Android 12 Terbaru Meluncur, Seperti Apa Pembaruan Fiturnya?

Android 12 (1)

Doran GadgetAndroid 12 versi terbaru dikabarkan rilis pada awal Oktober 2021. Jangka waktu ini hanya berselang lima bulan dari peluncuran versi betanya ke publik. Dalam laporan XDA Developers berdasarkan dokumen pemberitahuan partner OEM dan Google, peluncuran Android terbaru dilakukan pada 4 Oktober 2021.

Tanggal itu tercantum sebagai Android Open Source Project (AOSP) perilisan Android 12. Dikabarkan, tanggal itu bisa saja sama dengan peluncuran Android 12 untuk versi stabilnya sebagaimana dikatakan Editor in Chief XDA Developers yang dikutip The Verge. Lalu, seperti apa pembaruan fiturnya?

Fitur yang Disematkan di Android 12

Android 12

Berbeda dengan generasi sebelumnya, pada versi terbaru Android ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Setidaknya, ada enam fitur baru yang disempurnakan mulai dari koneksi, keamanan, hingga mode pengoperasian.

FiturKeterangan
Material YouMaterial You pada versi Android terbaru diklaim lebih minimalis dan warna bervariasi. Saat Anda memilih wallpaper tertentu, sistem pun akan menyesuaikan warna panel dengan warna dominan wallpaper.
Panel BaruUntuk panel baru, Android 12 menyematkan Quick Tales. Yakni, saat scroll ke bawah akan muncul menu berbentuk kotak dan bukan bulat layaknya di Android 11. Area notifikasinya diubah menggunakan warna solid sesuai tema yang dipilih pengguna.
Fitur Privasi

Fitur Privacy Dashboard akan memudahkan pengguna memantau informasi mengenai banyak aplikasi yang mengakses kamera, lokasi, maupun mikorofon 24 jam terakhir. Pada fitur ini juga memiliki opsi pemberian atau menolak izin aplikasi yang akan diakses di ponsel tertentu.

Notifikasi BaruPemberitahuan notifikasi akan terlihat lebih fungsional dan modern. Pengguna pun dapat mengakses notifikasi dan masuk dalam aplikasi dengan mengetuk pemberitahuan yang muncul.
Koneksi WiFi MudahKoneksi WiFi semakin mudah dengan opsi Nearby. Jadi, untuk bisa memunculkan sebuah kode QR langsung Anda cukup klik saja dan kirimkan kredensial WiFi pada siapa saja yang diinginakn.
Mode Satu TanganDesain interface lainnya adalah One-Handed Mode. Mode akan mengecil di bagian bawah layar secara vertikal. Bila ingin ke mode normal tinggal swipe ke atas One-Handed Mode.

Baca juga: Android 12 Beta – 10 Fitur yang Diharapkan Hadir

Perubahan pada Android 12 Terbaru

Android 12 (2)

Android 12 membawa berbagai ragam fitur di atas yang membuat penggunanya menjadi lebih mudah dalam pengoperasiannya. Adapun perubahan-perubahan utama pada versi terbaru ini di antaranya adalah sebagi berikut:

1. Animasi Nampak Nyata

Pembaruan pada versi Android 12 terbaru yang pertama adalah di sektor animasi yang nampak lebih hidup. Terutama pada sentuhan, scrolling, hingga gerakan pengguna. Dengan begitu smartphone mudah merespon perintah lebih cepat dan efisian untuk penggunaan dalam waktu cukup lama. Tampilan waktu seperti jam pun menjadi lebih besar.

2. Personalisasi Mudah

Kedua, nantinya pengguna dapat melakukan personalisasi pada warna palet maupun desain widget. Jadi, pengguna bisa menentukan mana warna yang paling dominan pada tampilan layar. Baik itu saat lockscreen, mengontrol volume, maupun pengaturan widget baru.

3. Ruang Sistem

Perubahan utama ketiga pada versi Android 12 terbaru ini adalah ruang sistem yang dirancang ulang. Misalnya saja pada bayangan notifikasi yang lebih infuitif. Termasuk dengan pengaturan cepat untuk mengontrol seluruh sistem hanya dengan ketukan maupun swipe.

Penutup

Android 12 (3)

Bagaimana Sobat Doran, apakah smartphone Anda sudah mulai menggunakan fitur terbaik dari Android 12 ini? Nah, untuk mendukung penggunaan smartphone lebih optimal selain sistem operasi terbarunya, Anda perlu memiliki perangkat aksesoris gadget yang mumpuni dan bisa diandalkan.

Mulai dari charger dengan fitur pengisian daya cepat, powerbank untuk aktivitas di luar ruangan, hingga perangkat audio untuk menikmati musik favorit dan melakukan panggilan. Semua bisa Anda dapatkan di Doran Gadget dengan harga terbaik dan berbagai ragam promo menarik.

Informasi lebih lanjut, silakan join di channel Telegram Doran Gadget atau hubungi CS kami di WhatsApp di sini.

× WhatsApp