Manfaat DJI Dock - FI

DJI IndonesiaSejak beberapa tahun belakangan teknologi drone telah memberikan manfaat di berbagai sektor industri. Khususnya untuk monitoring, pemetaan, hingga inspeksi. Namun, ada dua tantangan yang dihadapi yakni biaya pilot dan kemampuan operasi. Oleh karena itu, kini hadir stasiun penerbangan drone otomatis seperti DJI Dock sebagai solusi. Lantas, apa saja manfaat DJI Dock ini? Simak ulasannya berikut!

Apa Itu DJI Dock?

sc: DJI

DJI Dock merupakan stasiun drone untuk mengendalikan penerbangan secara otomatis. Adapun drone yang mendukung dengan sistem ini adalah DJI Matrice 30. Jadi, perangkat ini bisa digunakan untuk tempat landing, take-off, hingga pengisian daya baterai drone yang dilakukan secara otomatis.

Tak hanya itu saja, perangkat dapat diandalkan di berbagai kondisi selama 24/7 non-stop. Keunggulan tersebut didukung oleh sertifikasi IP55 sehingga bisa dioperasikan pada suhu antara -35° sampai 50° Celcius. Bobotnya sekitar 90 kilogram dengan dimensi kurang dari 1m2.

Jarak jangkau penerbangan drone pun menjadi lebih baik yakni sejauh 7 kilometer dengan waktu penerbangan 40 menit setiap misinya. Pilot drone dapat melakukan pengaturan dan penjadwalan kapan drone akan terbang dan landing secara otomatis. Kemudian melakukan pemantauan dalam bentuk live streaming melalui remote atau controller.

Baca juga: Ini Dia DJI Dock: Box Khusus untuk Drone dengan Fitur Canggih

Manfaat DJI Dock untuk Solusi Industri dan Pelayanan Publik

Penggunaan DJI Dock sangat cocok untuk berbagai industri di Indonesia. Khususnya bagi kawasan Industri yang luas maupun berada di lokasi dengan kondisi geografis yang beragam. Sebagaimana dilansir dari laman Halo Robotics berikut beberapa manfaat DJI Dock yang perlu Anda ketahui:

1. Maanfaat dalam Dunia Konstruksi

Manfaat DJI Dock (1)
sc: Halo Robotics

Bagi industri yang bergerak di sektor konstruksi, pemantauan progress terhadap suatu proyek wajib dilakukan secara berkala. Di sini, yang perlu dilakukan adalah pemetaan 3D terkait kondisi bangunan. Di samping itu juga memantau sejauh mana pengawasan berjalan dengan baik dan meningkatkan kepatuhan.

Dalam hal ini, DJI Dock mampu disetting melakukan penerbangan secara otomatis dengan waktu tertentu hingga mencapai tahapan tertentu. Dengan begitu, dapat membantu Anda dalam melakukan pengawasan dan mendapatkan visual yang up to date tanpa harus melakukan setting secara manual.

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Infrastruktur dan Konstruksi

2. Penggunaan untuk Inspeksi

Manfaat DJI Dock (2)
sc: Airworks

Manfaat DJI Dock selanjutnya adalah membantu Anda dalam melakukan inspeksi di sektor infrastruktur. Terlebih lagi jika inspeksi tersebut dilakukan di area yang berbahaya dan ekstrem. Begitu pun ketinggian yang sulit dijangkau dengan cara konvensional. Misalnya saja inspeksi pada saluran kelistrikan atau menara SUTET, jalur rel kereta api, jembatan, dan lainnya.

Sistem DJI Dock dapat berjalan secara otomatis dan sistematis. Jadi, Anda cukup melakukan pengaturan penerbangan di command center dan pantau area dari pemetaan 3D drone yang terbang. Hal ini akan membuat proses inspeksi lebih aman, meminimalisir risiko, dan kerusakan pada aset segera diketahui. Dampak jangka panjangnya adalah dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk maintenance.

3. Manfaat DJI Dock untuk Pemantauan Lingkungan

Manfaat DJI Dock (3)
sc: Heliguy

Polusi udara, banjir, dan masalah lingkungan lainnya memang perlu perhatian ekstra pada saat melakukan pemantauan. DJI Dock setidaknya dapat membantu dalam mengatasi hal tersebut. Sebagai contoh pemantauan dalam kebocoran gas beracun, kebakaran hutan pemantauan udara secara berkala.

Monitoring bisa dilakukan menggunakan dukungan drone DJI M30T Dock Version dan perangkat Sniffer4D. Dimana perangkat mampu mendeteksi sembilan jenis gas dengan kategori berbahaya. Anda bisa menggunakanya di sektor industri tambang dan migas. Tentu, ini akan mengurangi risiko terburuk dan mencegah terjadinya kebakaran hingga kecelakaan.

Baca juga: 7 Manfaat Drone untuk Industri Minyak dan Gas

4. Manfaat DJI Dock untuk Keamanan dan Pelayanan Publik

Manfaat DJI Dock
sc: Fstoppers

Selain untuk industri, manfaat DJI Dock juga memberikan andil besar di ranah pelayanan publik. Khususnya penggunaan dalam bidang penegakan hukum dan keamanan di area atau objek vital nasional (obvitnas) selama 24/7. Contohnya adalah untuk penggunaan pada misi pencarian dan penyelamatan (SAR) saat terjadi bencana.

Proses evakuasi tanpa memiliki data lapangan yang akurat cukup berisiko. Apalagi jika areanya sulit dijangkau karena terhalang puing dan lainnya. Oleh karena itu, DJI Dock hadir sebagai solusi untuk penerbangan drone secara otomatis dari posko dan melaporkan secara live saat mendeteksi objek dan subjek. Dari sinilah dapat dijadikan pedoman bagi tim penyelamat untuk mengambil langkah yang harus dilakukan dengan tepat.

5. Efisiensi dan Akurasi Lebih Baik

sc: DJI

Manfaat yang terakhir dari menggunakan sistem penerbangan drone ini adalah meningkatkan efisiensi. Sebab, DJI Dock bisa dapat mendaratkan, mengisi daya, dan lepas landas drone secara otomatis. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga manusia, yang dapat dihabiskan untuk tugas-tugas lain.

Di samping itu, dilengkapi dengan sistem navigasi dan pemetaan canggih untuk memastikan drone mendarat dan lepas landas secara akurat. Terlebih untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat dalam bentuk model 3D dan dukungan dari software fleet management DJI FlightHub 2.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

Penutup

sc: DJI

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa DJI Dock memberikan banyak manfaat dan solusi terbaik bagi industri. Terutama industri dalam skala besar dan memiliki sumber daya yang luas. Penggunaan ini tentu akan menghemat waktu dan biaya sehingga lebih efisien sepanjang hari.

Tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang DJI Dock untuk industri Anda? Silakan hubungi admin Doran Gadget untuk konsultasi seputar produk dan pengadaan. Sebagai mitra resmi  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, DJI Banjarmasin, dan DJI Bandung, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×