Doran GadgetXiaomi kembali merilis produk terbaru selain smartphone di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024. Salah satunya adalah smartwatch Xiaomi Watch S3. Berbeda dari sebelumnya, di seri ini pabrikan mengusung desain yang elegan dan dibekali sejumlah fitur unggulan. Simak selengkapnya di artikel review Xiaomi Watch S3 kali ini.

Spesifikasi Xiaomi Watch S3

Adapun spesifikasi Xiaomi Watch S3 secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Dimensi 47 mm × 47 mm × 12 mm
Bobot 44 gram (tanpa strap)
Panjang Strap 140 – 210 mm
Material Strap Fluororubber
Material Produk Aluminum alloy frame, stainless steel bezel, corning glass
Tipe Layar AMOLED 1.43 inci
Resolusi Layar 466 × 466, 326 PPI
Ketahanan Baterai 486mAh, 15 hari
Ketahanan Air 5 ATM
Fitur NFC Ya (untuk penggunaan di regional tertentu)
Navigasi BeiDou, GPS, GLONASS, Galileo, QZSS
Kompatibilitas Android 8.0 atau iOS 12.0 dan di atasnya

Baca juga: Mengintip Kecanggihan Mobil Listrik Xiaomi SU7, Segini Harganya!

Keunggulan dan Fitur yang Dimiliki

Ada beberapa fitur dan keunggulan dari Xiaomi Watch S3 yang membuatnya jadi salah satu smartwatch terbaik di tahun ini. Mulai dari segi desain, baterai, hingga fitur untuk pemantau kesehatan dan olahraga. Dilansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Xiaomi Watch S3 (6)
sc: Hello Xiaomi

Xiaomi Watch S3 menggabungkan desain elegan dan teknologi modern. Layarnya yang besar berukuran 1,43 inci AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 600 nits. Bingkai aluminium alloy yang ringan membuat jam pintar ini nyaman dipakai di pergelangan tangan. Bezel dan strap bisa dipasang dan dilepas dengan mudah untuk diganti sesuai dengan fashion pengguna.

Smartwatch ini juga tersedia dalam berbagai warna dan material. Termasuk di antaranya Chrome Yellow, Ocean Blue, Dual-tone Ceramic, dan pilihan Rainbow yang memukau. Ada pula fitur ketahanan air 5ATM. Dengan begitu, membuatnya lebih aman dan nyaman ketika terkena percikan air, keringat, dan berenang di permukaan kolam.

Baca juga: Review Xiaomi Smart Band 8: Harga 500-Ribuan Fitur Lengkap

2. Review Xiaomi Watch S3 – Ketahanan Baterai

Review Xiaomi Watch S3 (5)
sc: Xiaomi

Review Xiaomi Watch S3 selanjutnya adalah mengenai ketahanan baterainya. Sebab, baterai adalah poin penting kedua setelah desain yang menjadi unggulannya. Xiaomi mengklaim bahwa jam tangan ini dapat bertahan hingga 15 hari dengan sekali pengisian daya. Tak sampai di situ saja, Xiaomi Watch S3 menggunakan teknologi pengisian cepat terbaru yang dikembangkan oleh pabrikan.

Bahkan, dengan pengisian selama 5 menit saja, baterai dapat terisi penuh dan bisa diandalkan untuk pemakaian jam tangan selama dua hari. Tentu, fitur pengisian cepat terbaru membantu pengguna dalam kondisi darurat seperti saat dalam perjalanan maupun aktivitas outdoor.

3. Fitur Pemantau Kesehatan dan Olahraga

Review Xiaomi Watch S3 (1)
sc: Xiaomi

Tak hanya mengedepankan dari segi desain yang ditampilkan secara elegan saja, Xiaomi rupanya juga memperhatikan fitur pemantau kesehatan dan olahraga. Disebutkan dalam laman resminya, ada sekitar 150+ mode olahraga yang bisa dipilih. Dimana mode tersebut terhubung dengan sistem dual band untuk pemantauan rute lari. Lalu, ada juga mode untuk bermain ski bagi para profesional.

Pihak pabrikan juga menyematkan modul 12-channel Heart Rate Monitoring. Hal tersebut diklaim mampu meningkatkan akurasi hingga 97.95%. Pemantau kesehatan lainnya meliputi monitor untuk saturasi oksigen, pemantau stress, latihan pernapasan, dan pemantau kesehatan wanita. Begitu juga dengan Sleep Monitoring yang menggunakan algoritma terbaru, sehingga dapat menampilkan data tidur pengguna lebih akurat.

Baca juga: Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7: Apa Saja Perbedaannya?

4. Fitur Pendukung Lainnya

Review Xiaomi Watch S3 (2)
sc: Xiaomi

Performa unggul Xiaomi Watch S3 semakin mumpuni berkat dukungan software HyperOS. Ada berbagai keunggulan dari sistem operasi ini seperti 180+ watch face keren gratis. Kemudian, HyperOS terbaru ini menggabungkan sistem dari MiUI, Mina, Vela, dan CarOS. Itu akan memudahkan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dan fitur untuk membuka smartphone Xiaomi di smartwatch ini. Termasuk dukungan untuk penggunaan telepon.

Untuk navigasi dan pelacakan lokasi, Xiaomi memasang sistem dual-band antena yang bisa mendukung penggunaan lima jenis satelit. Seperti GPS, GLONASS, QZSS, Galileo dan Beidou. Chip L1+L5 GNSS-nya membuat pelacakan semakin akurat. Tak ketinggalan ada juga fitur NFC yang bisa digunakan untuk pembayaran non-tunai di tenant dan regional yang mendukung.

5. Harga Xiaomi Watch S3

Review Xiaomi Watch S3 (3)
sc: Xiaomi

Harga Xiaomi Watch S3 dibanderol berbeda. Dimana harga tersebut didasarkan pada dua tipe yang dipasarkan oleh pabrikan. Yakni versi yang menggunakan eSIM dan versi standar. Melansir dari laman Gizmochina dan Kompas Tekno harga jam tangan ini adalah:

  • Xiaomi Watch S3 versi Standar: 799 Yuan (atau sekitar Rp1.7 jutaan)
  • Xiaomi Watch S3 versi Standar: 999 Yuan (atau sekitar 2.1 jutaan)

Namun, belum ada informasi resmi kapan produk baru ini akan dipasarkan di Indonesia. Sebab, harga tersebut adalah harga jual di Cina. Sebagai catatan, jika dijual di tanah air, maka tentu ada perbedaan harga nantinya. Itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor. Sehingga, berpengaruh terhadap harga jualnya.

Baca juga: Cuma Sebesar Telapak Tangan, Ini Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mini PC

Penutup

Review Xiaomi Watch S3
sc: Xiaomi

Jika meilihat review Xiaomi Watch S3 di atas, dapat disimpulkan bahwa jam tangan pintar ini sangat cocok untuk Anda yang mengedepankan desain stylish sepanjang hari. Tak hanya itu saja, kesehatan pengguna dapat dipantau dengan mudah saat berolahraga dan beraktivitas lainnya secara realtime di mana saja dan kapan saja.

Dapatkan berbagai perangkat pintar dari Xiaomi hanya di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi pejualan Xiaomi di tanah air, kami menjual produk original dan jaminan garansi pabrikan. Ada juga berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di setiap pembelian langsung di store maupun online di website maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>