spesifikasi fairphone 5

Doran Gadget – Fairphone 5 menjadi pembicaraan hangat di luar negeri karena spesifikasi dan fitur yang mereka hadirkan. Smartphone satu ini mendorong boundaries tentang smartphone selama ini. Apa saja kelebihan ponsel ini? Yuk simak di spesifikasi dan harga Fairphone 5 di bawah ini!

Spesifikasi Fairphone 5

Spesifikasi Fairphone 5
Layar OLED, 6.46 inches, 1224 x 2700 pixels, 90Hz, 880 nits, Corning Gorilla Glass 5
OS Android 13, bisa diupgrade ke Android 14
Chipset Qualcomm QCM6490 (6 nm)
RAM 8GB
ROM 256GB
Kamera Belakang 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, OIS
50 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/2.51″, 0.7µm, PDAF
TOF 3D, (depth)
Kamera Depan  50 MP, f/2.45, (wide), 1/2.76″, 0.74µm
Baterai 4200 mAh, 30W wired, 50% in 30 min
Warna  Matte Black, Sky Blue, Transparent Edition

Baca juga: Review Asus ROG Phone 7 vs ROG Phone 7 Ultimate

Fairphone 5 resmi diperkenalkan dan perusahaan asal Belanda ini mempersembahkan ponsel terbarunya yang ramah lingkungan dan mudah diperbaiki. Fairphone berkomitmen memberikan dukungan perangkat lunak hingga tahun 2031 atau bahkan 2033, dengan menjanjikan lima pembaruan sistem Android. Meskipun ponsel ini tidak memiliki spesifikasi sehebat flagship lainnya, Fairphone lebih fokus pada keberlanjutan dan pemeliharaan jangka panjang.

Dengan garansi selama 5 tahun, Fairphone ingin mendorong pemiliknya untuk tetap menggunakan ponsel mereka selama mungkin, dengan tujuan mengurangi limbah elektronik. Ini adalah langkah positif dalam industri smartphone. Karena itulah, sebenarnya ponsel ini tidak berpusat pada spesifikasi yang diberikan seperti pada ponsel lainnya.

Chipset dan Desain

spesifikasi fairphone 5
sc: shop.fairphone.com

Fairphone 5 menggunakan chipset unik dari Qualcomm yaitu Qualcomm® QCM6490 (Octa Core) yang memiliki masa pakai panjang dengan dukungan terdepan yang memastikan ponsel ini mampu bertahan lebih lama dibandingkan sebagian besar ponsel lainnya. Ternyata ini adalah chipset kelas industri yang dibangun untuk perangkat Internet of Things dan dirancang untuk memastikan masa pakai yang lebih baik dan kinerja yang solid tanpa daya berlebih.

Bila berbicara tentang desain, sebenarnya Fairphone 5 memang mengalami peningkatan dari sebelumnya yang Fairphone 4 atau 3, namun Fairphone 5 masih cukup jauh dari rata-rata ponsel premium. Ponsel ini juga dilengkapi dengan layar OLED 6,46 inci dengan refresh rate 90Hz. Kamera belakang 50MP, kamera selfie 50MP, penyimpanan 256GB, RAM 8GB, pengisian daya 30W, baterai 4,200 mAh, Wi-Fi 6E, dan sudah mendukung sinyal 5G.

Baca juga: Bocoran iPhone 15 Pro: Tanggal Rilis, Fitur, dan Desain

Bisa Bongkar Pasang

spesifikasi fairphone 5
sc: shop.fairphone.com

Salah satu hal yang paling penting dari Fairphone adalah kemampuannya untuk dibongkar dan diganti komponennya. Anda dapat membuka Fairphone 5 dengan menggunakan satu obeng ukuran OO, yang bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau (obeng ini tidak disertakan dalam paket ponsel). Untuk mengakses sekrup-sekrup ini, Anda hanya perlu melepaskan bagian belakang plastik ponsel, yang memiliki alur besar di sisi yang memudahkan Anda membukanya.

Hal-hal yang dapat Anda ganti pada Fairphone 5 meliputi:

  • Layar
  • Baterai
  • Semua kamera
  • Earpiece
  • Speaker
  • Port USB-C
  • Unit yang berisi sensor ToF, slot SIM, dan slot kartu microSD

Dari semua komponen ini, penggantian layar adalah yang paling mahal dengan harga sekitar €99 (~$107). Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan penggantian layar pada ponsel Samsung, Google, atau Apple.

Harga Fairphone 5

sc: nextpit.com

Fairphone 5 hadir dalam satu varian dengan harga €699 (~$758) dan dapat dipilih dalam tiga warna: hitam, biru, dan transparan. Model transparan memiliki branding yang mencolok, sementara model hitam dan biru memiliki desain yang lebih sederhana.

Fairphone 5 saat ini belum tersedia di Amerika Serikat, tetapi akan dirilis di sana suatu saat nanti. Fairphone sedang berusaha untuk tumbuh di pasar Eropa terlebih dahulu sebelum masuk ke pasar Amerika Serikat, sehingga dapat memiliki kehadiran yang kuat di rumah mereka terlebih dahulu.

Masih belum tahu apakah smartphone satu ini akan hadir di Indonesia, namun mengingat yang sudah-sudah, sepertinya smartphone ini tidak akan masuk ke pasar dalam negeri. Meskipun begitu, mari kita tunggu saja kabar terbarunya!

Baca juga: Nothing Phone 2 vs Nothing Phone 1, Apa yang Baru?

Penutup

Itulah seputar review Faiphone 5 yang wajib Anda ketahui. Dapatkan berbagai smartphone terbaru dari iPhone, Samsung, dan Xiaomi hanya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>