Doran Gadget – Meskipun terbilang ponsel high-end, namun bukan berarti iPhone tidak bisa mengalami masalah. Tergantung dari pemakaian, pengguna iPhone bisa saja memiliki berbagai masalah. Salah satunya adalah layar iPhone yang macet. Nah, bagi Anda yang bingung cara mengatasi layar iPhone macet dan apa penyebabnya, maka simak ulasan lengkapnya berikut ini! 

Apa Penyebab Layar iPhone Macet?

Cara memakai iPhone (1)

Ada banyak penyebab layar iPhone macet. Mulai dari kesalahan pengguna karena terjatuh, terbanting, hingga terjadi kesalahan pada sistem seperti bug pada sistem operasi. Bisa jadi ada debu atau cairan yang menumpuk di layar iPhone. 

Penyebab lainnya juga bisa ketika mengisi daya dengan menggunakan cas yang bermasalah atau rusak. Screen guard yang terlalu tebal juga bisa menganggu responsivitas layar. Untuk lebih jelasnnya, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui apa penyebab layar iPhone Anda macet. 

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi iPhone yang Jarang Diketahui Tapi Penting

Bagaimana Cara Mengatasi Layar iPhone yang Macet?

Jika sudah mengetahui apa penyebab layar iPhone macet, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi layar iPhone yang macet. Simak selengkapnya! 

1. Restart iPhone 

Jika layar iPhone tiba-tiba macet, lakukan restart atau muat ulang secara paksa. Sehingga iPhone mampu menyegarkan kembali sistem yang terganggu karena adanya bug. Cara restart iPhone dengan paksa cukup mudah, Anda hanya perlu menekan dan lepas tombol volume atas dan bawah secara bersamaan dan secara cepat. 

Setelah itu tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Apple dan lepaskan. Setelah iPhone mati, tekan tombol power untuk menyalakannya kembali. Perlu diketahui, cara restart paksa ini hanya bisa dilakukan pada seri iPhone yang mendukung iOS 16. 

Baca juga: 6 Perbedaan iOS 15 vs iOS 16 yang Wajib Diketahui Pengguna iPhone

2. Update iOS 

Berbicara tentang update iOS, pengguna harus rajin mengupdate jika ada update iOS terbaru yang muncul. Karena versi iOS terbaru biasanya membawa perbaikan pada sejumlah bug yang bisa jadi merupakan penyebab layar iPhone macet. Karena itu pastikan untuk selalu update iOS Anda. 

3. Lepas Screen Guard 

Seperti yang sudah disebutkan, ada kemungkinan pelindung layar atau screen guard yang Anda pasang terlalu tebal sehingga mengganggu sesitivitas pada iPhone yang membuat layar iPhone tidak responsif saat disentuh. 

Cara mengatasi layar iPhone yang macet karena hal ini, Anda bisa melepas screen guard yang terpasang. Rata-rata layar iPhone sendiri sudah memiliki pelindung yang membuat layarnya tidak mudah tergores dan pecah. 

4. Bersihkan Layar 

Layar yang penuh debu juga bisa membuat sensitivitas layar berkurang. Gunakan kain atau tisu untuk membersihkan layar dan coba sentuh layar iPhone Anda untuk melihat apakah masih macet atau sudah bisa berfungsi dengan normal. 

5. Gunakan Charger Original

Charger KW atau charger yang dalam kondisi rusak mampu mengeluarkan output daya yang tidak stabil dan menimbulkan potensi untuk layar iPhone tidak bisa disentuh saat sedang diisi daya. Karena itu pastikan untuk selalu menggunakan charger original agar tidak merusak iPhone Anda, baik itu layar, baterai, softaware dan hardware secara keseluruhannya. 

Baca juga: Jadwal Rilis iPhone 14 di Indonesia, Ini Ulasannya!

Penutup 

Itulah cara mengatasi layar iPhone macet yang bisa Anda coba. Dapatkan iPhone original dengan garansi iBox yang bisa Anda beli di Doran Gadget. Ada berbagai aksesoris dari Apple seperti  AirPods hingga Apple Watch yang bisa Anda pilih. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini demi kemudahan transaksi belanja online. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp