Sempat Jadi Meme, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay

Sempat Jadi Meme, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay

Dorangadget.com – Beragam meme tentang pembayaran iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dapat dilakukan melalui GoPay milik Gojek mulai bermunculan sejak Nadiem Makarim terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Kini, lelucon tersebut rupanya menjadi kenyataan.

Dalam laman resminya, Gojek merinci sekitar 180 lembaga pendidikan, mulai dari sekolah, bimbingan belajar, universitas, hingga pesantren yang telah bekerja sama. Selain itu, Gojek juga melayani pembayaran seperti uang seragam, uang buku, dan ekstrakurikuler. Pembayarannya dapat dilakukan melalui fitur GoBills dalam aplikasi.

Gojek menawarkan kemudahan bagi orang tua dan wali murid dalam melakukan pembayaran melalui inovasi ini. “Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran,” kata Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse seperti dilansir Kompas, Senin (17/2/2020).

“Selain memudahkan para orang tua, lembaga pendidikan yang tergabung juga ikut merasakan manfaat transaksi digital, di antaranya penerimaan iuran yang jelas dan pencatatan transaksi yang lebih rapid an teratur,” lanjut Arno.

Berikut adalah cara membayar biaya pendidikan menggunakan GoPay melalui GoBills:

  1. Klik ‘Lainnya’ di aplikasi Gojek dan pilih GoBills
  2. Pilih layanan ‘Sekolah’
  3. Pilih lembaga pendidikan yang sesuai
  4. Masukkan nomor ID pelajar
  5. Klik ‘Bayar’ kemudian masukkan PIN GoPay
  6. Bukti transaksi bisa ditemukan di bagian bawah layar dan akan dikirimkan melalui e-mail pengguna.

Hingga saat ini, pembayaran memang belum berlaku untuk seluruh sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya. Namun, Gojek tidak menutup kemungkinan apabila suatu lembaga pendidikan ingin mendaftar sebagai mitra Gojek. Untuk berita lainnya seputar gadget, silahkan Subscribe channel Telegram Dorangadget.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp