Doran Gadget Samsung telah mengumumkan versi Fan Edition (FE) baru dari seri flagship Galaxy S23. Banyak penggemar yang kecewa karena tidak adanya model S22 FE, mengingat model FE Samsung dikenal dengan performa dan desain premiumnya yang terjangkau. Galaxy S23 FE juga memiliki beberapa peningkatan dengan harga yang cukup murah. Simak review lengkap Samsung galaxy S23 FE di bawah ini! 

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE 

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE
Layar  Dynamic AMOLED 2X, 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 120Hz, HDR10+, 1450 nits (peak), Corning Gorilla Glass 5
OS Android 13, One UI 5.1
Chipset Exynos 2200 (4 nm) – International
Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm) – USA
RAM 8GB
ROM 128GB/256GB
Kamera Belakang 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), PDAF, OIS
8 MP, f/2.4, 75mm (telephoto), PDAF, 3x optical zoom
12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide)
Kamera Depan 10 MP, f/2.4, 26mm (wide)
Baterai 4500 mAh, 25W wired, PD2.0, 50% in 30 min
Warna  Mint, Cream, Graphite, Purple, Indigo, Tangerine

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy A05 dan Galaxy A05s

Review Samsung Galaxy S23 FE

Versi baru ini memiliki beberapa peningkatan dibandingkan S21 FE, seperti sistem pendingin ruang uap yang lebih besar, pengaturan kamera yang lebih baik, tampilan yang lebih cerah, chip flagship baru, dan lainnya. Nah berikut review lengkapnya yang wajib Anda ketahui. 

1. Desain 

sc: hardwarezone.com

Galaxy S23 FE memiliki desain yang hampir identik dengan Galaxy S23, dengan bingkai aluminium dan Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang. Ponsel ini juga sangat ringan, dengan bobot hanya 7,4 ons. Meskipun desain Galaxy S23 FE tidak terlalu mencolok, ponsel ini memiliki konstruksi yang kokoh dan tahan air IP68, yang merupakan peningkatan dari peringkat IP67 Galaxy A54. Galaxy S23 FE juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik, termasuk ungu dan mint.

2. Layar 

review Samsung Galaxy S23 FE
sc: indiatoday

Ponsel Galaxy Samsung dikenal dengan kualitas layarnya yang luar biasa, dan Galaxy S23 FE tidak terkecuali. Ponsel ini memiliki layar Dynamic AMOLED 2x 6,4 inci dengan warna cerah dan sudut pandang yang lebar. Meskipun tidak memiliki efek iridescence seperti yang ditemukan pada panel Galaxy S23 Ultra, layar Galaxy S23 FE tetap terlihat memukau saat digunakan untuk menonton video atau bermain game.

Potongan kecil untuk kamera depan juga membuat layar Galaxy S23 FE terlihat lebih bersih dan rapi. Selain itu, bezel di sekitar layar juga cukup tipis sehingga tidak mengganggu pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel. Layar Galaxy S23 FE juga memiliki kecerahan yang memadai dan masih dapat dilihat dengan jelas.

Secara keseluruhan, Galaxy S23 FE memiliki layar yang sangat baik dengan kualitas gambar yang memukau dan desain yang modern. Layar ini cocok untuk digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari menonton video hingga bermain game.

3. Kamera 

review Samsung Galaxy S23 FE
sc: hardwarezone.com

Kamera Samsung Galaxy S23 FE adalah peningkatan yang signifikan dari Galaxy S21 FE. Kamera utama 50MP dengan VDIS dan OIS menghasilkan foto yang tajam dan stabil, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Lensa ultrawide 12MP dan kamera telefoto 8MP dengan zoom optik 3x melengkapi setup kamera belakang untuk menangkap berbagai sudut pandang.

Ponsel ini bahkan mampu merekam video 8K pada 24fps, sebuah fitur yang jarang ditemukan pada ponsel kelas menengah. Samsung juga telah menyederhanakan aplikasi kameranya sambil menawarkan lebih banyak opsi, termasuk mode Nightography dan Mode Pro. Kamera selfie 10MP di bagian depan memberikan hasil yang cukup baik untuk selfie dan potret. Selain itu, ada banyak fitur pengeditan dalam aplikasi galeri seperti penghapus objek, filter, dan koreksi warna.

Baca juga: Samsung Exynos 2400: Jadi Chipset Terbaru untuk Galaxy S24? 

4. Chipset 

review Samsung Galaxy S23 FE
sc: gsmarena.com

Samsung Galaxy S23 FE adalah ponsel kelas menengah yang menawarkan spesifikasi yang mengesankan dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini menggunakan antarmuka One UI 5.1 dan sistem operasi Android 13, dan akan mendapatkan empat pembaruan OS dan lima tahun pembaruan keamanan.

Ponsel ini akan tersedia dalam empat warna — Mint, Cream, Graphite, dan Purple. Serta dua warna eksklusif jika dibeli dari Samsung: Tangerine dan Indigo.  Tersedia dalam dua model penyimpanan yang berbeda yaitu 8GB RAM dengan ROM 128GB atau 8GB RAM dan ROM 256GB. 

Ponsel ini ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1, yang merupakan pilihan yang cukup baik untuk tugas sehari-hari. Ponsel ini juga dilengkapi dengan vapor chamber besar untuk meningkatkan performa gaming. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy S23 FE adalah pilihan yang bagus bagi pengguna yang mencari ponsel kelas menengah dengan spesifikasi yang mengesankan dan harga yang terjangkau.

5. Baterai

sc: hardwarezone.com

Galaxy S23 FE dibekali baterai 4,500 mAh yang cukup besar untuk menjaga daya tahan ponsel. Kemungkinan besar, ponsel ini akan bertahan selama lebih dari 10 jam dalam penggunaan normal. Galaxy S23 FE juga menunjukkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan banyak ponsel lain.

Sebagai perbandingan, Galaxy A54 dengan baterai 5.000 mAh mampu bertahan selama 10 jam 20 menit dengan mode adaptif aktif. Dari segi pengisian daya, Galaxy S23 FE memiliki pengisian daya kabel 25W yang disebutkan mampu mengisi ponsel hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Harga Samsung Galaxy S23 FE

sc: samsung

Samsung S23 FE telah dijual secara global, termasuk di Indonesia. Ada dua opsi harga Samsung S23 FE yang ditawarkan, diantaranya:

  • Varian dengan RAM 8GB dan ROM 128GB dijual seharga Rp 8.999.000.
  • Varian dengan RAM 8GB dan ROM 256GB dijual seharga Rp 9.999.000.

Samsung juga menyediakan paket bundel khusus bagi penggemar game dan mereka yang peduli tentang kesehatan dan kebugaran. Dengan menambahkan Rp 1.000.000, Anda dapat memilih paket, antara Health & Wellness atau Gaming Edition. Paket Health & Wellness berisi tambahan Galaxy Buds FE dan Running Belt, sementara paket Gaming Edition mencakup Gaming Controller dan Finger Sleeve.

Baca juga: Perbandingan Xiaomi Mix Fold 3 vs Samsung Galaxy Z Fold

Penutup 

Itulah review Samsung S23 FE yang wajib Anda kamu ketahui. Temukan berbagai smartphone terbaru dari Samsung hanya di Doran Gadget. Semua produk dari Doran Gadget merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini.

Artikel terkait:

>