Doran Gadget – Xiaomi 13 Pro yang rencana awalnya akan dirilis pada awal Desember harus ditunda karena berpulangnya Mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China, Jiang Zemin. Hal ini diumumkan secara resmi oleh Xiaomi melaui situs Weibo. 

“Dengan kerendahan hati kami mengumumkan bahwa peluncuran Mi 13 series akan ditunda. Kami akan segera menginformasikan jadwal peluncuran terbaru kepada Anda sesegera mungkin. Terimakasih atas pengertian dan dukungannya,” tulis keterangan Xiaomi dikutip dari KompasTekno. 

Jadwal sebelumnya, smartphone flagship satu ini akan rilis pada 1 Desember 2022 dan dalam kesempatan yang sama Xiaomi rencananya akan mengumumkan antarmuka terbaru yaitu MIUI 14. 

Baca juga: Fitur MIUI 14 di HP Xiaomi Terbaru: Bakal Hadir Tanpa Iklan?

Spesifikasi Xiaomi 13 Pro 

Xiaomi 13 Pro

Seperti pendahulunya, Xiaomi 13 akan hadir dalam dua model yaitu versi reguler dan pro. Versi Pro akan menjadi versi tertinggi dari seris satu ini. Kabarnya Xiaomi 13 Pro ini akan hadir menggunakan panel LTPO AMOLED 6,73 inci dengan refresh rate 120Hz. Sudah menggunakan layar HDR10+ dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. 

Sistem operasinya sudah menggunakan Android 13 dan menggunakan antarmuka MIUI terbaru yaitu MIUI 14 yang didukung dengan chipset terbaru dari Snapdragon 8 gen 2 yang memiliki fabrikasi 4 nm. Kecepatan prosesor itu didukung dengan RAM 8GB/12GB dan GPU Adreno 740. Untuk memori internalnya terdiri dari 128GB/256GB/512GB. 

Konfigurasi kameranya sudah dibekali dengan lensa buatan Leica. Sensor kamera utamanya menggunakan sensor wide 50.3MP dengan Dual Pixel PDAF, Laser AF, OIS. Didukung dengan sensor ultrawide 50MP, dan telephoto 50MP yang sudah bisa digunakan untuk 2x optical zoom. Kamera utamanya mampu mengambil video hingga [email protected] Sedangkan kamera depannya menggunakan sensor wide 32MP. 

Baterainya menggunakan kapasitas 4.800mah dengan fast charging 120W dan 50W untuk wireless. Terdiri dari warna Gray, Blue, Purple, dan Green. Kemudian Xiaomi mengkonfirmasi bahwa HP ini akan diproduksi menggunakan nano-leather yang memungkinkan smartphone untuk tahan lebih lama dan tidak mudah kotor. 

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Xiaomi Kamera Terbaik

Harga Xiaomi 13 Pro 

Xiaomi 13 Pro

Dilansir dari situs berita China CLS, harga Xiaomi 13 akan naik sekitar 15-20% dibanding Xiaomi 12 kemarin. Maka harga Xiaomi 13 Pro kira-kira akan dibandrol seharga 4.500 yuan atau setara dengan Rp9,8 jutaan. Jika masuk ke Indonesia maka kemungkinan besar harga akan lebih mahal ditambah biaya bea dan lain-lain. 

Masih belum tahu kapan Xiaomi 13 series ini akan diluncurkan secara resmi, namun mengingat awalnya sudah akan dirilis awal Desember ini maka kemungkinan besar waktu peluncuran tidak jauh-jauh di bulan Desember 2022 atau Januari 2023. 

Baca juga:Perbandingan Xiaomi 12 vs Xiaomi 13, Mana yang Lebih Unggul?

Penutup

Itulah perkiraan spesifikasi dan harga dari Xiaomi 13 Pro. Mari kita tunggu tanggal rilisnya, Bagi Anda yang ingin membeli berbagai smartphone dari Xiaomi kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp