Daftar Aplikasi Ini Segera Rilis Fitur Mode Gelap

Fitur dark mode atau mode gelap sedang menjadi tren. Berbagai aplikasi yang semula hadir dengan warna terang, kini menambahkan tampilan gelap. Ya, mode terbaru membantu meringankan mata saat melihat aplikasi dalam waktu lama.

Sejumlah aplikasi popular yang telah merilis dark mode, antara lain Facebook Messenger, Twitter, YouTube, Pinterest, hingga yang terbaru Instagram. Menyusul berikutnya, terdapat beberapa aplikasi lain yang juga akan menerapkan mode gelap. Apa saja?

Facebook

Mode gelap untuk Facebook tampaknya masih dalam tahap pengerjaan dan akan memakan waktu sebelum dirilis ke publik, seperti yang dilansir dari GSM Arena. Berbeda dari dua aplikasi yang bernaung di bawahnya, Messenger dan Instagram justru lebih dulu memiliki dark mode. Messenger didukung dark mode sejak April 2019. Aplikasi untuk berbalas pesan ini didominasi oleh warna hitam dan abu-abu. Sementara, Instagram baru saja mendapat dukungan dark mode baru-baru ini. Para pengguna menyambut antusias pembaruan tersebut.

WhatsApp

WhatsApp mulai kembali menggarap dark mode pada Maret 2019, namun hingga sekarang masih belum ada kabar terbarunya. Pengaturan temanya akan berisi tiga opsi, antara lain Default System, Light, dan Dark. Tema terang sudah dikenal sebagai tema WhatsApp default saat ini, sedangkan tema gelap adalah tema yang masih dalam pengembangan.

Mode gelap yang telah digulirkan untuk aplikasi-aplikasi populer dapat diaktifkan jika perangkat berbasis Android 10 atau iOS 13 untuk Apple. Apabila perangkat diatur menjadi dark mode, aplikasi-aplikasi tersebut akan secara otomatis menggunakan dark mode.

Fitur mode gelap sendiri sangat berguna pada perangkat karena mampu menghemat baterai. Selain itu, tampilannya akan lebih nyaman ketika digunakan malam hari. Dark mode juga memiliki fungsi mengubah ikon, menu, dan latar belakang menjadi warna yang lebih gelap. Tone seperti itu mampu mengurangi efek menyilaukan saat perangkat digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Tinggalkan Balasan

× Whatsapp