Doran GadgetBeberapa waktu lalu, salah satu brand ternama Nothing merilis smartphone seri pertamanya. HP ini kemudian diberi nama Nothhing Phone 1. Bahkan, disebut-sebut sebagai pesaing iPhone. Lantas, seperti apa spesifikasi Nothing Phone 1? Simak ulasannya yang sudah dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Fitur dan Spesifikasi Nothing Phone 1

Spesifikasi Nothing Phone 1 bisa dikatakan unggul untuk HP menengah ke atas. Hal itu bisa dilihat dari sektor desain layarnya, kamera, hingga baterai. Apa saja keunggulannya? Berikut di antaranya yang bisa Anda simak.

1. Desain dan Layar

Pertama adalah dari segi desain dan layarnya. HP ini menggunakan bingkai luar dari material aluminium daur ulang 100%. Dengan begitu, ponsel jadi lebih ringan. Hal yang sama juga berlaku pada komponennya yang juga terbuat dari bahan daur ulang berbasis bio 50%. Kerennya lagi, dengan dua varian warna putih dan hitam bagian belakangnya memiliki desain yang transparan.

Sedangkan untuk desain antar mukanya mengadopsi sistem Glyph dan terdapat pola cahaya dari 900 LED. Dimana lampu ini bisa menyala ketika ada panggilan, notifikasi, maupun status saat mengisi baterai.

Lalu, di sektor layarnya sudah bertipe OLED 6.55 incimenggunakan Full HD Plus 1080×2400 pixel. Refresh ratenya 12Hz dan touch sampling rate 240Hz. Tingkat kecerahannya adalah 1200 nits dan dilindungi Gorilla Glass 5. Kecanggihan lainnya adalah, ponsel juga mendukung fitur in-display fingerprint scanner.

Baca juga: 10+ HP dengan Kamera Selfie Terbaik 2022

2. Kamera

Selanjutnya dari segi kamera, inilah yang banyak pihak membandingkannya dengan kamera iPhone. Di sini ada dua buah kamera belakang yakni kamera utama yang menggunakan sensor Sony IMX766 (f/1.88, OIS) dan resolusi 50MP. Sedangkan kamera ultrawide memiliki resolusi 50MP (f/2.2, 114 derajat pandang).

Sedangkan pada bagian kamera depannya, Nothing Phone 1 menyematkan kamera dengan resolusi 16MP. Tak ketinggalan pula ada tambahan sensor dari Sony IMX471 yang membuat hasil bidikan foto dan selfie jadi lebih jernih.

3. Spesifikasi Nothing Phone 1 – Sektor Baterai

Beralih ke sektor baterainya. Untuk penggunaan sehari-hari, HP ini sangat mumpuni dengan kapasitas baterai 4.500 mAh. Lalu, ada fitur fast charging 33W menggunakan kabel. Dengan daya tersebut, ponsel bisa mengisi daya sampai penuh hanya dalam waktu 70 menit saja.

Selain itu, Nothing Phone 1 memiliki fitur fast charging 15W. Namun, ini berlaku untuk pengisian daya wireless atau tanpa kabel. Termasuk juga ada fitur reverse charging dengan daya 5W.

4. Software

Spesifikasi Nothing Phone 1 yang menarik untuk disimak adalah dari segi software. Sistem operasinya sudah mendukung untuk Android 12 dan antarmuka menggunakan Nothing OS (1). Dengan antarmuka tersebut, Nothing mengklaim tidak ada bloatware atau aplikasi bawaan. Lalu, semakin ngebut dengan chipset Snapdragon 778G+.

Setiap dua bulan sekali, Nothing memastikan adanya pembaruan sistem keamanan dan update Android. Beberapa fitur unggulannya pun dapat memudahkan pengguna. Contohnya untuk fitur pengaturan cepat atau Quick Settings yang dapat dihubungkan dengan TWS Nothing Ear (1). Bahkan, kerennya lagi HP ini bisa digunakan untuk menyalakan lampu mobil futuristik Tesla dan menyalakan AC.

Baca juga: Android 12 Terbaru Meluncur, Seperti Apa Pembaruan Fiturnya?

Harga Nothing Phone 1

Bicara mengenai masalah harganya, Nothing Phone 1 sepertinya memang menyasar pangsa pasar kelas menengah ke atas. Sebagaimana dirilis dari perusahaan barunya yakni Carl Pei, harga HP ini pun dibanderol dalam mata uang Euro. Tentu, harga tersebut berbeda-beda tergantung dari kapasitas penyimpanannya. Berikut daftarnya yang perlu Anda tahu:

  • Nothing Phone 1 dengan kapasitas 8/128GB: 469 Euro (sekitar Rp7 jutaan)
  • Nothing Phone 1 dengan kapasitas 8/256GB: 499 Euro (sekitar Rp7.5 jutaan)
  • Nothing Phone 1 dengan kapasitas 12/128GB: 549 Euro (sekitar Rp8 jutaan)

Baca juga: Dijual di Indonesia, Ini Harga HP Baterai Besar 21.000 mAh

Tersedia di Indonesia?

Selain penasaran mengenai spesifikasi Nothing Phone 1, banyak pihak bertanya apakah HP ini bakalan dijual di Indonesia? Seperti dilansir dari laman Kompas Tekno, pihak pabrikan masih belum ada konfirmasi tentang penjualan Nothing Phone 1 di tanah air. Sejauh ini, masih ada beberapa negara Eropa yang jadi pasarnya.

Misalnya saja Inggris, Finlandia, Perancis, Denmark, Polandia, Hongaria, Jerman, Italia, Norwegia, Portugal, Belanda, dan Rumania. Termasuk Spanyol, Swedia, dan Swiss. Sedangkan untuk pasar di Asia meliputi Arab Saudi, Macau, Israel, Hongkong, Taiwan, India, dan Uni Emirat Arab. Adapun teangga Indonesia yang sudah memasarkan produk ini adalah Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Jadi, kita tunggu saja ya Sobat Doran semoga produk ini hadir di tanah air untuk menyemarakkan penjualan ponsel dari berbagai brand berbeda. Nah, agar semakin nyaman menggunakan smartphone, ada baiknya Anda memilih aksesoris gadget terbaik dari brand terkemuka dunia yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Nikmati promo menarik untuk pembelian di website maupun aplikasi kami. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait: