Reels dan Youtube Short. Namun selain menjadi aplikasi penyedia video pendek, kini TikTok juga memiliki TikTok Shop. Apa itu TikTok Shop dan bagaimana cara jualan menggunakan TikTok Shop? Mari simak selengkapnya berikut ini! 

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur social commerce yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan jual beli produk melalui platform atau aplikasi TikTok. Fitur yang dirilis pada tahun 2021 kemarin ini sudah banyak digunakan oleh berbagai negara seperti Amerika, Inggris, hingga Indonesia. Dilansir dari Glints, disebutkan sebanyak 49% pengguna akan membeli produk atau suatu layanan setelah melihat iklan, promosi, atau ulasan di TikTok. 

Baca juga: Suka Main TikTok? Berikut Rekomendasi Hp untuk Content Creator TikTok!

Cara Jualan Menggunakan TikTok Shop 

Sebelum Anda menjual produk melalui TikTok Shop, Anda harus mendaftar akun TikTok Shop terlebih dahulu. Caranya mudah, ikuti beberapa langkah di bawah ini. 

  • Buka situs web TikTok Shop di sini.
  • Kemudian silahkan pilih mau sign up dengan akun TikTok atau melalui telepon dan email. 
  • Isi lengkap informasi bisnis yang diminta. Mulai dari nama toko, alamat, jenis bisnis, keterangan produk, dan lainnya. 
  • Isi registrasi bisnis untuk mendapatkan verifikasi.
  • Jika semua pendaftaran telah selesai dilakukan, silahkan tunggu hingga mendapatkan konfirmasi dari TikTok.
  • Akun TikTok terkonfirmasi, dan Anda sudah bisa menggunakan fitur TikTok Shop. 

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan fitur seperti Live Streaming untuk mempromosikan produk yang dijual. 

Baca juga: 10+ HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2022

Manfaat Menggunakan TikTok Shop 

Banyak yang mengaku menggunakan TikTok Shop memberikan kemudahan untuk bisnis mereka. Lantas apa saja manfaat menggunakan TikTok Shop bagi para pengusaha? Berikut penjelasannya! 

1. Terbuka Untuk Semua Produk 

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak kreator yang memiliki fokus konten yang beragam. Mulai dari kecantikan, review kuliner dan kosmetik, memasak, otomotif, fashion, hingga workout simpel. Karena itulah, ada banyak produk yang bisa dijual di TikTok Shop. mulai dari produk makanan, elektronik, otomotif, fashion, kesehatan, peralatan rumah tangga dan lainnya. Sehingga Anda bisa menjual produk apa saja. 

2. Memudahkan Konsumen Untuk Belanja 

Pasti Anda mengerti rasanya saat melihat seseorang mereview produk kemudian ingin membeli produk yang di review tersebut. Dengan adanya TikTok Shop, pengguna bisa langsung membeli barang yang mereka inginkan dalam satu aplikasi secara bersamaan tanpa harus keluar aplikasi. Selain itu mereka juga bisa memilih barang, melihat review, melihat promo, hingga checkout dan melakukan pembayaran secara langsung dalam satu aplikasi yang pastinya sangat menguntungkan dan lebih efisien. 

Baca juga: Launching Headset Gaming JETEX HX10 dan HX11 Series, JETE Indonesia Berikan Promo Khusus

Beli Produk JETE di TikTok Shop 

Nah itulah cara jualan di TikTok Shop yang bisa Anda coba. Kini Anda juga bisa melakukan pembelian seluruh produk JETE melalui akun TikTok JETE Indonesia yang bisa Anda kunjungi di sini. Anda juga bisa mendapatkan berbagai produk JETE dan produk dari brand lainnya seperti Xiaomi, Garmin, Apple, Samsung, DJI, Logitech dan sebagainya di aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp