Doran GadgetMasalah yang sering dihadapi oleh pemilik smartphone adalah layar tidak bisa disentuh atau touchscreen tidak bisa bekerja secara optimal. Penyebabnya pun beragam, mulai dari terkena debu, kotoran, dan lainnya, sampai faktor dari dalam HP itu sendiri. Namun, Anda tak perlu khawatir. Kami memiliki beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh untuk berbagai tipe dan merek smartphone yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Berikut beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa memerlukan waktu yang cukup lama.

1. Restart HP Anda

Cara mudah yang pertama adalah dengan memuat ulang atau restart smarpthone. Tujuannya adalah agar HP bekerja seperti semula. Biasanya, ini dilakukan jika ada sistem operasi tidak maksimal. Caranya adalah dengan menekan tombol daya selama beberapa detik. Tunggu beberapa saat sampai muncul opsi Daya Mati, Mode Darurat, dan Muat Ulang. Di sini, Anda dapat memilih Muat Ulang. Jika tidak berhasil, tekan tombol dayanya sampai HP mati.

Baca juga: 6 Cara Mudah Membersihkan File Sampah di HP, Wajib Coba!

2. Bersihkan Screen Protector

Selanjutnya adalah dengan mengecek pelindung layar atau screen protector yang ada di HP. Sebab, tidak jarang benda satu ini terdapat debu dan partikel yang terselip di bagian-bagian tertentu. Hal ini akan membuat kinerja pelindung layar menjadi terhambat. Selain itu, kotoran dan debu yang menempel ini terjadi karena pelindung layar tidak diganti atau dibersihkan secara berkala. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan menggunakan kain bersih yang bebas serat dan lembap.

3. Mengaktifkan Safe Mode

Kendala layar HP tidak bisa disentuh terjadi juga karena banyaknya aplikasi pihak ketiga. Mengatasinya, Anda dapat mengaktifkan Safe Mode. Manfaat mengaktifkan fitur ini adalah melindungi HP dari apkikasi berbahaya. Sehingga kinerja menjadi lebih baik. Mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol power beberapa saat. Kemudian, pilih mode darurat atau mode aman. Setelah itu, cobalah untuk cek layar HP kembali.

Baca juga: Ini Penyebab Layar HP Berwarna Hijau dan Cara Mengatasinya

4. Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh – Kalibrasi

Faktor lainnya selain masalah luar, touchscreen HP tidak bisa dilakukan adalah karena kinerja menurun. Di sini Anda harus melakukan kalibrasi layar. Cara ini juga dilakukan untuk layar yang tidak bisa disentuh sebagian. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pengaturn kalibrasi. Beberapa smartphone pun memiliki kode tersendiri untuk melakukan kalibrasi layar. Lakukan kalibrasi beberapa kali hingga layar befungsi kembali dengan normal.

5. Keringkan HP Saat Terkena Air

HP yang basah atau terkena air juga berpengaruh pada kinerja layar sentuh. Jika hal itu terjadi, maka Anda pun harus segera mengeringkannya dengan handuk maupun kain bersih yang kering. Setelah itu, taruh HP ke dalam beras atau silica gel yang mampu menyerap air. Jangan lupa untuk selalu cek di sela-sela HP apakah masih terdapat air atau tidak. Sebab, apabila masih ada air hal ini juga akan menghambat kinerja layar sentuh HP ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca HP Android

6. Cek Memori HP Anda

Masalah lain yang menyebabkan layar sentuh HP tidak bisa digunakan adalah karena kapasitas memori internal dan RAM penuh. Inilah yang membuat HP menjadi freeze dan tidak merespon sentuhan. Untuk kinerja HP yang optimal dan bisa digunakan kembali, maka Anda dapat menghapus sebagian aplikasi yang tidak digunakan. Terutama dengan ukuran yang besar agar RAM memiliki ruang yang cukup dan dapat digunakan kembali tanpa layar mengalami gangguan.

7. Cek Charger Baterai

03. adapter charger, charger terbaik

Terakhir, cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh karena pengisi daya atau charger yang tidak sesuai. Terutama saat Anda melakukan pengisian daya. Maka dari itu, pastikan selalu menggunakan charger baterai yang original atau tidak menggunakan milik orang lain. Ingat, walaupun voltase sama, bisa saja ampere-nya berbeda. Jika dibiarkan, ini bisa mengganggu bagian layarnya.

Baca juga: HP Mati Mendadak? Simak 5 Cara Mudah Ini!

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran cara mengatasi layar HP  tidak bisa disentuh. Cukup mudah bukan hal yang perlu Anda lakukan? Agar smartphone lebih awet, Anda dapat membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget yang menjual smartphone dengan kualitas terbaik dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan promo harga terbaik untuk pembelian di store, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Selamat mencoba!

Tags:

Artikel terkait:

× WhatsApp