Batasi Penyebaran Informasi Salah, WhatsApp Kenalkan Fitur Baru

Batasi Penyebaran Informasi, WhatsApp Kenalkan Fitur Baru

Dalam inisiatif lain untuk menghentikan penyebaran informasi yang salah, WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru, yang akan memberi tahu pengguna jika suatu pesan telah diteruskan berkali-kali. Fitur sekarang berlaku untuk semua orang di versi terbaru aplikasi.

Untuk mengingat, label “frequently forwarded” (sering diteruskan) telah diantisipasi untuk WhatsApp, tetapi fitur berbeda. Ini karena sementara label pada pesan yang telah diteruskan berkali-kali akan terus mengatakan “Forwarded” (Teruskan), pesan tersebut akan menggunakan ikon panah ganda, alih-alih ikon panah tunggal yang terlihat pada pesan yang diteruskan biasa.

“Kami baru-baru ini memperkenalkan pembaruan pada label pesan yang diteruskan kami yang membantu orang mengidentifikasi ketika mereka menerima pesan yang sebelumnya diteruskan beberapa kali, seperti pesan berantai. Pesan yang sangat diteruskan ini akan ditandai dengan ikon panah ganda dan pengguna akan menerima pemberitahuan ketika mereka meneruskan pesan seperti itu,” kata juru bicara WhatsApp kepada Indianexpress.com.

Pemberitahuan hanya akan muncul untuk pesan yang telah diteruskan lebih dari lima kali. Pesan semacam itu akan memiliki ikon panah ganda. “Pesan ini akan ditandai sebagai diteruskan berkali-kali,” bunyi notifikasi itu. Ini berfungsi dengan pesan teks serta gambar dan video.

Namun, berapa kali pesan telah diteruskan akan tetap terenkripsi ujung-ke-ujung. Pada dasarnya, WhatsApp akan memberi label pesan yang telah diteruskan lebih dari lima kali, tetapi tidak akan mengungkapkan berapa kali tepatnya telah diteruskan.

WhatsApp telah mengambil beberapa langkah untuk membatasi penyebaran berita palsu dari platformnya termasuk membatasi ke depan hingga lima orang, label yang diteruskan, dan banyak lagi. Fitur “penerusan berkali-kali” yang baru kemungkinan akan membuat pengguna lebih memperhatikan apakah pesan telah disusun oleh pengirim atau hanya diteruskan berkali-kali.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp