Doran GadgetDrone dengan ukuran yang ringan dan ergonomis jadi pilihan sebagian besar orang untuk menangkap objek gambar dan video dari ketinggian. Hal itu karena bobotnya yang ringan dan manuver mudah diatur. Salah satunya adalah drone DJI Mini 3 Pro.

Namun, sebagaimana dilansir dari laman DroneDJ, ada kendala yang dihadapi oleh pengguna. Yakni drone cepat panas atau overheat. Lantas, apa penyebab DJI Mini 3 Pro overheat? Bagaimana mengatasi hal tersebut? Berikut ulasannya yang dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Penyebab DJI Mini 3 Pro Overheat

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab DJI Mini 3 Pro overheat. Untuk mengetahuinya, cek terlebih dahulu pada komponen drone tersebut. Perlu diingat, seri Mini 3 Pro jadi salah satu drone yang ringan sampai saat ini. Ringannya bobot tersebut tentu ada sebagian komponen yang ‘dikorbankan’ pihak pabrikan agar beban drone berkurang.

Misalnya saja pada sistem pendingin dengan kipas khusus tidak disematkan di drone ini. Selain mengurangi bobot, tidak adanya sistem pendingin ini akan meningkatkan masa pakai drone dan mengurangi daya konsumsi baterainya. Namun, sebagai gantinya DJI menggunakan sistem Heat Sink pada bagian bawah drone. Yakni, sistem pendingin yang menggunakan baling-baling untuk mengurangi panas selama diterbangkan.

Di sisi lain, penyebab DJI Mini 3 Pro overheat adalah pada saat yang bersamaan, pengguna mengaktifkan berbagai fitur. Atau ketika merekam video dan pengambilan foto dengan resolusi tinggi. Inilah yang membuat daya kerja drone semakin tinggi, sehingga berdampak pada tingginya suhu di komponen-komponen tertentu. Kemudian, suhu drone dapat naik atau mudah panas ketika diterbangkan di bawah terik matahari secara langsung dengan waktu cukup lama.

Baca juga: 5 Masalah Drone yang Sering Terjadi dan Solusinya

Mengatasi DJI Mini 3 Pro Overheat

Untuk mengetahui penyebab DJI Mini 3 Pro overheat, pihak pabrikan pun melakukan pengujian drone tersebut di dalam ruangan dengan suhu sekitar 25° Celcius. Kemudian, menenetukan waktu standby drone. Dengan begitu, dapat mengetahui sejauh mana waktu maksimal pengoperasian drone agar tidak cepat panas. Sebab, ketika melebihi waktu operasional maka drone akan mati secara otomatis untuk mencegah panas berlebih.

Berdasarkan pengujuan tersebut, berikut waktu yang ideal dalam mengoperasikan drone agar tidak cepat panas berdasarkan daya kerjanya:

  • Mode standby di darat: ±22 menit
  • Waktu untuk memperbarui firmware: ±19 menit
  • Menggunakan mode QuickTransfer sesaat setelah diaktifkan: ±35 menit
  • Menggunakan mode QuickTransfer setelah mendarat: ±35 menit

Meski begitu, ada cara lain untuk mengatasi drone DJI Mini 3 Pro dari overheat. Salah satunya mendinginkan dengan kipas angin meja pada saat update firmware. Lalu, mengeluarkan SD Card saat proses transfer data. Anda juga dapat mendinginkan drone dengan cara mendiamkannya kurang lebih selama 20 menit. Kemudian, lepas baterai drone dan keluarkan setelah diterbangkan.

Baca juga: Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2

Penutup

Penggunaan drone yang baik memang diperlukan untuk menjaga dan menghindari penyebab DJI Mini 3 Pro overheat. Oleh karena itu, gunakanlah drone sesuai dengan kebutuhan dan keperluan. Jangan lupa untuk selalu mengecek berbagai komponen penting di dalamnya. Jika ada kerusakan, gantilah komponen dengan suku cadang original.

Anda bisa mendapatkan drone DJI beserta aksesorisnya di Doran Gadget yang merupakan official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Semua produk yang dijual original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, nikmati juga kemudahan berbelanja dan promo menarik di waktu tertentu. Hubungi CS kami via WhatsApp dan follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang sedang berlangsung.

Artikel terkait: