Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6 – Ini Komparasi Keduanya

xiaomi mi pad 5 vs ipad mini 6 (5)

Doran GadgetPerbandingan antara Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6 cukup menarik disimak. Sebab, keduanya memiliki waktu rilis yang tidak berselang lama. Dari segi teknologi yang digunakan juga sama-sama unggul. Lantas, siapa yang sebenarnya lebih baik dari beberapa sektornya? Berikut ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget dan bisa Anda jadikan bahan pertimbangan memilih sebelum membeli mana yang terbaik.

Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6

xiaomi mi pad 5 vs ipad mini 6 (3)

Dari sektor spesifikasi, perbandingan antara Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bagi itu dari segi tampilan hingga dapur pacu yang dimilikinya. Melansir dari laman Gizmochina, setidaknya berikut beberapa perbedaan secara umum keduanya yang perlu Anda ketahui:

 

 

Xiaomi Mi Pad 5iPad Mini 6
Dimensi dan Berat254.7 x 166.3 x 6.9 mm, 515 gram195.4 x 134.8 x 6.3 mm, 293 gram
Tampilan11 inch, 1600 x 2560p (Full HD+), IPS LCD8.3 inch, 1488 x 2266p (Quad HD+), Liquid Retina IPS LCD
ProsesorQualcomm Snapdragon 870, octa-core 3.2 GHzApple A15 Bionic, hexa-core 2.93GHz
Memori6 GB RAM, 128 GB – 6 GB RAM, 256 GB – 8 GB RAM, 256 GB4 GB RAM, 64 GB – 4 GB  RAM, 256 GB
SoftwareAndroid 11, MIUIiPadOS 15
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.2, GPSWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5, GPS
Baterai8600 mAh, fast charging 67W19.3 Wh
KameraDual 50 + 5 MP or dual 13 + 5 MP, 8 MP f/2.0 front cameraSingle 12 MP f/1.8, 12 MP f/2.4 front camera
Fitur TambahanOptional LTE and 5G, pen supportPen support, Optional LTE
HargaRp5 jutaanRp7 jutaan

Baca juga: Jadwal Rilis dan Bocoran Harga Xiaomi Mi Pad 5 di Indonesia

Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6 – Mana yang Terbaik untuk Kebutuhan?

xiaomi mi pad 5 vs ipad mini 6 (4)

Setelah membandingkan spesifikasi secara umum, saatnya kita mengupas perbandingan keduanya dari segi fiturnya yang dimiliki secara keseluruhan. Masih melansir dari laman yang sama, beberapa perbedaan dari fitur ini berkaitan dengan keunggulan masing-masing di sektor desain hingga baterainya.

1. Desain

Pertama adalah dari segi desainnya. Apple iPad Mini 6 setidaknya cukup unggul dengan desain yang compact dan bezel tipis. Termasuk bahan yang terbuat dari aluminium membuatnya lebih kokoh dan ringan. Dengan begitu lebih mudah untuk dibawa ke mana saja. Sayangnya, tablet ini tidak dibekali dengan fitur keyboard seperti Xiaomi Mi Pad 5.

Di sisi lain, Xiaomi Mi Pad 5 desainnya juga tak kalah unggul dengan bodi yang terbuat dari bahan full aluminium dan ketebalannya hanya 6.9 mm saja. Keunggulan desain lainnya adalah layarnya cukup lebar dengan rasio screen to body cukup luas untuk pengguna dengan aktivitas lebih.

2. Tampilan Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6

Selanjutnya adalah dari segi tampilan atau display, Xiaomi Mi Pad 5 lebih unggul. Pertama adalah dari lebar layar secara diagonal dengan ukuran 11 inch. Hal ini didukung dengan resolusi Quad HD+ yang membuat tampilan menjadi lebih tajam dengan lebih dari 1 milyar warna.

Selain itu juga didukung dengan standar Dolby Vision dan sertifikasi HDR10. Tingkat refresh rate 120 Hz membuat perpindahan gerak gambar lebih halus. Di mana hal tersebut tidak disematkan pada iPad Mini  yang memiliki tampilan hanya 8.3 inch saja.

3. Software yang Digunakan

xiaomi mi pad 5, mi pad 5, mi pad 5 di indonesia, harga mi pad 5

Software atau dapur pacu pada kedua tablet memang menarik untuk disimak perbandingannya. iPad Mini 6 dimotori oleh chipset Apple 15 Bionic, di mana chipset  ini juga terpasang pada iPhone 13. Hanya saja dengan frekuensi yang rendah dan penyimpanan RAM 4 GB dan media penyimpanan luar hingga 256 GB.

Sementara itu, Xiaomi Mi Pad 5 dilengkapi dengan Snapdragon 870 dengan media penyimpanan RAM 8 GB dan penyimpanan internal hingga 256 GB. Meski memiliki RAM yang lebih kecil dibanding Xiaomi, iPad seri 6 ini memiliki performa yang cukup baik. Hanya saja dari segi koneksi jaringan masih menggunakan 4G dan produk Xiaomi Mi Pad 5 sudah mengaodpsi jaringan 5G.

Baca juga: Apple Desain Ulang iPhone Terbaru Mirip iPad Pro

4. Kamera Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6

Perbandingan fitur lain yang bisa dilihat dari keduanya adalah sektor kameranya. Kamera Xiaomi Mi Pad 5 beragam tergantung pada variasinya. Di jajaran tablet dengan jaringan 5G, adanya resolusi sebesar 50 MP dan 5 MP untuk sensornya membuatnya lebih unggul dari pesaing utamanya dengan harga yang sebenarnya tidak terlalu mahal. Ini berbeda dengan iPad Mini 6 yang mengandalkan resolusi kamera utama 12 MP. Namun, di satu sisi iPad generasi terbaru ini pun juga menawarkan kualitas kamera depan yang unggul.

5. Baterai

Terakhir adalah dari segi baterinya. Di sektor ini, kedua tablet Pad tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan. Terutama dari segi ketahanan dan daya pakai baterai. Hanya saja, Xiaomi Mi Pad 5 lebih unggul dengan dukungan pada saat pengisian daya yakni adanya fitur fast charging 67W. Dengan begitu, Anda pun tak perlu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi baterai secara penuh.

Mendapatkan Tablet Pad Terbaik Anda

xiaomi mi pad 5 vs ipad mini 6

Dari ulasan mengenai spesifikasi dan fitur di atas, baik Xiaomi Mi Pad 5 vs iPad Mini 6 memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Secara umum, tablet Pad buatan Xiaomi tersebut diuntungkan dari segi baterainya dengan fitur fast charging yang disematkannya.

Desain dan tampilannya pun lebih lebar dan kompatibel dengan keyboard. Untuk kamera unggul dengan resolusi 50 MP dan dapat digunakan dengan jaringan 5G. Hanya saja, sisi minusnya adalah dari segi performa memang dibawah iPad Mini 6.

Lalu, untuk iPad Mini 6 memiliki desain yang lebih compact, performanya lebih unggul dengan dukungan chipset terbaik, dan memiliki fitur fingerprint, serta kompatibel dengan eSIM. Namun, dari segi layar dan tampilannya lebih kecil dibandingkan Pad buatan Xiaomi.

Nah, jadi mana pilihan Anda? Hal itu tergantung dengan kebutuhan dan kinerja. Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik dari Xiaomi dan Apple di Doran Gadget dengan harga bersaing dan promo menarik di saat tertentu. Informasi lebih lanjut, Anda bisa join di channel Telegram kami dan via WhatsApp di sini.

× WhatsApp