Doran GadgetPOCO kembali merilis smartphone seri terbarunya di jajaran HP dengan jaringan 5G yakni POCO X5 5G. HP ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun kebutuhuan dalam bermain gaming mobile. Lantas, berapa harga POCO X5 5G yang dijual di Indonesia dan spesifikasi maupun fitur unggulan yang dimilikinya? Simak ulasannya dalam artikel yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi POCO X5 5G

Sebelum beranjak pada harga POCO X5 5G di Indonesia ada baiknya Anda untuk mengetahui spesifikasi HP ini terlebih dahulu. Berikut adalah spesifikasi POCO X5 5G secara umum yang perlu Anda ketahui saat membelinya sebagaimana dilansir dari laman resmi POCO, Detik Inet, dan sumber lainnya:

Dimensi 165.88 × 76.21 × 7.98 mm
Layar Super AMOLED 6.67 inchi
1080 x 2400 pixel
Corning Gorilla Glass 3
Refresh Rate 120Hz
Peak Brightness 1200 nits
Bobot 189 gram
Dapur Pacu Snapdragon 695 (Android 12)
RAM 6/8 GB + RAM Virtual hingga 5 GB
Penyimpanan Internal 128/256 GB + microSD
Kamera Depan 13MP (f/2.0)
Kamera Belakang 48MP (f/1.8), ultra-wide 8 MP (f/2.2) dan makro 2MP (f/2.4), LED flash
Tipe Kartu SIM Dual Nano SIM
Fitur Tambahan Sensor fingerprint di samping, sensor infrared, 3.5mm audio jack, IP53
Kapasitas Baterai 5.000 mAh (Fast Charging 33W)
Konektivitas 5G SA, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 ac (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.1, GPS + GLONASS, USB Type-C, NFC
Warna Rp3.4 jutaan – Rp3.9 jutaan
Harga Black, Green dan Blue

Baca juga: Ini Perbandingan POCO X5 dan POCO X5 Pro!

Fitur POCO X5 5G

Selain fitur, hal lainnya yang penting untuk diketahui adalah mengenai fitur-fitur yang ada di POCO X5 5G. Baik itu dari segi desain, layar, kamera, baterai, dan lainnya. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

1. Desain Smartphone

Pertama dari segi desain, POCO X5 5G mengusung desain lightweight yang diklaim lebih ringan dengan bobot 189 gram saja dan lebih tipis hanya 7.98 mm. Mengusung warna dengan tema yang cerah, membuat HP ini semakin ikonik dan menambah pengalaman yang nyaman bagi pengguna. Terutama dalam durasi penggunaan yang cukup lama.

Di pasaran Indonesia, smartphone ini hadir dalam tiga pilihan warna yang berbeda. Yakni Black, Green, dan Blue. Selain itu, memiliki sertifikasi IP53 yang membuatnya tahan terhadap semburan air dan debu saat digunakan.

Baca juga: 5 Pertimbangan Saat Beli HP Baru Agar Tak Salah Pilih

2. Fitur Layar

Selanjutnya adalah dari segi layar yang dimilikinya. Panel yang digunakan adalah jenis AMOLED dengan ukuran 6.67 inchi. Kecerahan layar semakin jelas dengan adanya resolusi yang sudah full H dan 100% DCI-P3. Hal itu akan membuat warnanya lebih terang dan lebih banyak serta kecerahannya yang tinggi. Bahkan, kecerahannya hingga 1.200 nits dan memb8uatnya nampak jelas meskipun berada di bawah paparan matahari langsung.

Beralih ke tingkat refresh rate-nya, POCO X5 5G memiliki refresh rate 120Hz. Tentu, ini akan membuat pengguna merasakan pergerakan lebih halus. Khususnya saat digunakan bermain game maupun nonton video favorit. Ditambah lagi touch sampling rate 240Hz yang membuat respon sentuhan dengan lebih cepat dan lebih presisi. Selain itu, juga ada fitur low blue light yang membuat mata lebih nyaman.

3. Spesifikasi dan Fitur Kamera

Dalam memilih HP terbaik, selain harga POCO X5 5G hal yang wajib dipertimbangkan adalah dari segi kamera. POCO mengusung tema #xcitingalaways pada kamera yang disematkan kali ini. Slogan tersebut bukan isapan jempol belaka, sebab terdapat AI triple kamera Ultra-HD 48MP pada kamera utama.

Kemudian, untuk sektor kamera ultra-wide angle memiliki resolusi 8MP. Sedangkan kamera makronya beresolusi 2MP. Di bagian kamera depan terdapa kamera selfie dengan resolusi 13MP yang berada di punch hole. POCO sendiri mengklaim dengan resolusi tersebut dapat mengoptimalisasi warna dan hasil gambar luar biasa.

Baca juga: 20 Rekomendasi HP Kamera Terbaik untuk Anda yang Instagramable

4. Kapasitas dan Ketahanan Baterai

Kapasitas dan ketahanan baterai pun menjadi pertimbangan penting lainnya. Kapasitas baterai POCO X5 5G sebesar 5000 mAh. Meskipun berdaya besar, ukuran dan desain baterai cukup compact. Dengan begitu, membuat baterai bisa tahan hingga 2 hari untuk penggunaan standar harian. Seperti ditulis di laman POCO, ketahanan baterai masing-masing penggunaan adalah:

  • 20+ jam untuk waktu telepon
  • 13+ jam untuk main game online
  • 21+ jam untuk nonton video
  • 192+ jam untuk mendengarkan musik

Baterai juga mendukung untuk pengisian cepat (fast charging) 33W dengan teknologi MMT. Hal itu akan membuat baterai dapat terisi hingga 50% dalam waktu kurang dari 30 menit.

5. Chipset dan Penyimpanan

Bagaimana dengan dapur pacu dan penyimpanannya? POCO X5 5G dibekali dengan Snapdragon 695 5G. Chipset ini diproses TSCM 6nm dan dikolaborasikan dengan Cortex-A78. Inilah yang membuat dapur pacu ini memberikan performa yang unggul untuk penggunaan harian maupun multitasking.

Sementara itu, untuk RAM-nya mampu hingga kapasitas 13GB. Dimana kapasitas tersebut terbagi atas 8GB RAM utama dan 5GB RAM tambahan dari fitur Dynamic RAM Expansion 3.0. Lalu untuk kapasitas memori internalnya sebesar 256GB dan bisa diperluas lagi menggunakan tambahan microSD sampai dengan 1TB.

Baca juga: Urutan Prosesor Snapdragon Terendah Hingga Tertinggi

6. Koneksi dan Fitur Lainnya

Tak cukup sampai di situ saja, POCO X5 5G mendukung untuk berbagai frekuensi maupun mode. Hal itu membuat konektivitasnya semakin luas. Mulai dari sub-6Ghz dan juga mode SA maupun NSA. Koneksi yang cepat tersebut dapat memberikan kecepatan download hingga 2.5Gbps.

Fitur unggulan lainnya adalah fitur pembayaran virtual atau NFC. Kemudian, juga ada IR Blaster yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat elektronik. Untuk audionya, terdapat jack dengan ukuran 3.5mm  yang sudah mendukung Hi-Res untuk output suara audio terbaik.

7. Harga POCO X5 5G

Terakhir adalah mengenai harga POCO X5 5G. Di Indonesia, harga smartphone ini berbeda dan tergantung pada kapasitas penyimpanannya. Adapun harga yang dibanderol adalah:

  • 3.4 jutaan (6GB+5GB/128GB)
  • 3.9 jutaan (8GB+5GB+256GB)

Smartphone ini mulai dijual di pasaran Indonesia per tanggal 24 Februari 2023 dan dapat dibeli di offline maupun online di distributor maupun toko POCO resmi.

Baca juga: 100+ HP dengan Extended RAM Terbaru 2023

Penutup

perbedaan poco x5 dan x5 pro

Dari ulasan di atas, dapat dilihat jika harga POCO X5 5G cukup terjangkau untuk kelas HP middle di Indonesia. Terlebih lagi dengan spesifikasinya yang cukup mumpuni untuk penggunaan aktivitas sehari-hari. Baik untuk menunjang pekerjaan maupun aktivitas hiburan atau entertainment lainnya. Seperti bermain game, mendengarkan musik, nonton video, dan sebagainya.

Kini, Anda bisa mendapatkan HP POCO terbaik di Doran Gadget dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan. Lengkapi pula HP Anda dengan aksesoris gadget terbaik agar lebih nyaman saat digunakan.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>