Doran GadgetPerdebatan mengeai Android vs iPhone seolah tak pernah berakhir. Terlebih lagi dari waktu ke waktu, perkembangan teknologi digital membuat sistem operasi perangkat smartphone juga mengalami pembaruan. Baik iPhone maupun Android memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Mana yang terbaik untuk Anda dan siapa lebih unggul? Simak ulasan berikut yang sudah dirangkum tim Doran Gadget.

Android vs iPhone – Perbedaan Fitur

Untuk lebih mudah dalam melihat perbandingan antara Android vs iPhone, ada beberapa poin yang bisa dijadikan acuan. Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber seperti Computer World, Tech Radar, dan Tom’s Guide, berikut di antaranya yang perlu Anda tahu.

1. Dari Segi Penggunaan

Cara Membuka Layar iPhone

Perbandingan Android vs iPhone yang pertama ialah dari segi penggunaan. Dalam hal ini iPhone lebih unggul karena iOS memiliki interface yang mudah. Termasuk penggunaan Face ID untuk memudahkan pengguna mengaktifkan perangkat.  Meski begitu, Android juga memiliki kontrol penggunaan perangkat yang mudah.

Baca juga: Baru Pertama Punya, Perhatikan 10 Cara Memakai iPhone Ini!

2. Keandalan Perangkat dan Harga

Selanjutnya adalah mengenai keandalan perangkat dan harganya. iPhone dirancang khusus untuk segmen pengguna premium. Dengan kata lain, iPhone tidak akan memproduksi ponsel dengan harga murah. Berbeda dengan Android yang cukup unggul karena memiliki beragam jenis dari kelas menengah hingga premium seperti Samsung S22 atau Google Pixel 6 Pro.

3. Android vs iPhone: Sistem Terbuka vs Tertutup

Membandingkan Android vs iPhone berarti membandingkan antara sistem terbuka dengan sistem tertutup. Di sini iPhone menggunakan sistem tertutup, dengan artian terbatas pada aplikasi-aplikasi dan sistem operasi tertentu besutan Apple. Lain halnya dengan Android yang menerapkan sistem open-source. Dengan begitu, lebih mudah untuk disesuaikan dengan berbagai aplikasi.

Baca juga: 10 Aplikasi Penyimpan Foto di Android Agar Makin Aman

4. Fitur AI dan Voice Assistant

Lalu, bagaimana dengan fitur AI, voice assistant, dan integrasi cloud. Android lebih diuntungkan dengan adanya fitur Google Assitant untuk berbagai penggunaan aplikasi Google. Misalnya Google Calendar dan Google Maps yang lebih simpel. Di sisi lain, iPhone memiliki voice assistant SIRI besutan Apple. Hanya saja, penggunaannya terbatas pada perangkat dengan iOS saja, sementara Google Assistant juga bisa digunakan untuk iPhone.

5. Integrasi dengan Cloud

Cara Memindahkan Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Kedua sistem operasi mendukung untuk integrasi dengan komputasi awan atau cloud. Apple memiliki iCloud untuk penyimpanan perangkat iOS. Hanya saja, bagi sebagian pengguna, prosesnya pun dirasa cukup rumit dan sering bermasalah. Di sisi lain, Android memiliki beberapa aplikasi yang sudah terhubung dengan layanan cloud.

Dengan begitu, para pengguna akan lebih mudah dalam melakukan penyimpanan. Khususnya untuk file yang berhubungan dengan pekerjaan. Kemudian, soal update software. iPhone lebih simpel, sebab terintegrasi dengan layanan Apple secara keseluruhan. Hal ini beda dengan Android yang mungkin memerlukan update berbeda-beda pula tergantung aplikasinya.

Baca juga: Cara Membuka Layar iPhone Tanpa Lepas Masker

6. Android vs iPhone: Keamanan Perangkat

Faktor keamanan antara Android dan iPhone juga jadi pertimbangan bagi para konsumen. Android berpotensi memiliki masalah keamanan seperti mallware, terutama untuk penggunaan aplikasi pihak ketiga. Agar lebih aman, ada baiknya pengguna Android mengunduh aplikasi dari PlayStore. Sementara, iPhone dinilai lebih aman karena memiliki keunggulan dalam hal perlindungan data pribadi milik konsumen mereka.

7. Periferal Kabel

powerbank-terbaik-6

Mengenai kabel periferal untuk perangkat, Android cukup unggul. Sebab, Android dibekali dengan device menggunakan port USB beragam. Beda halnya dengan iPhone yang hanya menggunakan port Lightning. Jadi, bila pengguna iPhone ingin menghubungkan perangkat ke port lain memerlukan saluran tambahan. Ditambah lagi, port USB yang dimiliki oleh Android lebih terjangkau dibandingkan port Lightning milik iPhone.

Baca juga: Begini Cara Memindahkan Data Whatsapp dari Android ke iPhone

8. Baterai

Untuk membandingkan baterai kedua sistem operasi tersebut cukup subjektif. Sebab, smartphone Android memiliki berbagai ragam tipe termasuk daya baterainya. Hanya saja, beberapa brand Android seperti Samsung, Google, Motorola, dan lainnya memiliki ketahanan baterai unggul. Dengan kata lain, pengguna tak harus sering mengisi ulang daya baterai layaknya iPhone. Namun, seberapa sering melakukan pengisian ini juga tergantung pada penggunaan dan jenis ponsel.

9. Android vs iPhone: Keberagaman Aplikasi

apple iphone 12 vs samsung galaxy s21

Perbandingan lainnya dapat dilihat juga dari kumpulan aplikasi yang ditawarkan pada sistem. Dalam hal ini, Google Play yang dikhususkan untuk Android memiliki koleksi aplikasi lebih bergam dibandingkan AppStore milik iPhone. Dari data Statista disebutkan bahwa ada sekitar 2.87 juta aplikasi di Google Play dan 1.96 juta aplikasi di AppStore pada akhir tahun 2020 lalu.

Baca juga: Beli iPhone Baru? Ini 9 Hal yang Wajib Anda Lakukan!

10. Kamera

Lalu, dari segi kamera. Sebenarnya, kedua smartphone memiliki kualitas yang sama bagusnya. Hanya saja, kamera Android lebih beragam dan memiliki pembaruan tertentu. Khususnya dalam hal pengelolaan foto lebih baik, simpel, dan menawarkan berbagai pengalaman pengguna yang beragam. Termasuk media penyimpanan yang beragam pula seperti Google Photos yang bisa digunakan secara gratis.

Android vs iPhone, Mana yang Tepat untuk Anda?

Berdasarkan ulasan di atas, jadi Android vs iPhone mana yang tepat untuk Anda? Kedua sistem operasi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Di sini, memang diperlukan kebijakan pengguna untuk kebutuhan apa yang mereka inginkan. Termasuk  dari segi fitur maupun budget yang dimiliki.

Jika Anda menginginkan pengalaman dari penggunaan yang simpel, maka iPhone bisa dijadikan pilihan. Hal ini karena iPhone memiliki dukungan untuk smartphone Anda, termasuk mengenai baterai dan case yang kokoh. Begitu juga dengan berbagai macam aplikasi dan layanan purnajual yang baik.

Namun, apabila Anda lebih menginginkan gadget untuk penggunaan yang lebih leluasa maka Android adalah pilihannya. Sebab, Android memiliki berbagai opsi untuk pengaturan software dan pengaturan personalisasi berdasarkan pengalaman Anda. Termasuk penggunaan widget yang lebih beragam dibandingkan iPhone.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP di Atas 10 Juta 2022 Terbaik

Penutup

cara memesan HP Samsung Galaxy S22 pre-order di Indonesia (3)

Apapun pilihan Anda, selain memilih berdasarkan kebutuhan yang tak kalah pentingnya adalah belilah di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget sebagai toko resmi iPhone dan berbagai ragam smartphone Android dengan kualitas premium.

Keunggulan membeli di Doran Gadget adalah barang yang dijual adalah produk asli dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, semua proses pengiriman dilakukan dengan aman hingga sampai di tangan konsumen. Informasi lebih lanjut mengenai pembelian dan pemesanan hubungi CS kami di sini. Dapatkan pula informasi mengenai promo yang berlaku dengan follow akun Instagram Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp