Garmin Watch – Bagi para atlit atau orang yang suka berolahraga khusunya olahraga lari, pasti sangat senang dengan hadirnya jam tangan khusus untuk pelari yang bisa memberikan track record hasil pelatihan mereka. Karena itulah, Garmin Forerunner 45 & 245 hadir dengan fokus untuk memberikan fitur training dan tracking lebih baik untuk pelari. Lantas apa perbedaan antara Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245? Simak selengkapnya berikut ini! 

Perbandingan Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245

 Perbandingan   Forerunner 45  Forerunner 245
 Tipe  Sporty / Fitness Smartwatch  Fitness / GPS Smartwatch
 Ukuran Layar   1,04 inci  1,2 inci
 Resolusi Layar   208 x 208 pixels   240 x 240 pixels
 Bahan Case   Thermoplastic   Fiber-reinforced polymer 
 Water Resistant  Ya, 5ATM  Ya, 5ATM
 Swim-proof   Ya  Ya
 Warna   Merah, Hitam   Hitam, Aqua, White
 Internal Storage  200 jam aktivitas data  4GB 
 Baterai   7 hari mode smartwatch, 13 jam mode GPS  7 hari mode smartwatch, 24 jam mode GPS
 GPS  GPS, GLONNAS, G alileo   GPS, GLONNAS, G alileo 
 Notifiacation   Email, SMS, Calls Alert, Event Reminder, Weather, Third-party apps  Email, SMS, Calls Alert, Event Reminder, Weather, Third-party apps
 Fitness Tracking   Sleep Tracking, Steps, Heart Rate Monitor, Calories, Distance, Stress, VO2 Max, Swim Tracking, Preloaded Sports Modes, Safety Tracking  Menstrual Cycle Tracking, Triathlon mode, Sleep Tracking, Steps, Heart Rate Monitor, Calories, Distance, Stress, VO2 Max, Swim Tracking, Preloaded Sports Modes, Safety Tracking
 Music   No   Streaming, Bluetooth, Storage mp3/mp4
 Sensor   Accelerometer, Heart Rate Monitor   Accelerometer, Heart Rate Monitor, Compass, Ambient Light, Pulse Oximeter
 Fitur Lainnya  Music Control, Find Phone  Music Control, Find Phone, Control Camera, Text Response

Baca juga: Seperti Ini Tampilan Smartwatch Garmin Forerunner 20 Tahun Lalu

Penjelasan Perbedaan Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245 

Keduanya memiliki desain casual yang hampir mirip, dimana FR 245 hadir dalam warna hitam atau berry, sedangkan untuk FR 45 dengan warna hitam atau lava red. Selain desainnya, mari simak perbedaan keduanya berikut ini! 

Layar & Baterai 

Layar FR 245 sedikit lebih besar 1,2 inci dibandingkan FR 45 1,04 inci. Untuk resolusi layarnya, Forerunner 245 juga memiliki resolusi yang lebih baik dengan (240×240 pixels) dibandingkan FR 45 (208x20x pixels).

Untuk baterainya 245 memiliki ukuran lebih besar yaitu hingga 24 jam dalam mode GPS, sedangkan Forerunner 45 hanya bisa bertahan selama 13 jam dalam mode GPS. Sedangkan untuk penggunaan biasa dalam mode smartwatch, keduanya bisa bertahan hingga 7 hari. 

Activities 

Ada berbagai macam aktivitas yang terdapat di dalam keduanya. Dalam satu waktu pengguna bisa memuat hingga 6 akivitas tracking yang berbeda dalam satu waktu. Aktivitas itu termasuk cardio and elliptical training, yoga, hingga strength. Untuk sleep tracking sendiri sudah bisa dibreakdown ke dalam 4 tahap yaitu deep, light, REM, dan awake. 

Running 

Fitur ini merupakan training tools khusus untuk atlit lari maupun orang-orang yang gemar berolahraga lari. Pengguna bisa menentukan tipe lari mereka melalui smartwatch sekaligus mengimprove keakurasian dari fitur run tracking yang ada. Untuk Forerunner 245 memiliki fitur run, walk, indoor track, treadmill, dan trail running mode. FR 45 juga memiliki semua fitur tersebut kecuali trail running modes. 

Baik Forerunner 45 vs Forerunner 245, keduanya sudah dibekali dengan GPS di dalam jam tagan yang mampu merekam jejak lari di luar ruangan dengan akurasi yang tepat. Hal ini dikarenakan Garmin sudah menggunakan GPS dan GLONASS yang memungkinkan untuk mendapatkan akurasi yang lebih tepat. Belum lagi keduanya menghadirkan matrik yang bisa membantu penguna untuk melihat rekam jejaknya saat berlari termasuk jarak, pace, waktu, dan irama lari. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melihat rata-rata dan ukuran maksimal detak jantung mereka setelah berlari, aerobic dan anerobic training effect.

Baca juga: Bocor Lagi, Ini Rumor Garmin Forerunner 955

Cycling & Gym 

Keduanya juga bisa digunakan untuk melacak hasil dari latihan bersepeda yang bisa dipilih dari dua opsi yaitu biking atau indoor biking. Anda bisa melacak jarak, waktu, putaran, hingga kecepatan rata-rata dan maksimal.

Sedangkan untuk gym, Garmin Forerunner 45 & Forerunner 245 bisa disesuakian dengan aktivitas pengguna sekaligus dengan goals yang diinginkan. Sehingga pengguna akan mendapatkan pengitungan otomatis untuk strength conditioning. Kemudian terdapat status pengguna juga seperti body battery dan stress level untuk melacak energi penggunanya. Keduanya mampu mengestimasi VO2 max untuk mengkalkulasi fitness age bagi pengguna.

Swimming 

Baik Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245, keduanya bisa digunakan untuk latihan berenang. Dimana Forerunner 45 & 245 mampu berada di bawah air sedalam 50 meter. Meskipun begitu Forerunner 45 tidak memiliki swim tracking mode. Sedangkan FR 245 hanya bisa membantu menghitung basic stats. Namun perlu diingat keduanya tidak bisa digunakan untuk in-depht swim training atau untuk menyelam. 

FR 245 bisa digunakan hanya untuk tracking olahraga renang di kolam renang saja dan tidak bisa digunakan untuk open water swimmer seperti berenang di laut. Untuk di kolam renang, pengguna akan mendapatkan metrik yang meliputi distance, pace, stroke count/rate, calories burned, dan swim efficiency (SWOLF). Selain itu, jam tangan Garmin juga bisa langsung mengetahui ggaya berenang pengguna seperti freestyle, backstroke, beaststroke, dan butterfly strokes. 

Fitur Lainnya 

Selain fitur untuk aktivitas olahraga di atas, ada beberapa perbedaan mencolok yang ada pada Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245. Diantara lainnya seperti kompas yang ada di FR 245 namun tidak ada di FR 45. Kemudian untuk heart rate monitor yang sebenarnya hampir identik untuk fitur di kedua smartwatch, namun ternyata memilki sedikit perbedaan dimana sensor Pulse Ox hanya ada di versi FR 245. Fitur Pulse Ox ini sendiri bisa digunakan untuk melihat seberapa baik jantung memompa oksigen ke seluruh tubuh. 

Kemudian untuk 3-axis accelerometer pada keduanya sangat akurat shingga mampu membantu tracking secara akurat saat pengguna berlari dan dikalibrasikan dengan GPS. Ada juga Garmin Coach yang memungkinkan pengguna untuk mengcustom workout yang akan dipakainya. 

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series

Dapatkan Garmin Forerunner di Doran Gadget 

01. jam tangan garmin, Forerunner 245

Itulah perbedaan Garmin Forerunner 45 vs Forerunner 245 yang wajib Anda ketahui. Dari ulasan lengkap di atas, mana yang jadi pilihan terbaik Anda? Apapun pilihannya, Anda bisa mendapatkan Garmin Forerunner 45 & Garmin Forerunner 245 original di Doran Gadget selaku toko resmi Garmin. Lakukan pembelian melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini untuk mendapatkan point cashback. Silahkan hubungi call center kami di nomor 087834601568 untuk informasi lebih lanjut.

Artikel terkait:

× WhatsApp