Doran GadgetBeberapa waktu lalu, Xiaomi merilis smartband terbarunya yakni Xiaomi Mi Band 8 di Cina. Kehadirannya pun seolah meneruskan generasi sebelumnya Xiaomi Mi Band 7 yang rilis tahun 2022 lalu. Apa saja perbedaan dari Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 dari segi fitur dan spesifikasi hingga harganya? Simak selengkapnya di artikel ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7

Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 (5)
sc: Youtube/ Zahir Mobile Review

Adapun perbedaan antara Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 8 Xiaomi Mi Band 7
Material Polycarbonate Polycarbonate
Layar 1.6 inch AMOLED
Always-on display mode
192 x 490 pixel
Kecerahan hingga 600 nit
1.62-inch AMOLED
Always-on display mode
192 x 490 pixel
Kecerahan hingga 500 nit
Sensor PPG heart rate sensor
6-axis motion sensor
SpO2 sensor
Connected GPS
PPG heart rate sensor
3-axis accelerometer
3-axis gyroscope
SpO2 sensor
Connected GPS
Baterai 190mAh
16 hari mode standar
6 hari dengan always-on
180mAh
15 hari mode standar
9 hari dengan mode heavy use
Konektivitas Bluetooth 5.1 Bluetooth 5.2
Ketahanan Air 50 meter 50 meter
Metode Pengisian Daya Magnetic Charging Magnetic Charging
Device yang Mendukung Android 6.0 atau terbaru
iOS 12.0 atau terbaru
Android 6.0 atau terbaru
iOS 10 atau terbaru
Dimensi dan Bobot 48 × 22.5 × 10.99mm
27 gram
46.5 x 20.7 x 12.25mm
25 gram
Warna Bright Black, Light Gold Black, Blue, Orange, Pink, White, Dark Green, Fluorescent Orange, Fluorescent Green, Camouflage Blue, Camouflage Green

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Smartwatch dan Smartband

Fitur dan Perbedaan

Setelah mengetahui spesifikasi Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 secara umum, kini saatnya Anda mengetahui fitur dan perbedaan dari keduanya. Melansir dari berbagai sumber terpercaya seperti Wareable, Android Authority, dan Dignited, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 (1)
sc: Gadgets and Wearables

Perbedaaan pertama yang bisa dilihat adalah desain dan layar. Seri Xiaomi Mi Band 8 memang memiliki lebih besar dan lebar. Begitu juga dengan bobotnya yang sedikit lebih berat dibanding pendahulunya. Namun di sisi Xiaomi Mi Band 8 lebih tipis. Dari segi strapnya, dimana pada seri terbaru ini terhubung di tiap sisi perangkat dan nyaman digunakan. Beda halnya dengan Mi Band 7 yang terkadang mudah terlepas.

Kemudian, pada seri terbaru Xiaomi juga menambahkan tingkat kecerahan hingga 600 nits. Dimana pada Mi Band 7 hanya sampai 500 nits saja. Termasuk pula pada refresh rate yang ditingkatkan dari 30Hz jadi 60Hz. Hal yang sama dari layar keduanya adalah menggunakan tipe AMOLED 1.62 inci.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartband Murah 2023

2. Ketahanan Baterai

Pembeda selanjutnya adalah dari segi ketahanan baterainya. Di sini, Mi Band 7 memiliki baterai dengan kapasitas 180 mAh dan hal itu baik untuk jam tangan pintar berukuran kecil. Sedangkan pada Mi Band 8 mengalami peningkatan dari segi desain baterai, sehingga ini berpengaruh pada desain yang terlihat lebih besar. Termasuk kapasitasnya sebesar 190 mAh.

Dengan peningkatan kapasitas baterai ini, tentu memberikan dampak pada estimasi ketahanannya. Dengan begitu, Mi Band 8 bisa digunakan hingga 16 hari penggunaan reguler dan 6 hari untuk mode always-on. Sementara, Mi Band 7 hanya bisa bertahan hingga 15 hari dan 9 hari untuk pemakaian berat.

3. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 (2)
sc: Android Authority

Bagaimana dengan fitur kesehatan dan olahraganya? Ada hal menarik di sini untuk Mi Band 8, yakni desainnya yang ringkas sehingga penggunaannya bisa diletakkan di sepatu. Ini untuk memberikan pengalaman lebih baik saat berolahraga. Mode olahraganya sebanyak 150 mode dan lebih banyak 20 mode dibandingkan Mi Band 7 yang hanya 130 mode olahraga.

Meski sekilas mengenai fitur olahraga dan pemantau kesehatan tidak jauh berbeda, namun pada Mi Band 8 sensor yang dimilikinya lebih ditingkatkan. Begitu pula dengan peningkatan algoritmanya. Ini membuat pengukuran aktivitas olahraga dan kesehatan pengguna  menjadi lebih akurat dan komprehensif jika dibandingkan dengan Mi Band 7.

Baca juga: 6 Tips Baterai Mi Band Biar Tak Cepat Habis

4. Fitur Lain Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7

Beralih ke fitur lainnya, ada yang sedikit menarik dari teknologi Bluetooth yang digunakannya. Dimana Mi Band 7 menggunakan Bluetooth 5.2, namun justru di seri terbaru Mi Band 8 menggunakan Bluetooth 5.1. Untuk urusan ini, tentu Mi Band 7 lebih baik. Dalam praktiknya, memang perbedaannya tidak begitu signifikan dalam hal keterjangkauan sinyal, frekuensi, dan kecepatan transfer, keduanya hampir sama.

Perbedaan fitur lainnya adalah Xiaomi Band 8 mengunggulkan 6-axis motion sensor dan pada Mi Band 7 menggunakan 3-axis motion sensor. Sayangnya, Mi Band 8 masih belum dibekali dengan pembaruan GPS. Baik Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 kompatibel dengan aplikasi Mi Fitness saat berolahraga.

5. Harga yang Dipasarkan

Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7
sc: Tech Advisor

Terakhir adalah mengenai harga dari keduanya. Dalam hal ini, perbedaannya sebenarnya tidak begitu tinggi. Seperti dilansir dari laman Dignited, harga Xiaomi Mi Band 8 dipasarkan mulai dari 249 Yuan di Cina atau setara dengan Rp530 ribuan untuk seri dengan non-NFC.

Sedangkan Xiaomi Mi Band  8 dengan fitur NFC dibanderol sekitar 299 Yuan atau sekitar Rp640 ribuan. Bandingkan dengan harga Xiaomi Mi Band 7 yang dijual di kisaran harga 199 Yuan atau sekitar Rp400 ribuan. Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah di tingkat distributor beberapa negara. Ini dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak atas bea barang impor yang masuk.

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

Mana yang Tepat untuk Anda?

Xiaomi Mi Band 8 vs Mi Band 7 (3)
sc: Gadgets360

Dari ulasan di atas, jika pengguna menginginkan fitur yang lebih lengkap maka Xiaomi Mi Band 8 jadi pilihan yang tepat. Terlebih dengan berbagai ragam pembaruan yang ada. Termasuk dari ketahanan baterai yang juga ditingkatkan. Namun, tanpa mengesampingkan Xiaomi Mi Band 7, Anda masih bisa memilihnya jika pertimbangannya adalah dari segi budget. Ini karena harganya yang lebih rendah dibanding generasi terbaru dengan fitur yang unggul.

Lantas, kapan Xiaomi Mi Band 8 akan dirilis di Indonesia? Sepertinya kita perlu bersabar Sobat Doran. Apabila melihat dari seri Xiaomi Mi Band 7 yang masuk di bulan Juli 2022, maka kemungkinan generasi terbaru ini akan dirilis pertengahan tahun, atau bahkan bisa berubah dan masih belum ada kabar dari pihak pabrikan.

Sembari menunggu, Anda bisa melengkapi berbagai produk gadget unggulan dari Xiaomi dengan membelinya di Doran Gadget. Selain produk original, kami juga memiliki garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik di waktu tertentu untuk pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>