GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black - FI

Doran GadgetGoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black jadi perbincangan hangat para pecinta action camera GoPro. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah mana yang terbaik? Tentu untuk menjawab keduanya, perlu diketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang dimilikinya. Khususnya bagi Sobat Doran yang masih bingung menentukan pilihan. Oleh karena itu, simak ulasan selengkapya dalam artikel kali ini.

Spesifikasi GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black

Spesifikasi GoPro Hero 12 (7)
sc: GoPro

Mengenai spesifikasi dari GoPro Hero 12 Black dan GoPro Hero 11 Black secara umum sebagaimana dikutip dari website resminya adalah seperti pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi GoPro Hero 12 Black GoPro Hero 11 Black
Dimensi 71.8 x 50.8 x 33.6 mm 71.8 x 50.8 x 33.6 mm
Bobot 154 gram 154 gram
Ukuran Rear Layar 2.27″ Touch LCD 2.27″ Touch LCD
Layar Depan 1.4″ Color LCD 1.4″ Color LCD
Ketahanan Air 10 meter (33FT) tanpa menggunakan case pelindung
60 meter (196FT) dengan menggunakan case pelindung
10 meter (33FT) tanpa menggunakan case pelindung
60 meter (196FT) dengan menggunakan case pelindung
Kapasitas Baterai Removable 1720mAh Enduro Battery Removable 1720mAh Enduro Battery
Mode Video Video
HDR Video
Looping Video
Video
Looping Video
Aspek Rasio Video 16:9
9:16
4:3
8:7
8:7
4:3
16:9
HDR Video 5.3K (16:9) 30/25/24 fps
4K (8:7) 30/25/24 fps
4K (16:9) 60/50/30/25/24 fps
Format Video H.265 (HEVC) H.265 (HEVC)
Mode Foto Standard Photo, Burst Photo, Night Photo Standard Photo, Burst Photo, Night Photo
Format Foto SuperPhoto, HDR, Standard, RAW SuperPhoto, HDR, Standard, RAW
Interval Foto 0.5s, 1s, 2s, 3s, 5s, 10s, 30s, 60s, 120s
Aksesoris Tambahan dan Aplikasi Integrated 1/4-20 Mounting
Remote
Waterproof Shutter Remote
Volta
Quik App
Remote
Volta
Quik App

Baca juga: 7 Kamera GoPro Terbaik yang Cocok untuk Bikin Vlog

Perbedaan GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black

Untuk mengetahui perbedaan dari kedua action camera terbaik ini, kita perlu melihat spesifikasi fiturnya satu per satu. Mulai dari desain kamera, kualitas video dan foto, dukungan audio, dan fitur pendukung lain. Begitu pun mengenai harga yang dipasarkan di Indonesia berikut ini.

1. Desain Kamera

GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black (1)
sc: Pocket Lint

Dari segi desain kamera, keduanya memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Di sini, GoPro masih mempertahankan desain dari sebelum-sebelumnya sebagai ciri khasnya. Baik dari segi dimensi, bobot, hingga tata letak tombol maupun layar yang pada perangkat. Semuanya tidak ada perbedaan berarti.

Akan tetapi, jika pengguna lebih teliti maka satu hal yang jadi perubahan mencolok adalah GoPro Hero 12 Black tampil lebih fresh. Yakni terdapat aksen biru pada bagian permukaannya. Ini cukup berbeda dengan dari model sebelumnya. Perlu diingat, ini hanyalah perubahan dari segi desain dan aksen saja. Secara keseluruhan, khususnya performa tidaklah berhubungan.

Baca juga: Review Spesifikasi GoPro Hero 11 – Hadirkan Fitur HyperSmooth 5.0

2. Kualitas Gambar dan Video

GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black
sc: YouTube/KT Reviews

Berikutnya adalah mengenai kualitas foto dan videonya. Baik GoPro Hero 11 Black dan GoPro Hero 12 Black memiliki sensor 8:7 dengan ukuran 1/1.7 inci. Keduanya dapat menangkap gambar dan video dengan resolusi dan kecepatan yang sama. Sehingga, baik foto maupun video yang dihasilkan terlihat memiliki kualitas yang sama. Kemudian, ada lensa hidrofobik yang membuat hasil bidikan di dalam air tetap tajam dan jernih.

Walaupun sama, GoPro Hero 12 Black dapat menghadirkan format 8:7 ini di berbagai mode video yang dijalankan. Mulai dari TimWarp, TimeLapse, Night Lapse, dan Night Effects. Dengan begitu, Anda pun akan mendapatkan hasil dengan pandangan lebih luas di berbagai kondisi dan situasi.

Tak cukup sampai di situ, GoPro Hero 12 Black memiliki profil warna GP Log. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan pengubahan warna dengan pilihan yang lebih beragam ketika proses editing. Khususnya jika dibandingkan dengan profil GoPro Flat sebelumnya.

3. Dukungan untuk Audio

Spesifikasi GoPro Hero 12 (5)
sc: El Output

GoPro menyadari pentingnya dukungan audio yang lebih baik, portable, dan ringkas pada perangkat kamera aksinya. Hal ini terlihat dengan adanya koneksi untuk Apple AirPods, headphone,dan mikrofon menggunakan model nirkabel berteknologi Bluetooth di GoPro Hero 12 Black.

Keunggulan ini akan memudahkan pengguna saat melakukan perekaman, khususnya vlog, dan membuat video naratif dengan kontrol penuh menggunakan voice commands dari berbagai sisi. Ini sangat berbeda dengan GoPro Hero 11 Black, dimana pengguna masih harus menggunakan tambahan mikrofon eksternal ke kamera dengan input 3.5mm.

Pembaruan menarik lainnya di GoPro Hero 12 Black yakni adanya mounting threads berukuran 1/4–20. Itu artinya, dapat dipasang kan dengan mudah pada perangkat kamera lain seperti tripod hingga aksesoris pendukung lainnya seperti Extension Pole sepanjang 48 inci dan Remote Shutter tahan air.

Baca juga: Spesifikasi GoPro Hero 12: Baterai Lebih Tahan Lama!

4. Fitur Pendukung Lainnya

sc: Pocket Lint

Perbedaan mendasar lainnya dari antara GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black adalah dari segi fitur pendukungnya. Sebagai generasi penerus yang otomatis mendapatkan sejumlah pembaruan, beberapa fitur unggulan yang tak ada di sebelumnya antara lain fitur HDR Video untuk menghadirkan kualitas video hingga 5.3K30 dan klaim baterai yang lebih lama hingga 2.5 jam.

Bila ingin video dengan layar reguler bisa menggunakan mode Wide Screen. Sementara, untuk video yang diupload di media sosial, pilih 4K60 Vertical Capture dengan hasil yang imersif. Lalu, untuk keperluan video full frame dapat disinkronkan dengan aplikasi bawaan yakni Quik App. Sehingga, memudahkan pengguna merekam dari berbagai sisi dengan proses editing tanpa waktu lama. Termasuk sinkronisasi menggunakan software pendukung seperti Adobe Premiere Pro lebih baik.

GoPro Hero 12 Black juga mendapatkan update untuk sistem stabilisasi. Yakni menggunakan HyperSmooth 6.0 dan AutoBoost. Dimana fitur ini diklaim mampu 4x lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya atau HyperSmooth 5.0. Keunggulannya adalah membuat proses perpindahan atau transisi menjadi lebih smooth.

5. Harga GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black

Spesifikasi GoPro Hero 12 (1)
sc: Notebook Check

Terakhir yakni perbedaan dari segi harga. Untuk harga ini, perbedaan bisa dikarenakan adanya fitur-fitur yang dimilikinya. Adapun harga GoPro Hero 11 Black ada tiga pilihan paket yang dijual yakni:

Sementara itu, untuk harga GoPro Hero12 Black di antaranya:

Sebagai catatan, harga di atas bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan harga terakhir dan terbaru sebelum membelinya.

Baca juga: Klaim Garansi Produk GoPro, Begini Caranya!

Mana yang Tepat untuk Anda?

GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black
sc: Trusted Reviews

Dari pembahasan beberapa fitur antara GoPro Hero 12 Black vs GoPro Hero 11 Black di atas, mana yang layak untuk dipilih? Hal ini tergantung pada kebutuhan. Jika menginginkan penggunaan dengan peningkatan fitur, GoPro Hero 12 Black adalah pilihan. Karena adanya penambahan fitur seperti profil color Log, sinkronisasi waktu, hingga dukungan audio danbaterai lebih lama.

Di sisi lain, apabila pertimbangannya dari segi harga yang lebih murah maka GoPro Hero 11 Black dapat dijadikan pilihan. Meski begitu, fitur-fiturnya juga tak kalah unggul. Apalagi jika Anda menggunakan GPS untuk mendukung pengoperasiannya. Lalu, dari segi baterai, fitur kamera dan lainnya juga tak kalah lengkap.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menyambungkan GoPro ke HP

Penutup

Apapun pilihan Anda, selain sesuai dengan kebutuhan penggunaan pastikan membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang jadi mitra resmi GoPro Surabaya, GoPro Jakarta, GoPro Bandung, GoPro Semarang, GoPro Bali, GoPro Manado, dan GoPro Banjarmasin. Semua produk yang kami jual merupakan barang originial dengan garansi resmi pabrikan dan harga bersaing.

Tak hanya itu, dapatkan pula berbagai promo menarik untuk tiap pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Khusus untuk pembelian di aplikasi Doran Gadget, kumpulkan poin Anda sebanyak mungkin untuk bisa ditukarkan dengan produk. Informasi lebih lanjut, hubungi admin kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

×