Doran Gadget – Samsung baru saja meluncurkan Galaxy S24 Ultra, ponsel pintar flagship terbarunya yang mengusung teknologi AI terkini. Ponsel ini menghadirkan berbagai fitur inovatif yang akan mengubah cara Anda hidup dan bekerja. Galaxy S24 Ultra membawa teknologi kecerdasan buatan ke level yang lebih tinggi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang spesifikasi smartphone satu ini, yuk intip review Samsung Galaxy S24 Ultra di sini!

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra
Layar Dynamic LTPO AMOLED 2X, 6.8 inches, 1440 x 3088 pixels, 120Hz, HDR10+, 2600 nits (peak), Corning Gorilla Glass Armor, Always-on display
OS Android 14, One UI 6.1
Chipset Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm)
RAM 12GB
ROM 256GB/512GB/1TB
Kamera Belakang 200 MP, f/1.7, 24mm (wide), 1/1.3″, 0.6µm, multi-directional PDAF, Laser AF, OIS
50 MP, f/3.4, 111mm (periscope telephoto), PDAF, OIS, 5x optical zoom
10 MP, f/2.4, 67mm (telephoto), 1/3.52″, 1.12µm, Dual Pixel PDAF, OIS, 3x optical zoom
12 MP, f/2.2, 13mm, 120˚ (ultrawide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, Super Steady video
Kamera Depan 12 MP, f/2.2, 26mm (wide), Dual Pixel PDAF
Baterai 5000 mAh, 45W wired, PD3.0, 65% in 30 min, 15W wireless, 4.5W reverse wireless
Warna  Titanium Black, Titanium Gray, Titanium Violet, Titanium Yellow, Titanium Blue, Titanium Green, Titanium Orange

Baca juga: Review Samsung Galaxy S24 dan S24+, Banyak Fitur AI Canggih!

Review Samsung Galaxy S24 Ultra

Smartphone yang digadang-gadang punya kemampuan zoom super keren ini memang membuat banyak orang menantikan ponsel satu ini. Terlebih lagi mengingat spesifikasi dan performa yang diberikan oleh Galaxy S23 Ultra kemarin. Karena itulah, berikut ini review Samsung Galaxy S24 Ultra yang wajib Anda ketahui.

Desain 

Review Samsung Galaxy S24 Ultra
sc: samsung

Desain Samsung hampir identik dengan model tahun lalu, bahkan garis antena pada frame pun hampir sama persis. Namun warna baru yang diberikan membuatnya lebih menarik dengan frame titanium yang mengkilap. Galaxy S24 Ultra memukau dengan beragam warna baru yang terinspirasi dari mineral, termasuk Titanium Gray, Titanium Black, Titanium Violet, Titanium Yellow, Titanium Blue, Titanium Green, dan Titanium Orange.

Desain ponsel ini juga mengesankan, dengan bodi berbahan titanium yang kokoh dan tahan lama, serta layar datar 6.8 inci yang cerah dan tajam. Kelebihan lainnya adalah kehadiran S Pen terintegrasi yang presisinya tinggi, memberikan kemudahan untuk berbagai keperluan seperti menulis, menggambar, atau mengedit terutama dengan berbagai fitur AI yang terintegrasi.

Layar

sc: samsung

Samsung Galaxy S24 Ultra menampilkan layar utama Dynamic AMOLED 2X berukuran 6.8 inci dengan resolusi Quad HD+ 3120 x 1440 piksel, memberikan pengalaman visual yang luar biasa. Teknologi layar ini didukung oleh Dynamic LTPO AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz dan dukungan HDR10+, menciptakan tampilan yang sangat imersif dengan tingkat kecerahan puncak 2600 nits.

Inovasi Corning® Gorilla® Armor pada layar mengurangi pantulan dan meningkatkan kejernihan visual, bahkan di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, peningkatan Vision Booster memberikan kontras dan warna yang lebih baik, menghasilkan pengalaman visual yang jelas dan luar biasa.

Dengan rasio layar terhadap bodi sebesar 89.1%, Galaxy S24 Ultra tidak hanya menawarkan tampilan yang luas, tetapi juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Armor. Fitur Always-on display juga hadir untuk memberikan kemudahan akses informasi penting tanpa harus membuka layar utama.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A15 4G dan A15 5G di Indonesia

Kamera 

sc: samsung

Samsung Galaxy S24 Ultra hadir dengan kamera revolusioner yang menggabungkan sensor 200MP dan kecerdasan buatan (AI) terdepan. Ponsel ini siap menjadi pendamping sempurna bagi para kreator konten dan pecinta fotografi dengan kemampuannya merekam gambar dan video dengan detail luar biasa, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Sensor 200MP dan ProVisual Engine

Samsung sekali lagi menaikkan standar di industri smartphone dengan peluncuran Galaxy S24 Ultra, memamerkan kecanggihan dalam fotografi mobile. Perangkat ini menonjolkan pengaturan kamera belakang yang luar biasa, menampilkan lensa wide-angle 200MP yang mengagumkan dengan 2x zoom kualitas optik, lensa ultra-wide 12MP, lensa 50MP dengan 5x zoom optik dan 10x zoom kualitas optik, serta lensa 10MP dengan 3x zoom optik. Kamera depan juga tak kalah mengesankan, dengan kamera selfie 12MP.

Kamera belakang 200MP yang revolusioner, dikombinasikan dengan pemrosesan AI yang canggih, menetapkan standar baru untuk kualitas gambar. ProVisual Engine meningkatkan nada warna, mengurangi noise, dan menghadirkan detail yang rumit, memastikan setiap foto menangkap esensi realitas. ProVisual Engine berprestasi baik dalam fotografi malam, memberikan detail yang jelas bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.

Nightography – Space Zoom

Dengan piksel 1,6x lebih besar dan Tele OIS yang lebih lebar, Galaxy S24 Ultra menangkap keindahan malam hari dengan jernih dan stabil. Bahkan obyek jauh sekalipun tampak menakjubkan dalam foto dan video. Sensor 5x baru dan piksel yang lebih besar juga memastikan detail dan ketajaman lebih baik dari siang hingga malam.

sc: tomsguide

Zoom Optik 10x dan AI Zoom 100x

Kini jarak tidak akan lagi menghalangi Anda untuk mendapatkan gambar yang Anda inginkan. Galaxy S24 Ultra menawarkan zoom optik 2x, 3x, 5x, dan bahkan 10x, plus AI Zoom 100x yang cerdas untuk mendekatkan obyek tanpa kehilangan detail. Tele OIS yang ditingkatkan memastikan pengambilan gambar yang stabil, bebas buram.

Video 8K dengan Zoom Optik 5x

Untuk pertama kalinya di smartphone Galaxy, Galaxy S24 Ultra memungkinkan pengguna merekam video 8k yang mengagumkan dengan zoom optik 5x. Fitur AI Zoom, didukung oleh deep learning, beralih mulus dari zoom 1x hingga 100x, meningkatkan detail pada setiap titik di antaranya. Nikmati pengalaman videografi profesional dengan detail luar biasa.

Super HDR dan Editing AI

Pembaruan Super HDR memberikan pratinjau foto dan video super hidup secara real-time, memastikan pengguna dapat melihat hasil akhir sebelum memotret. Fitur editing AI yang cerdas memungkinkan Anda memindahkan objek dan mengisi ruang kosong secara otomatis, sehingga Anda bisa menyempurnakan foto sesuai keinginan.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M34, Baterai Jumbo!

Chipset 

sc: samsung

Samsung didukung oleh prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 dari Qualcomm, ponsel ini tidak hanya meningkatkan kinerja CPU dan GPU, tetapi juga memperkenalkan teknologi ray tracing untuk bayangan dan pantulan yang hyper-realistis dalam game.

Galaxy S24 Ultra menjamin pengalaman bermain game yang tak tertandingi dengan ukuran ruang uap pendingin (Vapor Chamber) yang hampir dua kali lipat, memastikan pembuangan panas yang efisien untuk grafik yang tetap mulus. Dengan peningkatan signifikan dalam operasi AI sebesar 41%, peningkatan daya GPU sebesar 30%, dan peningkatan kecepatan CPU sebesar 20%, ponsel ini menjadi pilihan utama bagi para gamer yang menginginkan performa terbaik.

Samsung memahami pentingnya memori yang kuat dalam game, sehingga melengkapi Galaxy S24 Ultra dengan 12GB RAM dan opsi penyimpanan dasar 256GB. Ini merupakan peningkatan signifikan dari Galaxy S23 Ultra yang dimulai dengan 8GB RAM. Perangkat ini akan berjalan pada Android 14 dengan One UI 6.1, memberikan pengguna antarmuka yang mulus dan intuitif.

Baterai 

Samsung Galaxy S24 Ultra menawarkan daya tahan baterai sepanjang hari yang luar biasa, memberikan kapasitas besar dan efisiensi energi yang lebih tinggi. Dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh, perangkat ini memastikan Anda memiliki ekstra daya saat dibutuhkan, baik saat bermain game, melakukan editing, multitasking, hingga mengambil video. Performa baterai ini didukung dengan kemampuan untuk menonton video hingga 30 jam dan mendengarkan musik hingga 95 jam

Fitur pengisian daya yang impresif meliputi pengisian kabel 45W dengan dukungan PD3.0, mampu mencapai 65% pengisian dalam waktu 30 menit sesuai yang diiklankan. Selain itu, pengisian nirkabel hadir dengan kecepatan 15W (Qi/PMA), sementara pengisian nirkabel reverse memiliki kecepatan 4.5W. Dengan kombinasi ini, Galaxy S24 Ultra memberikan fleksibilitas dan efisiensi dalam pengelolaan daya baterai, memastikan pengguna selalu siap menghadapi berbagai situasi tanpa khawatir kehabisan daya.

Baca Juga: Samsung Exynos 2400: Jadi Chipset Terbaru untuk Galaxy S24? 

Galaxy AI di Samsung Galaxy S24 Series

sc: Andy Boxall / Digital Trends

Samsung telah memperkenalkan Galaxy AI, seperangkat fitur kecerdasan buatan baru yang tersedia di seri Galaxy S24 terbarunya. Secara keseluruhan, Galaxy AI berjanji untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna, serta mempermudah komunikasi dan pencarian informasi. Berikut ini adalah deretan fitur dari Galaxy AI yang disematkan dalam Samsung Galaxy S24 Series. Berikut selengkapnya. 

1. Chat Assist

Salah satu fitur utama Galaxy AI adalah Chat Assist, yang membantu pengguna menyempurnakan pesan teks mereka sebelum mengirimnya. Chat Assist dapat mengubah nada pesan, menerjemahkannya ke bahasa lain, atau bahkan memeriksa ejaan dan tata bahasa. Ini berguna bagi pengguna yang ingin memastikan pesan mereka jelas, sopan, dan bebas kesalahan.

2. Live Translate

Fitur penting lainnya adalah Live Translate, yang memungkinkan pengguna menerjemahkan panggilan telepon secara langsung dalam 13 bahasa. Ini sangat berguna bagi wisatawan atau pebisnis yang perlu berkomunikasi dengan orang yang tidak berbicara bahasa mereka.

3. Circle to Search 

Samsung memperkenalkan cara baru untuk mencari dengan fitur Circle to Search. Saat menjelajahi media sosial, pengguna dapat mengelilingi objek dengan S Pen atau jari untuk memulai pencarian Google, memberikan informasi instan tanpa meninggalkan aplikasi.Ini cara yang cepat dan mudah untuk menemukan restoran, toko, atau informasi lain tentang objek yang menarik perhatian Anda.

Review Samsung Galaxy S24 Ultra
sc: samsung

4. Note Assist

Samsung Notes, aplikasi pencatatan bawaan, juga ditingkatkan dengan Galaxy AI. Note Assist dapat meringkas, menerjemahkan, dan memformat file dalam aplikasi, serta membuat sampul digital untuk catatan. Ini membantu pengguna mengatur catatan mereka dengan lebih baik dan membuatnya lebih mudah ditemukan.

5. Generative Edit 

Generative Edit adalah fitur menarik yang memungkinkan pengguna memanipulasi dan memindahkan objek dalam foto. Mirip dengan Google Magic Eraser, pengguna dapat menghapus objek yang tidak diinginkan atau bahkan memindahkannya ke lokasi lain dalam gambar. Fitur ini berpotensi membuka kreativitas pengguna dan memungkinkan mereka untuk mengedit foto dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

6. Transcript Assist

Galaxy AI juga menyertakan fitur lain yang berfokus pada peningkatan produktivitas, seperti Transcript Assist yang memberikan transkrip dan ringkasan percakapan yang direkam, dan saran pengeditan yang dapat menghapus pantulan dari foto.

Secara keseluruhan, Galaxy AI terlihat seperti tambahan yang berharga bagi seri Galaxy S24. Fitur-fitur ini berpotensi menghemat waktu dan tenaga pengguna, serta membuka cara baru untuk berinteraksi dengan ponsel mereka. Meskipun beberapa fitur mungkin tampak familiar, Galaxy AI menawarkan kombinasi unik dari alat produktivitas dan kreativitas yang dapat berguna bagi berbagai pengguna.

Fokus Samsung pada produktivitas terlihat dalam fitur AI Galaxy S24, yang bertujuan untuk menyederhanakan tugas, menawarkan pengalaman yang lebih canggih dan efisien bagi pengguna. Saat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi kemampuan Galaxy AI, Seri S24, dengan fitur AI inovatifnya, menjadi pesaing yang mencolok dalam pasar smartphone yang terus berkembang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa fitur, seperti Generative Edit, memiliki potensi untuk disalahgunakan. Pengguna harus berhati-hati saat menggunakan fitur ini dan memastikan bahwa mereka tidak digunakan untuk tujuan yang merugikan orang lain.

Harga Samsung Galaxy S24 Ultra

sc: tomsguide

Galaxy S23 Ultra telah dibuka untuk pemesanan hingga tanggal 6 Februari mendatang dengan harga yang beragam:

  • Galaxy S24 Ultra 12/256 GB seharga Rp 21.999.000
  • Galaxy S24 Ultra 12/512 GB seharga Rp 23.999.000
  • Galaxy S24 Ultra 12/1TB seharga Rp 27.999.000

Selama periode pra-pemesanan, para pelanggan dapat menikmati sejumlah keuntungan, hingga bonus cashback yang tentunya bisa Anda dapatkan dengan melakukan pre order langsung di Samsung Official.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 FE: Spesifikasi, Fitur, dan Harga 

Penutup

Itulah seputar review lengkap Samsung Galaxy S24 Ultra yang wajib Anda ketahui. Smartphone satu ini sudah tersedia untuk dibeli secara pre-order melalui website resminya. Lengkapi koleksi smartphone Samsung dan aksesoris Anda dengan mendapatkannya di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan Samsung Indonesia, kami menjual produk unggulan dengan garansi pabrikan. Raih juga berbagai promo setiap pembelian di store langsung maupun website dan aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>