Cara Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Mudik

Doran GadgetSmartphone yang dirilis beberapa waktu belakangan dibekali dengan daya baterai besar. Namun, penggunaan yang secara terus menerus dapat membuat baterai boros dan Anda pun harus mengecasnya berkali-kali. Cukup ribet bukan? Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan mudik dengan jarak jauh. Nah, untuk itu Doran Gadget telah merangkum cara menghemat baterai HP yang dilansir dari berbagai sumber. Simak selengkapnya!

Cara Menghemat Baterai HP Saat Mudik

Untuk menghemat baterai HP agar lebih awet, setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Khususnya jika Anda sedang berada dalam perjalanan atau berada di kawasan yang minim sinyal.

1. Jaga Durasi Menggunakan Aplikasi

cara mengetahui aplikasi yang boros baterai
sc: Nextpit

Tips baterai HP Awet yang pertama adalah dengan menjaga durasi pemakaian aplikasi. Usahakan jangan membuka aplikasi terlalu lama. Sebab, bila membuka aplikasi cukup lama pada latar belakang layar, hal itu membuat baterai cepat habis. Terutama untuk aplikasi yang mengharuskan Anda mengaktifkan fitur lokasi atau GPS.

Baca juga: 7+ Aplikasi Wajib Download untuk Perjalanan Mudik Terbaik Anda!

2. Pakai Internet Seperlunya Saja

Selanjutnya, gunakanlah internet dengan HP secara bijak. Saat Anda menggunakan internet dengan paket data, akan menyedot daya baterai cukup besar. Sebab, data akan mencari sinyal jaringan terbaik dalam waktu lama. Sebaiknya, jika di tempat tersebut ada sinyal WiFi, maka gunakanlah. Kemudian, matikan sinyal itu setelah digunakan.

3. Matikan Fitur Bila Tak Digunakan

Sebagian besar HP kini dilengkapi fitur canggih. Selain itu, ada fitur yang ditawarkan namun fitur itu kadang berdampak pada ketahanan baterainya. Solusinya, agar tetap awet dan dayanya tahan lama Anda bisa mematikan fitur yang tak digunakan. Contohnya adalah fitur GPS, WiFi, dan Bluetooth. Bila Anda berada di wilayah yang susah sinyal, ada baiknya untuk mengaktifkan mode pesawat.

4.  Aturlah kecerahan Layar

Tips Baterai HP Awet
sc: FoneArena

Mengatur kecerahan layar juga menjadi salah satu tips agar baterai HP Anda awet sepanjang hari. Layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi secara perlahan akan menyedot daya baterai. Ingat, layar adalah bagian yang cukup besar mengonsumsi daya baterai. Misalnya saja pada layar LCD menguras baterai 8% per jam dan untuk layar LED sekitar 20% per jam. Kemudian, kunci layar secara otomatis agar lebih hemat.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

5. Pastikan Suhu Normal

Kondisi HP yang panas atau overheat karena sering digunakan bisa menyebabkan daya baterai berkurang drastis pula. Idealnya, suhu yang pas untuk baterai dengan jenis Li-Ion ialah 0° sampai 45°C. Sebab, jika dibawah suhu 0° daya baterai menurun cepat karena pergerakan logam maupun lithium ion pada elektroda lewat elektrolit berkurang.

Lalu, jika di atas suhu 45° juga membuat daya baterai berkurang drastis. Pada saat kondisi panas, baterai bisa kehilangan kemampuannya untuk menyimpan daya. Bila baterai cepat panas dibawah sinar matahari langsung atau penggunaan yang lama dapat mencapai suhu hingga 70°C.

6. Hindari Menggunakan Wallpaper Bergerak

Apakah HP Anda terpasang gambar utama atau wallpaper yang bergerak? Sebaiknya, hindari pemasangan wallpaper seperti yang berformat GIF. Meskipun terlihat menarik, sebenarnya wallpaper bergerak dapat membuat baterai cepat habis karena daya kerjanya meningkat. Jika dalam waktu singkat memang tak terasa dampaknya, akan tetapi bila Anda memasangnya dalam waktu lama maka perlahan bisa menyedot pemakaian baterai.

7. Tips Baterai HP Awet – Pasang Mode Hemat Daya

Tips Baterai HP Awet (1)
sc: YouTube/Infotalk

Tips terakhir adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya. Meski terbilang ini sederhana, namun cara tersebut cukup ampuh lho untuk membuat baterai tahan lama. Dengan fitur hemat daya, HP bekerja secara otomatis dengan menonaktifkan fitur tak penting. Misalnya sinyal radio dan sebagainya, Anda pun menjadi lebih nyaman terutam selama di perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Mode Pesawat : Cara Mengaktifkan, Manfaat, dan Lainnya

8. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Terkadang beberapa aplikasi memiliki setting untuk sinkronisasi secara otomatis. Contohnya yang paling sering adalah media sosial, aplikasi untuk edit foto dan video, hingga aplikasi email. Namun, proses sinkronisasi otomatis ini dapat mengurangi daya baterai cukup drastis. Maka dari itu Anda dapat mematikan fitur sinkronisasi otomatis di aplikasi tersebut.

9. Matikan Data Push

Jika Anda pengguna iPhone, cobalah untuk matikan fitur data push sebagai cara mengemat baterai HP. Dimana fitur ini biasanya memiliki default menyala. Mode ini akan mendownload data dan email apa saja ke akun email dan bisa menguras baterai. Untuk mematikan data push tersebut, Anda bisa masuk pada menu “Settings” > “Mail” > “Accounts” selanjutnya pilihlah “Fetch New Data” dan “Push” kemudian ketuk tuas push tadi.

11. Hapus Cache

Berbagai aplikasi yang terpasang seringkali memiliki cache. Jika itu menumpuk juga akan membuat kerja smartphone menjadi berat sehingga berdampak pula pada daya baterai. Di sini, Anda dapat hapus cache yang ada. Yakni ke menu “Settings” > “Aplication” > “All”. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Google Play Service” dan masuk ke “Clear Cache”.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Cache di Semua Device! 

Penutup

Selain cara menghemat baterai HP di atas, agar mudik lebih aman dan nyaman Anda dapat membawa powerbank untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu baterai habis dalam kondisi yang tidak ada colokan sumber listrik. Pillihlah powerbank dengan daya yang besar dan ringkas, adapun rekomendasinya bisa cek di sini! Atau Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Baik melakukan pembelian di store maupun secara online di website dan aplikasi Doran Gadget. Raih berbagai promo menarik untuk setiap pembelian. Mulai dari potongan harga, voucher, dan lain sebagainya.

Artikel terkait:

>