HP Tahan Banting

Doran GadgetHP tahan banting menjadi smartphone penting bagi Anda dengan mobilitas tinggi. Pasalnya, selain digunakan untuk komunikasi smartphone tersebut tahan terhadap berbagai kondisi. Bahkan untuk kondisi ekstrem sekaligus. Terutama untuk aktivitas yang berisiko tinggi dengan benturan maupun aktivitas outdoor. Beberapa HP pun dilengkapi dengan standar militer tinggi dan uji benturan maupun uji banting berkali-kali, sehingga kualitasnya sudah tak diragukan lagi.

Rekomendasi HP Tahan Banting

Berikut beberapa HP terbaik yang diklaim tahan terhadap benturan maupun jatuh dari ketinggian lebih dari 10 meter sekalipun di permukaan yang keras.

1. Sonim XP6

HP Tahan Banting - Sonim XP6

Pertama ada Sonim XP6, nama smartphone ini memang kurang begitu terdengar di Indonesia. Brand asal Amerika Serikat tersebut memiliki sejumlah smartphone tahan banting yang sering digunakan untuk aktivitas outdoor. Ketahanannya pun teruji dengan standar militer tinggi dan tidak mengalami masalah ketika mengalami benturan lebih dari dua meter sekalipun.

Kemudian, dari segi dapur pacunya unggul berkat dukungan Qualcomm MSM8926. Ditopang pula dengan Snapdragon 400 Quad-Core 1.2GHz. Namun, kekurangannya adalah memiliki RAM cukup kecil yakni hanya 1GB saja. Sementara, kapasitas baterainya cukup tangguh dengan kapasitas 4,800 mAh.

2. CAT S50

HP Tahan Banting - CAT s50

Berikutnya adalah CAT S50 yang juga tidak kalah tangguh dan tahan dari benturan saat terjatuh dari lantai lima di gedung bertingkat. Sertifikat standar militer yang dikantonginya adalah MIL-STD-810G. Untuk bagian layarnya, semakin aman dan kuat berkat dukungan dari Corning Gorilla Glass 3.

Prosesor dari CAT S50 menggunakan Qualcomm MSM8926 dan dapur pacu dari Snapdragon 400 Wuad-Core 1.2 GHZ. Kameranya pun memiliki dukungan resolusi tinggi yakni 8MP dan ada kamera VGA. Lalu, segi baterainya cukup mumpuni di kisaran daya 2.630 mAh.

3. HP Tahan Banting – Kyocera Duraforce

HP Tahan Banting - Kyocera Duraforce

Smartphone asal Jepang memang cukup kalah dengan smartphone asal Tiongkok di Indonesia. Salah satunya adalah Kyocera, padahal pabrikan ini memiliki HP tahan banting seperti seri Duraforce. Ketahanan bantingnya memang tak perlu diragukan, bahkan smartphone masih bisa berfungsi saat terjatuh dari tingkat lima sebuah gedung.

Standarisasi militer yang dimilikinya adalah MIL-STD-810G. Begitu pula dengan dapur pacunya yang andal berkat dukungan Snapdragon 400 SoC Quad-Core 1,4 GHz. Meski memiliki daya tahan tangguh, smartphone ini dibanderol dengan harga terjangkau saja di kisaran sekitar Rp2 jutaan saja.

Baca juga: Rekomendasi HP Buatan Jepang Tahun 2022 dengan Spek Canggih

4. Conquest S6

HP Tahan Banting - CONQUEST S6

HP lainnya yang tidak begitu populer di tanah air adalah Conquest S6. Meskipun tidak populer, sebenarnya HP ini memiliki daya tahan tinggi terhadap benturan dan daya bantingnya. Jadi, Anda masih bisa menggunakannya meskipun ponsel terjatuh dari ketinggian gedung lima lantai sekalipun.

Dapur pacu yang disematkannya adalah MediaTek MT6732 ARM dengan ditopang oleh Cortex-A53 Quad-Core 1.5GHz. Kameranya pun mumpuni dengan resolusi 5MP dan 13 MP. Harganya pun jika dirupiahkan tak sampai 5 jutaan, yakni pada kisaran 4 jutaan saja.

5. Blackview BV6000

HP Tahan Banting - Blakcview BV6000

Ponsel satu ini pun juga diklaim sebagai salah satu yang memiliki ketahanan tinggi. Bahkan, pengguna tak perlu hawatir seberapa tinggi Blakcview 6000 ini dilemparkan, tetap aman dan dapat dioperasikan dengan normal.

Dapur pacu dari smarphone ini pun tak main-main. Yakni dengan mengadopsi GPU ARM Mali T-860 Octa Core 64 bit 2.0GHz. Prosesornya menggunakan MTK6755 dan memiliki RAM sebesar 3GB. Kameranya sendiri memiliki resolusi 13MP dan juga 5MP. Harganya pun terjangkau di kisaran Rp3 jutaan untuk smartphone berkapasitas baterai 4,500 mAh.

6. HP Tahan Banting – Motorola Droid Turbo

HP Tahan Banting -Motorola Droid Turbo

Dari berbagai seri yang dikeluarkan oleh Motorola, Droid Turbo-lah yang diklaim memiliki ketahanan paling tangguh. Hal ini dibuktikan dengan adanya dukungan material terbaik seperti sport fiber DuPont Kevlar pada bodinya. Sedangkan pada bagian layarnya memiliki perlindungan utama dari Corning Gorilla Glass 3 dan glass fiber. Dengan begitu, mampu bertahan saat jatuh dari lantai lima sekalipun.

Di sektor dapur pacunya pun dirasa sangat tangguh dan sepadan dengan desain bodi yang dimilikinya. Yakni, menggunakan Snapdragon 805 Quad-core 2.7GHz dan dukungan GPU Adreno 420.

Baca Juga: 7 Rekomendasi HP 1 Jutaan 2022 dengan Spek Mumpuni

7. Sony Xperia Z2

HP Tahan Banting - Sony Xperia Z2

Ada anggapan jika smartphone produksi Sony ringkih dan mudah rusak. Anggapan seperti itu perlu dikesampingkan. Sebab, Sony memiliki smartphone dengan ketahanan banting sangat tinggi yakni Sony Xperia Z2. Disebut-sebut, HP ini bisa tahan banting dari lantai lima sebuah gedung. Termasuk uji coba dengan menggunakan hammer atau palu masih bisa dioperasikan.

Beralih ke ‘jeroannya’ juga dapat diandalkan dan tak kalah dengan smartphone lainnya. Yakni menggunakan dapur pacu Snapdragon 801 dengan Quad-core 2.3GHz dan dukungan dari GPU Adreno 330. Termasuk dengan RAM 3GB cukup mumpuni untuk hiburan.

8. Samsung Galaxy Xcover 5

HP Tahan Banting - Samsung Galaxy Xcover 5

Tahukah Anda jika Samsung pun memproduksi HP tahan banting di seri Galaxy? Ya, tepatnya Galaxy Xcover 5 dengan sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810H dan didukung dengan ketahanan air IP68. Dengan begitu mampu bertahan di genangan air dengan kedalaman 1,5 meter kurang lebih 30 menit. Desain smartphone ini memang nampak bulky dengan perbandingan rasio dari bodi dengan layar 67,7%.

Meski begitu, bobot baterainya tidak terlalu berat, yakni sekitar 172 gram. Bahkan, bobot tersebut dinilai lebih rendah dibanding flagship paling baru saat ini. Smarphone semakin andal dengan dapur pacu Exynps 850 (8nm). Kemudian, dari segi kamera pun cukup mumpuni dengan resolusi 5MP pada kamera depan dan 16MP di kamera belakangnya.

9. HP Tahan Banting – Ulefone Armor 11T 5G

HP Tahan Banting - Ulefone 11T 5G

Selama ini pabrikan smartphone asal Tiongkok dikenal sebagai produsen HP flagship dengan harga terjangkau. Brand Ulefone mematahkan anggapan tersebut. Sebab, pabrikan asal Negeri Tirai Bamun juga memproduksi smartphone dengan ketahanan tinggi seperti Ulefone Armor 11T 5G.

Sertifikasi militer yang dimilikinya yakni MIL-STD-810G yang mampu jatuh di permukaan keras hingga 1,2 meter. Di sektor layar sudah mengadopsi resolusi HD+. Kethanan airnya ada di level tertinggi dengan mengusung IP69K. Sayangnya, untuk pita jaringan 5G-nya masih belum digunakan di Indonesia. Dapur pacunya mengadopsi Dimensity 800 5G.

Baca Juga: 6 Pilihan HP Terbaru Januari 2022

10. Nokia XR20

HP Tahan Banting -Nokia XR20

Terakhir ada Nokia XR20, pabrikan ini memang kurang populer untuk smartphone di Indonesia. Namun, siapa sangka pernah meluncurkan HP tahan banting Nokia 800 Tough di tahun 2019 lalu. Bulan Agustus 2021, Nokia merilis kembali smartphone untuk outdoor keduanya XR20. Casing yang dimilikinya tak tanggung-tanggung dengan mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer yakni MIL-STD-810H.

Bagian layar semakin tangguh dengan adanya perlindungan dari Gorilla Glass Victus yang diklaim sebagai yang terkuat saat ini. Untuk ketahanan air dan debunya adalah IP68. Jaringannya sudah kompatibel untuk 5G dan masa pakai hingga empat tahun. Termasuk pula patch keamanan yang bisa diperbarui setiap bulan. Dapur pacunya mengandalkan Snapdragon 480.

Penutup

Sobat Doran, itulah beberapa HP tahan banting yang cukup banyak diminati. Di Indonesia sendiri, sayangnya produk-produk tersebut masih jarang. Namun, Anda bisa membelinya melalui pihak ketiga maupun yang khusus menyediakan smartphone impor. Hanya saja, perlu cukup bersabar sebab prosesnya pun terkadang tidak semudah membeli smartphone yang dijual bebas pada umumnya di tanah air.

Meski begitu, apapun smartphone yang Anda miliki ada baiknya untuk menjaganya dengan benar agar aman dari benturan ketika digunakan. Selain itu, lengkapi pula aksesorsis gadget terbaik yang bisa dibeli di Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS di WhatsApp dan ikuti berbagai informasi menarik lainnya dari dari kami di Instagram, Telegram, dan YouTube.

Artikel terkait:

× WhatsApp