Syarat Live di TikTok - fi

Doran GadgetTikTok saat ini hadir sebagai platform sosial media yang banyak digunakan di dunia. Hal itu karena adanya fitur untuk melakukan live streaming. Meski begitu, ada ketentuan dan syarat live di TikTok yang wajib dipatuhi oleh pengguna. Apa saja? Ini dia yang wajib Anda ketahui, terutama bagi yang baru pertama kali melakukan siaran langsung.

Syarat Live di TikTok Terbaru

Berikut ketentuan dan persyaratan untuk live di TikTok yang wajib diperhatikan. Selain agar lebih banyak ditonton, syarat ini perlu diperhatikan agar semakin aman dan nyaman bagi pemilik akun maupun audiens.

1. Pastikan Jumlah Follower Minimal 1000

Cara live di TikTok di Stream cHAMP
sc: Xplist

Tidak seperti platform media sosial lainnya, TikTok menerapkan aturan yang cukup ketat untuk live. Misalnya saja jumlah follower setidaknya berada di batas minimal yakni 1000. Tujuannya adalah agar saat live, konten memiliki relevansi hingga nilai serta manfaat bagi komunitas. Dengan kata lain, jika jumlah pengikut kurang dari batas minimal  yang ditentukan, maka Anda tidak bisa live TikTok.

Baca juga: 9 Cara Live di Tiktok yang Ditonton Banyak Orang

2. Usia Harus di Atas 16 Tahun

Tak hanya batasan pengikut, TikTok juga memiliki batasan umur pengguna. Setidaknya, untuk bisa live di TikTok pengguna harus berusia di atas 16 tahun. Jika pengguna ingin memberikan gift atau hadiah kepada audiens saat live, maka paling tidak harus berusia 18 tahun. Sedangkan batas usia minimum apabila pengguna harus memiliki TikTok adalah 13 tahun. Jadi, jangan sampai salah, ya!

3. Update Aplikasi TikTok Terbaru

Syarat Live di TikTok - Medcom
sc: Medcom

Ketika syarat di atas sudah terpenuhi, kini perhatikan ketentuan lainnya. Di sini, Anda pun harus menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru. Oleh karena itu, ada baiknya untuk rajin melakukan update akun yang digunakan live secara berkala. Baik itu di PlayStore maupun AppStore bagi para pengguna iOS.

Baca juga: 5 Aplikasi Pendukung untuk Main TikTok di iPhone

4. Syarat Live di TikTok – Akun Minimal Berusia 1 Minggu

Batasan usia tidak hanya berlaku bagi pengguna saja, di sini juga berlaku usia minimal akun TikTok yang digunakan untuk live. Akun yang baru dibuat tidak bisa otomatis digunakan untuk streaming. Setidaknya, harus memenuhi kriteria mendapatkan izin setidaknya usia akun 1 minggu. Ini dilakukan TikTok untuk memastukan jika akun tersebut bukan akun palsu.

5. Koneksi Internet yang Stabil

Cara live di TikTok PC
sc: The Cold Wire

Hal lainnya di luar ketentuan di atas adalah koneksi internet. Dengan koneksi yang lancar memungkinkan Anda untuk live dengan batasan waktu yang ditentukan. Terlebih untuk live promosi produk tertentu, Tujuannya agar tidak terjadi buffering dan gangguan lainnya yang membuat audiens tidak nyaman dan tidak lagi menonton live Anda berikutnya.

Baca juga: Suka Main TikTok? Berikut Rekomendasi Hp untuk Content Creator TikTok!

Apa Saja yang Sebaiknya Dihindari?

Selain mengetahui syarat live di TikTok, ada baiknya Anda juga memahamai beberapa hal yang wajib dihindari. Ini penting karena ketika pihak TikTok menilai konten dan isi saat live melanggar aturan, maka bukan tidak mungkin Anda akan dibanned. Setidaknya berikut beberapa cara agar bisa live di TikTok dengan aman dan hal yang perlu dihindari.

1. Cara Agar Bisa Live di TikTok – Jangan Berkata Kasar

sc: OkeZone

Pertama, pilihlah kata-kata atau diksi yang mudah dipahami oleh audiens. Termasuk memilih kata yang tidak mengandung unsur kekerasan dan kasar. Misalnya menjelekkan orang lain, mencaci, menyebutkan kata yang tidak pantas, dan lain sebagainya. Selain di banned, bisa juga nantinya jika melakukan ini akan dilaporkan oleh netizen ke pihak yang berwajib karena pencemaran.

Baca juga: Ingin Video Masuk FYP? Ini Ide Konten Tiktok yang Berpeluang Viral!

2. Hindari Konten yang Tak Pantas

Selain berkata kasar, memunculkan konten atau adegan yang tidak pantas sebaiknya jangan dilakukan. Terlebih lagi konten-konten tersebut melanggar norma-norma yang berlaku di Indonesia. Selain itu, saat live pastikan wajah Anda selalu tampak. Sebab, TikTok tak segan-segan akan membanned akun yang melakukan live tanpa menampakkan wajah hingga lebih dari 1 menit dan dianggap sebagai pelanggaran ringan.

3. Jangan Jual Barang Terlarang

sc: Pexels

Tak bisa dipungkiri lagi kalau TikTok sering dijadikan tempat promosi dan jualan. Sebagai syarat live di TikTok, di sini pengguna tidak boleh menjual barang-barang terlarang. Baik itu benda berbahaya, melanggar hukum seperti promo judi online, hingga produk-produk yang masuk dalam pengawasan. Maka dari itu, sebelum live untuk promosi pastikan Anda mengetahui barang tersebut benar-benar aman dan tidak melanggar ketentuan.

Baca juga: Intip Penghasilanmu Lewat Kalkulator TikTok, Ini Caranya!

4. Melibatkan Pengguna di Bawah Umur

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu persyaratannya adalah usia pengguna saat live lebih dari 16 tahun. Jadi, dengan kata lain live dengan melibatkan anak kecil dilarang. Sekalipun itu live untuk konten promosi produk anak dan lainnya. Oleh karena itu, pastikan saat live tidak ada anak kecil yang terlibat. Sebab, TikTok menerapkan aturan ini guna mencegah adanya eksploitasi terhadap anak.

5. Perhatikan Hak Cipta

tIKTOK MUSIC (1)
sc: Music Ally

Terakhir, perhatikan hak cipta untuk konten pendukung yang digunakan. Mulai dari efek suara hingga musik. Pastikan musik maupun audio yang dipakai free copyright. Jika memang menggunakan, berilah credit audio tersebut. Sebab, jika Anda menggunakan latar belakang tanpa izin, bukan hanya masalah penghentian live saja, melainkan sansksi lainnya seperti denda hak cipta dan tentu itu tidak sedikit jumlahnya.

Baca juga: Ini Waktu Terbaik untuk Posting Konten di TikTok!

Live di TikTok Makin Nyaman dengan JETE W8 Series

Smart Holder JETE W8 Series - web
sc: JETE Indonesia

Bagaimana, sudah tahu bukan apa saja syarat live di TikTok terbaru? Agar lebih nyaman dan mendapatkan hasil terbaik saat live, gunakan perangkat pendukung dengan fitur-fitur unggulan. Salah satunya adalah smart holder JETE W8 Series yang memiliki fitur berteknologi canggih seperti auto tracking, dimana fitur ini mampu mengikuti gerakan pengguna.

Jadi, Anda tak perlu repot lagi mengarahkan holder. Cukup letakkan HP di atas holder dan aktifkan modenya, maka secara otomatis akan mengikuti arah dan gestur gerakan pengguna. Selain itu, memiliki ketahanan baterai yang lama dan kompatibel di berbagai jenis smartphone dan perangkat lainnya.

Anda bisa mendapatkan perangkat keren ini di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi JETE Indonesia, kami menjual produk original dan garansi resmi. Selain itu, dapatkan poin belanja langsung untuk pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Kumpulkan poin tersebut untuk ditukarkan dengan produk aksesoris gadget favorit Anda.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>