Garmin Instinct 2 vs Fenix 7

Garmin WatchGarmin Instinct 2 vs Fenix 7 menarik untuk disimak dari segi perbedaan fitur dan spesifikasinya. Mengingat, kedua jam tangan keluaran terbaru Garmin ini cukup banyak diminati sejak diluncurkan pada awal tahun 2022 ini. Apa saja perbedaan yang paling mencolok keduanya? Berikut ulasannya yang dihimpun tim Doran Gadget.

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 – Spesifikasi Umum

harga garmin fenix 7 (3)

Sebelum melihat perbedaan dari segi fitur yang dimiliki oleh kedua jam tangan terbaru dari Garmin ini, ada baiknya Anda untuk mengetahui spesifikasinya secara umum terlebih dahulu seperti yang disebtukan di laman resmi Garmin maupun Mighty Gadget berikut:

 Spesifikasi       Garmin Instinct 2  Fenix 7
 Material Lensa  Chemically-strengthened glass, Power glass  Corning Gorilla Glass DX, Power Glass
 Material Bezel  Fibre-reinforced polymer  Stainless Steel
 Material Case  Fibre-reinforced polymer  Fibre-reinforced polymer with metal rear cover.
 Material Strap  Silicone  Silicone, Leather, Metal
 Dimensi  45 x 45 x 14.5 mm
 40 x 40 x 13.3 mm
 47 x 47 x 14.5 mm
 42 x 42 x 14.1 mm
 Tipe Layar  Monochrome, sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)  Monochrome, sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)
 Sensor  Optical heart rate, SpO2, barometric altimeter, compass, accelerometer, thermometer  Optical heart rate, SpO2, barometric altimeter, compass, accelerometer, thermometer
 Ketahanan Air  10 ATM  10 ATM
 Koneksi Jaringan  Bluetooth, ANT+  –
 Koneksi Satelit  GPS/GLONASS/GALILEO  GPS/GLONASS/GALILEO
 Edisi  Standard, Camo, Tactical Surf, Dezl, Esports  Standard, Solar, Sapphire Solar

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Harga Garmin Fenix 7

Perbedaan Garmin Instinct 2 vs Fenix 7

Untuk melihat perbedaan Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 ada beberapa tolok ukur yang dapat dijadikan pedoman. Terutama fitur-fitur yang disematkan pada kedua jam tangan tersebut sebagaimana dilansir dari laman DC Rainmaker.

1. Segi Desain

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (7)

Perbedaan yang pertama adalah dari segi desainnya, misalnya saja dari bobot jam tangan. Untuk Garmin Instinct 2 pada umumnya memiliki berat 53 gram, lalu untuk tipe Instinct 2S adalah 43 gram. Sementara, untuk Garmin Fenix 7 memiliki berat mulai dari 83 gram hingga 89 gram tergantung pada jenisnya.

Untuk ketahanan airnya, keduanya dibekali dengan ketahanan air hingga 100 meter. Di sisi lain, Fenix 7 memiliki fitur tambahan seperti senter flashlight yang dapat digunakan pada kondisi minim cahaya. Dimana hal itu tak terdapat pada Instinct 2 maupun bebeberapa seri Fenix lainnya.

2. Layar Garmin Instinct 2 vs Fenix 7

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (3)

Berikutnya adalah dari segi perbedaan layar, dimana perbedaan di sektor ini adalah hal yang utama. Secara sederhana, Instinct 2 masih menggunakan display hitam putih dan Fenix 7 Series lebih berwarna dengan 64 warna. Begitu pula dengan resolusi Fenix 7 lebih besar dengan 260×260 pixel dibandingkan dengan Instinct 2 yang hanya 176×176 pixel.

Tak hanya itu saja, jika berbicara layar kedua jam tangan ini maka Fenix 7 lebih unggul karena sudah dilengkapi dengan fitur touchscreen. Itu tidak ada pada Instinct 2 yang masih mengandalkan tombol pada bagian sisi dan kanan baterai.

3. Daya Baterai Smartwatch

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (6)

Ketiga ialah mengenai daya baterai Garmin Instinct 2 vs Fenix 7. Bila dirinci, maka perbedaan daya baterai tersebut bisa dilihat di tabel berikut:

 Mode  Instinct 2  Instinct 2 Solar
 Smartwatch  28 hari  Unlimited
 Hemat Baterai  65 hari  Unlimited
 GPS  30 jam  48 jam
 Ultra Trac/ Maksimum Baterai mode GPS  70 jam  370 jam

Kemudian, untuk seri Garmin Fenix 7 memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ini juga tergantung pada beberapa seri fenix 7 untuk lebih lengkapnya Anda bisa perhatikan pada tabel berikut:

 Fenix 7  Fenix 7S  Fenix 7X Solar  Fenix 7X Saphire Solar
 18 jam mode smartwatch

 57 hari mode hemat daya dan GPS

 40 jam mode satelit

 10 jam mode satelit+musik

 Maksimal baterai GPS hingga 136 jam

 Ekspedisi GPS 40 hari

 11 jam mode smartwatch

 38 hari mode hemat daya

 37 jam mode  GPS

 26 jam mode satelit

 7 jam mode satelit+musik

 Maksimal baterai GPS hingga 90 jam
 Ekspedisi GPS 26 hari

 28 hari dan 37 hari dengan pengisian tenaga surya (mode smartwatch)

 90 hari dan 1 tahun dengan pengisian tenaga surya (mode penghemat daya)

 89 jam dan 122 jam dengan pengisian tenaga surya (mode GPS)

 63 jam dan 77 jam dengan pengisian tenaga surya (mode satelit)

 16 jam (mode satelit dan musik)

 213 jam dan 578 jam dengan pengisian tenaga surya (Maksimal baterai GPS)

 62 hari dan 139 hari dengan pengisian tenaga surya (mode ekspedisi GPS)

 28 hari dan 37 hari dengan pengisian tenaga surya (mode smartwatch)

 90 hari dan 1 tahun dengan pengisian tenaga surya (mode penghemat daya)

 89 jam dan 122 jam dengan pengisian tenaga surya (mode GPS)

 63 jam dan 77 jam dengan pengisian tenaga surya (mode satelit)

 36 jam dan 41 jam dengan pengisian tenaga surya (mode satelit dam multiband)

 16 jam (mode satelit dan musik)

 213 jam dan 578 jam dengan pengisian tenaga surya (Maksimal baterai GPS)

 62 hari dan 139 hari dengan pengisian tenaga surya (mode ekspedisi GPS)

Jika dilihat dari tabel di atas, Fenix 7 memang cukup unggul. Terlebih lagi untuk seri Fenix 7 Solar dan Fenix 7X Solar, daya baterainya dapat lebih unggul. Keunggulan itu juga didukung dengan pengisian tenaga surya selama penggunaan, inilah yang tidak ada pada Epix 2.

Baca juga: Garmin Instinct 2 vs Garmin Instinct, Apa Saja Perbedaannya?

4. Navigasi dan Mapping

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (4)

Perbedaan mencolok lainnya dari sektor fitur lainnya adalah navigas dan mapping. Pada seri Instinct 2 tidak dibekali peta atau maps seperti halnya Fenix 7 yang memiliki peta yang dapat didownload. Termasuk rute, jalan, maupun menandai hal penting lainnya seperti kafe, bangunan, dan lain sebagainya. Termasuk data ketika melakukan aktivitas outdoor.

Selain itu, keunggulan dari Fenix 7 lainnya adalah terdapat fitur ClimbPro. Dimana lagi-lagi fitur ini tidak disematkan pada Instinct 2. Pada seri Instinct, Anda hanya dapat melihat tingkat kemiringan objek saat mendaki.

5. Fitur Heart Rate Garmin Instinct 2 vs Fenix 7

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (5)

Hampir semua jam tangan Garmin dibekali dengan fitur pemantau detak jantung atau heart rate. Kedua jam tangan ini memiliki sensor optik untuk pemantau jantung yakni Garmin Elevate V4.  Dimana sensor tersebut bisa memantau detak jantung selama 24X7. Termasuk detak jantung saat berolahraga, tingkat respirasi maupun pemantau stres.

Keduanya juga terdapat fitur PulseOX yang dapat melihat kadar oksigen dalam darah selama 24×7. Kemudian, saat pengguna tidur fitur Health Snapshot akan bekerja untuk mengumpulkan data. Perbedaan mencolok di sini adalah, PulseOX pada Fenix 7 dapat bekerja lebih akurat untuk aktivitas seperti climbing, dan lain sebagainya.

6. Music WiFi dan Garmin Pay

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (1)

Selain fitur pemantau detak jantung, fitur lainnya pada smartwatch Garmin ialah musik, WiFi, dan Garmin Pay. Sayangnya, pada seri Instinct 2 tidak dilengkapi fitur musik maupun WiFi. Itu artinya, Anda tidak dapat menyimpan musik pada jam tangan. Berbeda dengan Fenix 7 yang dapat menyimpan lagu favorit pada jam maupun mendengarkannya secara streaming via Spotify, Amazon Music, Deezer, dan sebagainya.

Lalu, untuk menggunakan WiFi bagi pengguna Instinct 2 dapat tersambungkan via USB pada komputer maupun smartphone. Kemudian, untuk fitur Garmin Pay, memang semua seri Fenix 7 dapat menggunakannya langsung. Hanya saja, untuk Instinct 2 seri yang dibekali fitur tersebut terbatas pada Instinct 2 Series Solar. Termasuk Instinct 2 Trucker Edition.

7. Fitur Olahraga

Garmin Instinct 2 vs Fenix 7 (2)

Terakhir adalah mengenai fitur olahraga Garmin Instinct 2 vs Fenix 7. Hampir pada kedua jam tangan ini sekilas memang perbedaannya tidak begitu mencolok. Sebab, pada keduanya juga dapat digunakan untuk olahraga berat seperti mode triathlon dan bersepeda. Termasuk beberapa olaraga indoor seperti Yoga dan sebagainya.

Hanya saja, pada seri Garmin Instinct 2 khususnya pada seri Surf dan dan Tactical memiliki perbedaan. Misalnya saja pada seri Surf memiliki mode olahraga Surf, Kiteboard, dan Windsurf. Pada seri Tactical tidak dibekali dengan fitur olahraga lengkap. Namun, keunggulannya adalah fitur Kill Switch yang dapat menghapus data pada jam tangan dengan sekali tekan saja pada tombol.

Baca juga: 7 Fitur Penting Pemantau Kesehatan Garmin di Masa Pandemi

Penutup

harga garmin fenix 7 (4)

Sobat Doran, itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan Garmin Instinct 2 vs Fenix 7. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa Fenix 7 memiliki fitur yang cukup mumpuni. Terutama dalam hal fitur untuk olahraga dan pemetaan maupun navigasi. Namun, jika preferensi Anda untuk kebutuhan adventure dengan daya baterai tangguh, maka Garmin Instinct 2 bisa dijadikan pilihan.

Apapun pilihan Anda, pastikan mendapatkan produk tersebut di authorized delaer Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali di Doran Gadget. Anda bisa membelinya di jaringan store kami, via marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Ikuti pula akun Instagram kami untuk mendapatkan informasi promo lainnya.

Artikel terkait:

× WhatsApp