Doran Gadget – Rumor tentang iPhone 14 yang akan segera hadir ini sedang ramai diperbincangkan di internet. Salah satunya Youtuber bernama Unbox Therapy yang mengungkapkan tentang desain iPhone 14 Pro Max. Ia mengunggah video iPhone 14 beserta penjelasan lengkap dari desain iPhone versi terbaru tersebut. Agar tak penasaran, mari simak rumor tentang iPhone 14 yang diambil dari berbagai sumber yang mencuat di internet saat ini! 

Rumor Terbaru iPhone 14 Pro

•  iPhone 14 ini terlambat tiga minggu dari schedule yang telah dibuat imbas dari lockdown Covid di China. Produksi yang dilakukan juga kemungkinan akan lebih sedikit dibanding yang dibayangkan. 

•  Disebutkan iPhone 14 akan mendapatkan upgrade yang cukup besar pada kamera depannya dengan built-in autofocus untuk fiturnya. 

•  Apple mendapatkan kesulitan dengan salah satu pemasok komponen yang akan mempengaruhi produksi dari iPhone 14. 

•  iPhone 14 Pro dan iPhone 14 harusnya launching pada 13 September nanti dan disusul dengan produk lainnya. 

Baca juga: HP Android vs iPhone: Siapa Lebih Unggul?

Rumor Harga iPhone 14 dan Tanggal Rilisnya

Rumor yang menyebutkan bahwa iPhone 14 akan dirilis pada 13 September nanti disebutkan berasal dari orang dalam. Meskipun terhambat dalam proses produksinya, banyak orang yang berharap launching iPhone 14 ini akan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Jika benar terjadi, maka harga iPhone 14 Pro akan berangkat mulai dari 1,099$ atau setara dengan Rp16 jutaan. Yang mana pasti akan berubah harganya jika masuk ke Indonesia. Namun bisa diasumsikan bahwa harganya pasti akan lebih mahal ketimbah harga iPhone 13 pro. 

Rumor Desain iPhone 14 Pro 

Dalam beberapa spoiler yang diberikan banyak Youtuber termasuk dari Unbox Theraphy menyebutkan bahwa mereka mendapatkan dummy dari iPhone 14 Pro. Karena itu simak rumor desain iPhone 14 pro yang diambil dari berbagai sumber di bawah ini. 

1. Desain

Sayangnya, dari dummy yang didapatkan ternyata iPhone 14 Pro ini sangat mirip dari segi kamera dan fisiknya dengan iPhone 13. Untuk urusan kameranya dia masih sama yaitu dengan tiga kamera belakang, namun iPhone 14 Pro akan lebih tebal 0,2mm daripada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Display Notchnya dihapuskan dengan body belakangnya dinilai memiliki kesan warna yang lebih gelap dibanding generasi sebelumnya. Untuk desain sisi-sisinya juga terlihat lebih tebal dibandingkan iPhone 13. 

iPhone 14 juga terlihat menggunakan kamera punch hole yang disandingkan dnegan set up tersendiri. Kalau dilihat dari contoh tempered glassnya, bisa dilihat bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Max masih menggunakan notch, namun pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menghilangkan display notch tersebut dan diganti dengan punch hole camera. 

2. Fitur Lainnya 

iPhone 14 akan menggunakan iOS 15.4 yang akan membuat pengguna bisa menggunakan Face ID meskipun sedang menggunakan masker. Hal ini disebutkan akan menjadi fitur unggulan yang menggeser pentingnya fingerprint-centric biometrics pada Apple. Untuk warnanya, ada beberapa rumor warna unggulan yang muncul yaitu Deep Purple, Royal Rose, Teal, dan Cherry. 

Rumor menyebutkan bahwa iPhone 14 pada akhirnya akan menggunakan USB-C port route. Namun rumor lainnya menyebutkan bahwa iPhone 14 akan tetap menggunakan Lightning USB port yang telah diupgrade dengan USB 3.0 data transfer. Ming Chi Kuo meprediksi bahwa Apple akan mengganti konektor Lightning ke USB-C namun nanti pada akhir 2023. Jika prediksi itu benar, kemungkinan charger USB-C pada iPhone bisa ditemukan pada iPhone 15. 

Baca juga: Beli iPhone Baru? Ini 9 Hal yang Wajib Anda Lakukan!

3. Display 

iPhone 14 Pro akan memiliki layar berukuran 6,1 inci dan 5,7 inci untuk 14 Pro Max. Untuk iPhone 14 versi standar kan memiliki 90Hz display yang merupakan upgrade dari iPhone 13 reguler yang hanya memiliki 60Hz. Namun rumor dari Ross Young menyebutkan iPhone 14 pro akan lebih besar hingga 6,12 inci dan iPhone 14 Pro Max akan meningkat hingga 6,69 inci. 

4. Kamera 

Analisis Apple, Ming Chi Kuo menyebutkan bahwa seri iPhone 14 akan menggunakan sensor kamera 48MP yang jauh lebih tinggi dari sensor 12MP milik iPhone 13. Untuk konfigurasinya masih sama dengan pendahulunya. Namun ada rumor juga yang menyebutkan bahwa iPhone 14 versi standar masih akan menggunakan kamera dengan sensor 12MP dan hanya dua versi Pro yang akan mendapatkan sensor 48MP untuk main cameranya. 

Kemudian disebutkan juga telephoto camera akan mendapatkan boost untuk zoomnya sehingga menjadi periscope-style zoom camera untuk iPhone 14 Pro. Namun Ming Chi Kuo mengklaim bahwa periscope camera tidak akan hadir di iPhone hingga iPhone 15 nanti di 2023. Ia juga mengklaim bahwa semua model iPhone 14 akan mendapatkan upgrade untuk kamera depannya dengan aperture yang lebih besar dan ada built-in autofocus. 

5. Spesifikasi dan Baterai 

Banyak yang berekspektasi iPhone 14 akan menggunakan chip A16 bionic dengan upgrade performa yang diberikan. Diharapkan versi A16 bionic ini akan menggunakan 4nm node. Kemudian juga diharapkan semua model akan bisa berfungsi dengan mode 5G. Prosesor, grafik, dan neural prosesingnya juga dirumorkan akan lebih baik dari A15 Bionic. Untuk selular dan konektivitas Wi-Finya, iPhone 14 juga bisa dikoneksikan dengan jaringan satelit yang dirancang pada saat lauching iPhone 13 kemarin. Dimana jika pengguna berada di area tanpa sinyal selular dan WiFi, masih bisa mengirim pesan ke emergency service melalui jaringan satelit. 

Apple iPhone 14 Pro diklaim akan memiliki RAM 8GB, namun analis Jeff Pu memprediksi bahwa keempat model iPhone 14 akan menggunakan RAM 6GB. Untuk ROMnya kemungkinan besar hingga 1TB, namun belum ada rumor yang pasti hingga saat ini. Untuk baterainya, iPhone 14 diyakini bisa bertahan lebih lama atau sama saja dengan iPhone 13 Pro. 

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Juni 2022 

Beli iPhone di Doran Gadget 

Itulah rumor iPhone 14 yang beredar di internet untuk saat ini, meskipun telah dibahas oleh beberapa pakar dan analis profesional, mari kita tunggu bagaimana spesifikasi iPhone 14 yang resmi dari Apple nanti. Bagi Anda yang ingin membeli iPhone original dengan garansi resmi iBox, Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Lakukan pembelian melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini untuk mendapatkan gratis poin yang bisa dibelanjakan secara langsung khusus pengguna pertama. Untuk selengkapnya silahkan hubungi call center kami di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

× WhatsApp