Doran Gadget Battery health iPhone memang menjadi salah satu hal penting, karena battery health yang berkurang bisa mempengaruhi performa iPhone. Sehingga pengguna harus memperhatikan pola pengisian baterai. Seringkali pengguna mengecas ponsel semalaman, namun amankah iPhone dicas semalaman?

Amankah iPhone Dicas Semalaman?

Sebenarnya tidak hanya untuk iPhone, namun pasti banyak orang yang menyarankan agar tidak mengecas ponsel semalaman. Belum lagi smartphone keluaran terbaru saat ini sudah banyak yang dibekali dengan fitur fast charging sehingga memudahkan pengguna untuk mengisi daya baterai hingga penuh hanya dalam beberapa menit hingga hitungan jam saja.

Dikutip dari Kompas.com untuk menjawab pertanyaan amankah iPhone dicas semalaman, penjelasan sebuah akun bernama @robytch di Twitter menjelaskan penyebab apa saja yang membuat battery health menurun. Salah satunya adalah karena dicas semalaman.  

“Yang pasti overcharge sampe sejam atau lama banget dtinggal tidur. iPhone gausah di cas sampe 100%… 8–99% cabut aja jangan sampe mati banget.. Plus jangan overheat kek dicas dikasur atau atasnya kain,” tulis @robytch di akun Twitternya. 

Ulasan tersebut ditanggapi oleh akun lainnya yaitu @cloudysnowsys yang mengungkapkan respon serupa melalui balasannya. Sembari mengirimkan screenshot battery health iPhone miliknya yang masih 100%, pemilik akun @cloudysnowsys dengan display name Acha tersebut memberikan penjelasan bagaimana battery health iPhonenya awet. 

Acha menyebutkan bahwa jika sedang ada di rumah, dirinya melakukan isi daya iPhonenya hingga 80% dan maksimal 90% jika harus pergi keluar. Acha jarang memainkan iPhone saat sedang mengisi daya dan dia menyarankan untuk tidak menggunakan powerbank jika bukan dalam kondisi urgent. Kemudian jangan menggunakan low power mode jika ponsel belum memasuki mode low, dan jangan mengisi daya dibawa tidur. 

Baca juga: Cara Mengatasi Layar iPhone Macet dan Penyebabnya

Benarkah iPhone Tidak Boleh Dicas Semalaman?

Di laman resmi dukungan Apple sendiri sebenarnya tidak ada penjelasan detail mengenai pertanyaan ini. Namun Apple menyarankan untuk menjauhkan perangkat dari paparan suhu ekstrem yang berada lebih dari 35 derajat celcius demi menjaga battery health iPhone. 

Suhu panas tersebut bisa dari luar seperti panas matahari, panas karena pengunaan, dan juga panas yang disebabkan oleh pengisian daya. Dimana aktivitas pengisian daya ini bisa menimbulkan suhu panas ekstrem terutama jika dilakukan dengan kegiatan lain secara bersamaan. Misalnya bermain game sambil mengisi daya. 

Untuk pertanyaan amankah iPhone dicas semalaman sebenarnya secara konsep bisa dilakukan. Jika dilhat dari spesifikasi dan bantuan dari laman resminya, iPhone boleh dicas semalaman karena iPhone sudah memiliki fitur Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging. 

Baca juga: Cara Mendaftarkan IMEI iPhone Resmi

Apa Itu Fitur Pengisian Daya Optimal di iPhone?

 

Dilansir dari website official Apple, Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging merupakan fitur yang dibuat untuk mengurangi penurunan battery health iPhone akibat pengisian daya yang lama. Fitur ini mulai tersedia pada iOS 13 dan diteruskan hingga iOS terbaru. 

Fungsinya adalah untuk menghalau pengisian daya ke iPhone seacara otomatis saat dalam kondisi tertentu. Karena fitur Pengisian Daya Optimal ini memungkinkan iPhone untuk mempelajari kebiasaan keseharian pengguna. Bila fitur ini diaktifkan, maka iPhone bisa menunda pengisian daya yang melewati 80% ketika terdeteksi akan melakukan pengisian daya dalam waktu lama seperti ditinggal tidur semalaman. 

Pengguna akan mendapatkan notifikasi dengan pesan seperti “Dijadwalkan untuk selesai mengisi daya pukul 07.00”. iPhone bahkan juga bisa memperkirakan kapan seharusnya daya terisi penuh berdasarkan kebiasaan cas sehari-hari. Fitur ini juga mampu mendeteksi lokasi dimana pengguna sering menghabiskan waktu untk mengisi daya seperti di rumah atau di kantor. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Iphone dengan Masalah Hilang Sinyal

Penutup

hp 5g tahun 2022, hp 5g, iphone se3

Intinya pengguna tidak perlu khawatir jika iPhone dicas semalaman. Karena fitur ini mampu menahan iPhone agar tidak mengisi daya terus menerus meskipun terhubung dengan cas dalam waktu yang lama. Bagaimana? Tertarik untuk membeli iPhone?

Kini Anda bisa mendapatkan iPhone original dengan garansi resmi iBOX di Doran Gadget. Temukan juga berbagai aksesoris Apple original yang bisa Anda pilih. Unduh aplikasi Doran Gadget dan hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Artikel terkait:

× WhatsApp