Doran Gadget – Akhirnya iPhone 14 series meluncur ke pasaran pada Kamis, 8 September 2022 kemarin dalam acara Apple Event yang bertajuk “Fear Out”. Hadir dalam empat model di antaranya adalah iPhone 14 reguler, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Lalu apa yang baru dari iPhone 14 series ini? Mari simak selengkapnya di sini! 

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max

Meskipun ada banyak model dari iPhone 14 series, di bawah ini adalah spesifikasi mengenai versi tertingginya yaitu iPhone 14 Pro Max, simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini yang dilansir dari gsmarena.com.

 Spesifikasi  iPhone 14 Pro Max
 Layar   LTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci, (1290 x 2796 pixels), 120Hz, HDR10, Dolby Vision, IP68
 OS  iOS 16
 Chipset  A16 Bionic (4nm)
 RAM  6GB
 ROM  128GB/256GB/512GB/1TB
 Kamera Belakang  48MP (wide,OIS), 12MP (telephoto), 12MP (ultrawide)
 Kamera Depan  12MP (wide)
 Warna  Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple

Baca juga: Spesifikasi Nothing Phone 1: Bakal Jadi Saingan iPhone?

Upgrade Terbaru 

1. Layar

Layarnya menggunakan LTPO Super Retina XDR OLED 120HZ dengan ukuran 6,7 inci yang memiliki resolusi (1290 x 2796 pixels), sudah dilindungi dengan ceramic glass anti gores dan olephobic coating. Desain depan belakangnya juga sudah menggunakan Gorilla glass dan stainles steel frame. Mendapatkan sertifikasi IP68 anti air dan debu yang diklaim bia bertahan di air hingga kedalaman 6m selama 30 menit. Refresh ratenya sudah 120Hz dengan fitur Dolby Vision untuk hasil yang lebih maksimal. 

2. Kamera

Perbedaan terbesar antara iPhone 14 series dengan iPhone 13 adalah dari segi kameranya. Khusus iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max memiliki kamera utama dengan resolusi 48MP. Sangat jauh lebih besar dibandingkan versi teratas iPhone 13 yang kamera utamanya memiliki resolusi 12MP saja.

Kamera utamanya sudah memiliki fitur PDAF dan sensor-shift OIS, didukung juga dengan dua kamera lainnya yang terdiri dari telephoto 12MP (PDAF, OIS, 3x optical zoom) dan ultrawide 12MP (dual pixel PDAF), ada juga tambahan untuk kamera depthnya menggunakan TOF 3D LiDAR scanner. Kamera belakangnya sudah bisa mengmbil  video hingga 4K @60fps, 10-bit HDR, Dolby Vision HDR @60fps, Cinematic Mode 4K @30fps, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 12MP truedepth (ƒ/1.9) dan sudah PDAF, SL 3D dan mampu mengambil video HDR, Cinematic Mode 4K @30fps, 4K@60fps, 1080@120fps, dan gyro-EIS menggunakan kamera depannya.

3. Chipset

Kemudian terdapat upgrade chipset A16 Bionic dengan fabrikasi 4nm saja yang menjadi perhatian banyak orang. Belum lagi iPhone 14 Pro sudah dibekali dengan sistem pendingin yang canggih vapor chamber yang mampu menjaga suhu untuk kestabilan performa yang tinggi. 

Sistem Operasinya juga sudah menggunakan iOS 16, dengan chipset A16 Bionic tersebut sudah dibantu dnegan CPU Hexa Core (2×3.46 GHz Avalanche + 4x Blizzard) dan GPU Apple GPU (5-core graphics) untuk performa yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

Chipset terbarunya didukung dengan RAM 6GB dan ROM yang bervariasi. Mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1TB yang membuat pengguna tidak perlu khawatir untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya.

Untuk baterainya pun dikabarkan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan memiliki daya tahan baterai yang lebih awet dibandingkan iPhone 13 series. Pada series terbaru kali ini juga akan ada mode always on display yang membantu menghemat masa pakai baterai. Kinerja A16 Bionic dan sistem pendingin yang baru juga lebih efektif dalam menjaga keawetan baterai iPhone 14 Pro & Pro Max ini. 

Baca juga: Video Rumor iPhone 14 Bocor di Sosial Media, Durasi 12 Menit!

Hadir Dalam 4 Varian

Seperti biasanya, disebut akan ada empat varian yang akan hadir yaitu iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Warnanya juga ada tambahan, untuk versi iPhone 14 dirumorkan akan mendapatkan pilihan warna Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple. 

Menghilangkan poninya yang ikonik, kini iPhone 14 hadir dengan notch yang disematkan pada layarnya, Apple menyematkan banyak teknologi di dalamnya. Mulai dari kamera selfie, kamera infrared, depth sensor, dot projector dan lainnya.

Harga untuk iPhone 14 diperkirakan mulai Rp11,9 jutaan untuk versi reguler hingga Rp23,8 jutaan untuk versi tertinggi Pro Max varian 1TB. Melansir dari situs resmi Apple, pembelian iPhone 14 kali ini juga bisa dilakukan menggunakan tukar tambah dengan ponsel iPhone versi sebelumnya. Model paling lawas yang bisa ditukarkan adalah iPhone 7. Selain iPhone, Apple juga menerima tukar tambah dengan merk ponsel lain. Namun hingga saat ini belum diketahui apakah sistem tukar tambah ini berlaku juga di luar pasar AS.

Baca juga: 5 Aplikasi Pendukung untuk Main TikTok di iPhone

Dapatkan iPhone Terbaik di Doran Gadget 

Itulah beberapa hal yang baru dari iPhone 14. Mari kita tunggu spesifikasi lengkapnya setelah iPhone 14 series telah meluncur di pasaran. Bagi Anda yang ingin mengupgrade iPhone Anda mengingat beberapa model iPhone di tahun depan sudah tidak bisa mendapatkan upgrade untuk iOS 16, kini Anda bisa membeli iPhone di Doran Gadget. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini untuk kemudahan transaksi belanja online. Terkait informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

×