Ini Perbedaan Fitur Jam Tangan Instinct vs Instinct Tactical vs Instinct Solar

instinct vs instinct tactical

Dorangadget.comGarmin belum lama ini merilis jam tangan terbaru mereka dengan seri Fenix dan Instinct. Garmin seri Instinct sendiri sampai saat ini memiliki 3 tipe yaitu Garmin Instinct, Garmin Instinct Tactical dan Garmin Instinct Solar sebagai varian terbaru. Setiap tipe tersebut memiliki perbedaan terutama dari fitur jam tangan Garmin.

Dalam artikel ini kita akan fokus membahas perbedaan jam tangan Garmin Instinct, Garmin Instinct Tactical dan Garmin Instinct Solar. Sehingga Anda bisa memilih mana jam tangan yang cocok untuk Anda. Namun sebelum itu Anda harus mengetahui berbagai fitur Garmin Instinct terlebih dulu.

1. Fitur Garmin Instinct

Jam tangan Garmin Instinct dibuat dengan standar militer AS MIL-STD-810G untuk ketahanan, kejut dan ketahanan terhadap air sampai kedalaman 100m. Untuk petualangan juga dilengkapi dengan built in kompas 3 sumbu, altimeter barometric dan ditambah dengan sistem satelit navigasi global, yakni GLONASS, Galileo dan GPS. Sehingga tetap bisa digunakan pada medan yang sulit.

jual garmin original

Beberapa fitur utama dan kelebihan dari jam tangan Garmin Instinct ini Adalah:

  • Bisa memantau detak jantung saat Anda mengenakannya ketika olahraga.
  • Bisa memantau stres, aktivitas dan history Anda.
  • Memiliki fitur Trackback untuk navigasi Anda kembali ketitik awal dengan rute yang sama.
  • Kapasitas baterai bisa bertahan selama 14 hari untuk mode smartwatch. 14 jam untuk mode GPS dan 35 jam untuk mode ultra trac.

2. Perbedaan Fitur Garmin Instinct dan Instinct Tactical

Garmin Instinct Tactical merupakan seri diatas Instinct. Dari segi fisik, jam tangan Garmin Instinct dengan Instinct Tactical sekilas memang tidak terlalu terlihat. Namun cukup banyak pembaruan yang dilakukan dalam segi fitur untuk jam tangan Instinct generasi pertama dan kedua. Beberapa perbedaan diantaranya seperti:

Fitur Pelacakan Aktivitas Garmin Instinct Tactical

Dalam fitur pelacakan aktivitas, terdapat fitur keamanan dan pelacakan live track yang tidak ada pada Garmin Instinct. Fitur keamanan dan pelacakan live track ini bisa sangat membantu ketika Anda dalam bahaya. Untuk menggunakannya, perangkat Garmin Anda harus memiliki penerima GPS untuk menggunakan Live Track, yang perlu Anda ingat bahwa tidak semua fitur di Live Track kompatibel dengan semua perangkat Garmin.

Lalu apa manfaat dan gunanya fitur live track ini?

  • Fitur live track akan sangat membantu ketika Anda sedang dalam masalah ketika mengadakan perjalanan. 
  • Karena secara otomatis jam tangan akan mengirimkan pesan dan lokasi kepada kontak yang sudah Anda pilih.
  • Fitur Live Track juga memungkinkan Anda untuk berbagi informasi secara real time tentang aktivitas dan lokasi Anda dari perangkat Garmin.
  • Untuk pengaturan Live Track dapat ditemukan melalui menu aplikasi Garmin Connect.

Fitur Taktis

fitur smartwatch Garmin

  • Mode Stealth, adalah mode yang memungkinkan Anda tidak terdeteksi oleh siapapun ketika mode ini diaktifkan. Mode stealth secara otomatis akan mematikan GPS position sharing, koneksi wireless dan komunikasi.
  • Mode penglihatan malam, memungkinkan cahaya pada layar jam tangan menjadi redup dan tidak mengganggu pandangan.
  • Koordinat jaringan Ganda, yaitu fitur untukk Sinkronkan lokasi Anda dengan orang lain dengan melihat baik universal transverse mercator atau UTM dan sistem referensi grid militer atau MGRS pada layar yang sama.
  • Jumpmaster, yaitu fitur mengitung titik rilis ketinggian sesuai dengan pedoman militer sambil menavigasi ke tujuan Anda setelah Anda melompat.
  • Koordinat GPS dua format, fitur yang memudahkan melihat titik koordinat.
  • Proyeksi Waypoint, yaitu fitur untuk mengetahui jalan kembali. Seperti membuat titik arah untuk menandai lokasi kendaraan Anda sebelum memulai perjalanan. Jadi akan memudahkan ketika hendak kembali.

Fitur Pelatihan, Perencanaan dan Analisis

  • Physio TrueUp, fitur Physio TrueUp yakni fitur yang memungkinkan Anda beralih antara perangkat yang kompatibel sambil tetap menyinkronkan data penting seperti, VO2 maks, Recovery Time, Training Status, Training Load, Race Predictor, Widget, Olahraga Terakhir, Last Run / Ride / Swim Widgets, Weekly and Monthly totals.

Baca: 10 Rekomendasi Smartwatch Garmin Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

3. Kelebihan Fitur Jam Tangan Garmin Instinct Solar Dengan Instinct Tactical

jual smartwatch garmin

Garmin Instinct Solar membawa beberapa pembaharuan dari Garmin Instinct Tactical. Fitur-fitur serta pergantian parts dilakukan untuk semakin mempermudah dan membuat nyaman pengguna Smartwatch Garmin. Beberapa perbedaan Garmin Instinct Solar yakni:

Pergantian Parts

  • Lensa kaca, Jam tangan Garmin Instinct Solar sudah menggunakan kaca anti gores untuk lensanya dari yang sebelumnya berupa kaca yang diperkuat.
  • Daya tahan baterai, Daya tahan baterainya juga sudah mengalami peningkatan. Dalam mode smartwatch mampu bertahan selama 24 hari sampai 30 hari. Sedangkan untuk versi jam Garmin Instinct Tactical bisa bertahan 14 hari.
  • Menggunakan tekonologi Garmin solar, Dengan teknologi solar yang bisa mengubah cahaya menjadi energi memungkinkan baterai bisa tahan sampai waktu yang tak terhingga.

Penambahan Sensor

  • Sensor Pulse Oximetry. Sensor ini berfungsi untuk mengukur seberapa baik tubuh Anda dalam menyerap oksigen.

Fitur Pelatihan, Perencanaan & Analisis

  • Mode Daya, yaitu memungkinkan Anda untuk mengatur penggunaan baterai sesuai dengan aktivitas. Dengan begitu, konsumsi baterai bisa lebih hemat karena hanya untuk fitur yang Anda butuhkan saja.

Fitur Rekreasi Luar Ruangan

  • Mode Surf, yakni mode untuk Anda yang menyukai olahraga air seperti selancar, mode surf akan memberikan informasi tentang air laut dan akan memberitahu bagaimana kondisi pantai. Dengan fitur ini Anda akan mengetahui kapan waktu terbaik berkunjung ke pantai.
  • Pemantau detak jantung, yakni kemampuan dalam memantau detak jantung meskipun sedang didalam air. Sensor detak jantungnya akan tetap bekerja.

Baca: Perbandingan Jam Tangan Garmin Premium – Garmin Forerunner 945 VS Garmin Fenix 6

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan jam tangan Garmin Instinct vs Instinct Tactical vs Instinct Solar. Anda bisa memilih jam tangan mana yang sekiranya cocok dan bisa membantu dalam aktivitas. Jika Anda ingin hidup sehat dan memiliki tubuh yang bugar, maka Garmin Instinct sudah cukup. Namun jika Anda menginginkan fitur yang canggih dan memiliki aktivitas yang menantang, maka pilihannya adalah Instinct Solar.


Untuk mendapatkan Smartwatch Garmin favorit Anda dengan harga spesial. Kunjungi promo Garmin sekarang juga sebelum terlambat. Barang dijamin original dengan garansi resmi selama dua tahun.

× Whatsapp