Doran Gadget – Sudahkah iPhone Anda memiliki IMEI yang terdaftar secara resmi di Kemenperin? Karena jika belum, ada kemungkinan Anda tidak bisa melakukan komunikasi menggunakan ponsel Anda karena layanan akses komunikasi yang diblokir. Namun jika sudah memiliki IMEI yang terdaftar namun sinyal masih hilang, maka simak cara mengatasi iPhone dengan masalah hilang sinyal di bawah ini! 

Apa Penyebab Sinyal iPhone Hilang?

Sebenarnya ada banyak alasan penyebab sinyal iPhone hilang. Namun kebanyakan yang menyebabkan sinyal menghilang adalah berikut ini: 

  • Sinyal yang lemah dari provider atau provider berada di luar jangkauan
  • SIM card yang bermasalah
  • Software atau sistem operasi yang bermasalah 
  • Terjadi kerusakan pada IC baseband atau hardware bermasalah

Baca juga: Cara Mendaftarakan IMEI iPhone Resmi

Bagaimana Cara Mengatasi Iphone dengan Masalah Hilang Sinyal?

Tergantung dari penyebabya, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasi iPhone dnegan masalah hilang sinyal berikut ini.

1. Periksa Jangkauan Area 

Jika sinyal tiba-tiba tidak muncul, coba cek dan perhatikan apakah Anda berada di area yang ada di luar jangkauan area yang disediakan oleh provider Anda. Cobalah untuk memperbaiki kualitas sinyal operator. Pilihlah provider yang memberikan sinyal dan jaringan stabil di daerah Anda. 

Karena hingga saat ini pun, tidak semua operator seluler mampu memberikan sinyal terbaik yang menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Jika Anda berada di luar negeri pastikan untuk mengatur jaringan ke data roaming.

2. Restart iPhone

Selanjutnya Anda bisa melakukan restart pada perangkat iPhone Anda. Cukup matikan ponsel selama beberapa saat sebelum menyalakannya kembali. Jika tidak ada masalah, biasanya sinyal akan muncul kembali setelah iPhone dinyalakan. 

Jika sinyal masih hilang maka kemungkinan besar terjadi kesalahan pada sistem operasi atau software, Anda bisa menggunakan trik lain untuk mengatasi masalah satu ini agar iPhone bisa berfungsi kembali secara normal. 

Baca juga: Cara Mengatasi Layar iPhone Macet dan Penyebabnya

3. Reset Jaringan

Jika restart iPhone tidak berhasil, Anda bisa coba dengan mereset jaringan pada iPhone. Perlu diperhatikan, melakukan reset jaringan akan membuat pengaturan jaringan kembali ke setelan pabrik. Sehingga data sandi WiFi hingga VPN yang Anda simpan akan menghilang. 

Caranya pergilah ke menu pengaturan > umum > transfer atau atur ulang (perangkat) > atur ulang > atur ulang pengaturan jaringan. Pastikan untuk tidak salah langkah agar tidak terjadi masalah baru. Jika tidak bisa melakukannya secara mandiri, silahkan minta bantuan orang yang telah berpengalaman mengatasi masalah ini. 

4. Bawa ke Service Center 

Jika ketiga cara telah Anda lakukan dan masih belum bisa disambungkan ke sinyal. Maka ada kemungkinan terjadi kerusakan pada IC based. Berarti masalahnya bukan pada SIM Carda atau sistem operasi Anda. Jika sudah begitu, Anda bisa membawanya ke service center untuk memperbaikinya. 

Anda bisa meminta untuk service pada IC Baseband atau IC sinyal yang dipastikan akan berhasil memperbaiki masalah iPhone yang hilang sinyal. IC baseband sendiri adalah mikro chip yang ada pada mesin iPhone dan berguna untuk mengatur semua fungsi radio. 

Baca juga: Urutan Prosesor iPhone Terendah hingga Tertinggi

Penutup 

Itulah cara mengatasi iPhone dengan masalah hilang sinyal yang bisa Anda coba. Pastikan untuk selalu membeli iPhone original dengan garansi resmi iBox di Doran Gadget. Selain iPhone, kami juga menjual produk Apple lainnya. Mulai dari aksesoris, iPad, hingga Apple Watch. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini dan hubungi CS kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Artikel terkait:

× WhatsApp