fotografi drone dji original dji phantom dji mavic

Doran GadgetPenyebab drone tidak terkoneksi dengan baik jadi pertanyaan bagi sebagian besar pilot drone. Baik pilot yang sudah berpengalaman maupun pemula. Ketika GPS drone tidak berfungsi, akan berdampak pada performa drone. Bahkan, drone dapat jatuh karena tidak memiliki sinyal.

Penyebab GPS Drone Tidak Terkoneksi

Ada beberapa penyebab GPS drone tidak berfungsi dengan baik. Mulai dari sinyal yang terhalang, kondisi geografis, hingga masalah pada koneksi transmitter drone. Berikut selengkapnya yang perlu Anda ketahui.

1. Interferensi Sinyal

01. drone dji, dji untuk pemula

Penyebab pertama GPS tidak berfungsi dikarenakan adanya interferensi sinyal. Artinya, ada sinyal penggangggu muncul di sela-sela sinyal drone secara berdekatan. Sinyal ini bisa memiliki kapasitas sama atau lebih besar dari sinyal drone. Di sini, sinyal akan bertabrakan.

Sebenarnya, interferensi sinyal merupakan hal wajar asal masih dalam batas toleransi. Misalnya hotspot WiFi dengan frekuensi sama 2.4GHz. Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya Anda menerbangkan drone di tempat yang terdapat banyak tower WiFi.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengubah Mode Sinyal CE ke FCC Drone DJI?

2. Kondisi Geografis

drone fpv dji fpv

Selanjutnya faktor kondisi geografis area drone diterbangkan. Transmitter RC pada drone biasanya menggunakan frekuensi 2.4GHz. Tentu, sinyal ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Di area terbuka, frekuensi ini memang baik dan kekuatan sinyalnya kencang.

Namun, jika kondisi geografisnya banyak halangan seperti gedung bertingkat, tebing, dan penghalang alam lainnya tentu akan berdampak. Sebab, frekuensi sinyal tersebut tidak dapat menembus objek yang tebal karena memiliki penetrasi rendah.

3. Penyebab GPS Drone Tidak Terkoneksi – Transmisi

menghubungkan remote dji mavic 3 (1)

Penyebab GPS drone tidak terkoneksi yang ketiga adalah mengenai masalah transmisi. Seperti dijelaskan di atas, controller memiliki transmisi 2.4GHz. Hal itu untuk menghindari frekuensi noise di perangkat elektronik.

Selain itu, frekuensi ini membuat kontrol lebih responsif dan cepat. Bisa jadi GPS tidak berfungsi dengan baik karena memiliki atau berada dalam setting 35MHz standar. Maka dari itu, usahakan untuk frekuensi ini berada di rentang 2.4GHz agar koneksi lancar.

Baca juga: Intip Bahaya Menerbangkan Drone di Atas Tebing

4. Reliabilitas RC

dji mavic pro, dji phantom, cara pairing cara binding

Faktor keempat mengenai reliabilitas RC. Beberapa RC untuk drone yang sering digunakan memiliki default power RF 25-150mW. Jika transmitrer memiliki default 75mW dapat menempuh jarak 600 meter.

Apabila menggunakan receiver standar dengan menimial interferensi, akan berdampak pada jarak jangkau GPS maupun sinyal drone. Tidak jarang, jika melebihi jarak lebih dari 600 meter maka akan tidak bisa berjalan secara optimal.

5. Penyebab GPS Drone Tidak Terkoneksi – Daya Baterai

baterai drone dji

Faktor terakhir dari penyebab GPS drone tidak berfungsi bisa jadi karena daya baterai drone maupun controller. Untuk lebh aman, Anda bisa gunakan sistem 2.4G dan kontrol hingga 250 meter. Hal itu akan mengonsumsi daya lebih kecil jika dibandingkan dengan 750mW. Dengan begitu, selain membuat drone terbang lebih lama juga akan membuat GPS dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara Kalibrasi Drone Sesuai Prosedur Panduan DJI

Penutup

drone dji, cara klaim drone DJI

Setidaknya itulah penyebab GPS drone tidak terkoneksi dengan baik dan cara mengatasinya. Selain hal di atas, Anda juga perlu memeriksa kondisi drone apakah terjadi kerusakan atau masalah sehingga berdampak pada koneksi GPS. Termasuk aksesorisnya.

Untuk mendapatkan drone terbaik beserta aksesorisnya, Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk yang dijual merupakan produk original dengan garansi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo dan program menarik untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini, jangan lupa follow akun Instagram Doran Gadget untuk melihat promo dan program yang sedang berlangsung.

Artikel terkait: