Drone tahan air terbaik

Doran GadgetPenggunaan drone sejak beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dalam laporan ‘Global Drone Industry Report 2021-2025’ seperti dikutip dari BusinessWire, angka pertumbuhan dan penjualan drone diproyeksikan mencapai 21.01 miliar Dollar. Salah satu drone yang cukup banyak dicari adalah drone tahan air terbaik karena lebih tangguh dan bisa diandalkan di berbagai situasi dan kondisi.

Rekomendasi Drone Anti Air Terbaik

Beberapa pabrikan teknologi pun kini memproduksi drone tahan air terbaik dengan berbagai spesifikasi khusus. Mulai dari fotografi, videografi, hingga keperluan pemetaan pada kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Berikut rekomendasi drone anti air dan tahan air versi Doran Gadget yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. PowerVision PowerEgg X

Drone kamera terbaik - PowerVision PowerEgg X Wizard

Rekomendasi drone tahan air terbaik yang pertama ialah PowerVision PowerEgg X. Dengan mengadopsi teknologi AI Fce Recognition, membuat hasil bidikan kamera lebih akkurat di berbagai sudut. Kemudian, juga dilengkapi teknologi SyncVoice untuk menangkap suara high-fidelity.

Di sektor kamera, menggunakan kamer beresolusi 12MP 4K UHD dengan 3-Axis Gimbal yang membuatnya lebih stabil.  Drone ini dapat terbang di udara selama 30 menit dengan jarak hingga 3.7 mil. Namun, dari segi kecepatannya memang cukup standar yakni 11.2 m/jam. Desain drone pun dirancang lebih ramping dan ergonomis.

Harga PowerVision PowerEgg X: 899$ (Sekitar Rp12 jutaan)

2. Swellpro SplashDrone 4

Drone tahan air terbaik - Swellpro SplashDrone 4

Berikutnya ada Swellpro SplashDrone 4 dengan desain yang cukup tangguh saat hujan. Bodi drone sendiri memiliki sertifikasi ketahanan air IP67, sedangkan pada remote controller-nya sertifikasi ketahanan airnya adalah IP66. Drone ini mampu terbang di udara selama 30 menit dengan jarak maksimal 5 kilometer FCC.

Swellpro SplashDrone 4 menggunakan model qudacopter atau empat baling-baling dan dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 60km/jam. Untuk kameranya juga mampu menangkap foto dan video dengan baik berkat resolusi 1080P.

Harga Swellpro SplashDrone 4: 2.499$ (Sekitar Rp35 jutaan)

Baca juga: 10+ Drone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

3. Drone Tahan Air – Goolsky JJRC H31 Quadcopter

Drone tahan air terbaik - Goolsky JJRC H31 Quadcopter

Drone anti air ketiga yang bisa Anda pilih yakni Goolsky JJRC H31 Quadcopter yang mengusung desain quadcopter. Drone ini memang mudah dioperasikan dan terdapat pelindung baling-baling yang membuatnya lebih aman saat diterbangkan. Namun, ada beberapa kekurangan pada drone ini.

Misalnya saja waktu terbang di udara yang singkat yakni hanya 10 menit saja dengan jarak terbang 100 meter. Begitu pula dengan kecepatannya yang hanya 11m/jam. Lalu, drone juga tak dibekali dengan kamera. Jadi, Anda harus menambahkan kamera secara terpisah.

Harga Goolsky JJRC H31 Quadcopter: 69,99$ (Sekitar Rp1 jutaan)

4. JJRC H71 Waterproof Drone

Drone tahan air terbaik - JJRC H71 Waterproof Drone

Kelima, ada drone JJRC H71 Waterproof Drone dengan kamera 1080P HD. Desain drone nampak keren dengan warna hitam dan putih yang dapat diterbangkan hingga jarak 100 meter. Keunggulannya adalah drone dapat tahan terendam air dalam 1 meter hingga 30 menit tanpa masalah.

Hanya saja, waktu terbang untuk drone ini terbatas hanya 11 menit saja. Anda pun harus mengisi ulang daya baterai hingga penuh setidaknya selama 60 menit. Namun, untungnya pihak pabrikan juga menambahkan baterai tambahan. Lalu, untuk kecepatannya mampu hingga 50 km/jam.

Harga JJRC H71 Waterproof Drone: 88,43$ (Sekitar Rp1.2 jutaan)

5. Parrot Hydrofoil MiniDrone

Drone tahan air terbaik - Parrot Hydrofoil MiniDrone

Parrot Hydrofoil MiniDrone merupakan drone yang cocok untuk pemula dan dibekali dengan VGA Mini Camera 480×640. Untuk mendapatkan hasil foto dan video terbaik, bisa ditambahkan dengan action camera seperti GoPro. Bodinya dirancang untuk proses hydrodynamic dan tahan terhadap getaran sehingga lebih nyaman untuk diterbangkan.

Seperti halnya drone untuk pemula, drone ini hanya memiliki waktu terbang sekitar 9-10 menit saja. Begitu juga dengan jarak terbangnya yang hanya 20 meter saja. Termasuk kecepatan terbang yang sangat standar yakni 6.2m/jam. Keunggulan lain Parrot Hydrofoil MiniDrone adalah memiliki ketahanan air hingga 10 menit.

Harga Parrot Hydrofoil MiniDrone: 469$ (Sekitar Rp6 jutaan)

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Lensa Drone Mengembun

6. Drone Tahan Air – Prodrone PD4 AW

Drone tahan air terbaik - Prodrone PD4 AW

Keenam yakni Prodrone PD4 AW produksi brand drone asal Jepang, Prodrone. Waktu terbang drone ini sekitar 40 menit di udara dengan kabel yang bisa terhubung dengan ground station dan kerennya, drone PD4 AW bisa mengambil gambar yang ada di dalam air.

Jarak terbang drone ini mampu mencapai hingga 5 kilometer dan Anda pun dapat menambahkan action camera GoPro untuk proses pengambilan gambar terbaik. Mengadopsi model empat baling-baling, drone ini cukup ringkas namun untuk bobotnya memang cukup berat yakni 2.4 kilogram.

Harga Prodrone PD4 AW: 6.500$ (Sekitar Rp85 jutaan)

7. DJI Matrice 30

dji matrice 30 (6)

Terakhir ada drone anti air dan tahan air terbaik dari DJI yakni DJI Matrice 30. Drone ini memiliki perlindungan ketahanan air dengan sertifikasi IP55. Bahkan drone ini dapat dioperasikan pada suhu ekstrem sekalipun mulai dari -20° sampai 50° Celcius. Kameranya menggunakan sensor CMOS 1/2 inchi dengan resolusi 48MP.

Tak hanya itu, drone ini juga memiliki fitur teknologi laser yang bisa mengunci koordinat dengan tepat hingga 1.2 kilometer. Untuk seri DJI Matrice 30T terdapat kamera thermal. Ketahanan baterainya pun cukup tangguh dan drone dapat dipoerasikan di udara selama 41 menit dengan jarak tempuh 7 kilometer FCC.

Harga DJI Matrice 30:  9.999$ (Sekitar 143 jutaan)

Baca juga: Mengenal DJI Matrice 30, Drone Tangguh di Segala Kondisi Cuaca

Drone Tahan Air Terbaik Pilihan Anda

dji matrice 30 (1)

Setidaknya itulah 7 rekomendasi drone tahan air yang bisa dijadikan referensi. Mana yang terbaik untuk Anda sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan. Jika digunakan untuk keperluan pemetaan secara detail, maka rekomendasinya adalah DJI Matrice 30. Namun, untuk desain terbaik dan kokoh, maka SwellPro SplashDrone 4 cukup banyak dipilih.

Selain sesuai kebutuhan, pastikan Anda membeli drone di tempat terpercaya. Hal ini penting agar mendapatkan barang original dengan kualitas terbaik beserta aksesorisnya. Termasuk garansi resmi dari pabrikan beserta proses klaim yang mudah.

*Dapatkan informasi menarik seputar drone lainnya dari Doran Gadget di sini atau follow Instagram kami.

Artikel terkait:

>