Doran Gadget Body battery sama seperti baterai pada smartphone. Semakin sering digunakan maka baterai akan semakin cepat habis. Jadi semakin sering Anda menggunakan tenaga untuk bergerak atau berolahraga maka body battery juga akan cepat menurun. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berolahraga, sebaiknya menggunakan fitur body battery pada smartwatch untuk mengecek apakah tubuh overtraining atau tidak. 

Mengapa Penting Mengecek Tubuh Telah Overtraining atau Tidak?

Ada banyak alasan mengapa kita harus mengetahui bahwa tubuh telah mengalami overtraining atau tidak. Selain membahayakan tubuh, berolahraga terlalu keras dan berlebihan bisa memicu terjadinya sindrom overtraining. 

Sindrom tersebut membuat olahraga malah memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Gejala klinisnya biasanya penderita akan merasa lemas, tidak berenergi, merasa pegal dan nyeri, nafsu makan berkurang, merasa tertekan, cemas, mudah tersinggung, insomnia, sakit kepala, irama jantung tak teratur, kekebalan tubuh jadi lebih rendah, dan masih banyak lagi. 

Jika sudah seperti itu, bukannya sehat, penderita malah akan mengalami penurunan kesehatan akibat overtraining saat berolahraga. Demi mencegah hal itu terjadi, pada smartwatch atau sportwatch tertentu mereka menyematkan fitur body battery untuk mengecek apakah tubuh overtraining sehingga pengguna tahu kapan waktu untuk berhenti olahraga dan mencegah overtraining. 

Baca juga: SpO2 Adalah Fitur Penting Smartwatch, Ini Fungsi dan Pengertiannya

Alasan Mengapa Body Battery Cepat Habis 

Selain overtraining, ada banyak alasan lain mengapa body battery Anda jadi cepat habis. Terlebih lagi, body battery setiap orang akan berbeda, dan pengurangannya juga tergantung dari kegiatan apa yang sedang dilakukan. Jika melakukan kegiatan yang sangat melelahkan walaupun itu bukan olahraga, body battery Anda mungkin juga akan habis sebelum malam hari. 

Tidur yang tidak nyenyak juga mampu mempengaruhi besar kecilnya body battery yang tersedia pada hari itu. Kemudian meminum alkohol juga bisa mempengaruhi body battery karena sifat alkohol yang mampu mebuat tubuh stress, merusak kualitas tidur, dan membuat recharging tubuh jadi lebih lambat. 

Hal terakhir yang mempengaruhi body battery cepat habis adalah karena tubuh Anda yang unik, dimana setiap orang memiliki cara yang bervariasi untuk mengatasi stress dengan berbagai tipe aktivitas dan situasi yang akan dilakukan. Karena itu, meskipun mendapatkan stress yang sama terkadang ada orang yang memiliki body battery yang masih sisa setengah saat malam hari atau orang yang sudah hampir habis body batterynya bahkan sebelum malam hari.

Baca juga: 5 Olahraga Indoor untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Saat di Rumah Saja

Pakai Fitur Body Battery untuk Mengecek Apakah Tubuh Overtraining Menggunakan Smartwatch

fitur jam tangan garmin

Untuk itulah, mengetahui total energi yang tersisa di tubuh sangat penting agar Anda bisa melanjutkan sisa aktivitas dengan lebih baik dan menjaga kualitas tubuh dengan lebih seksama. Untuk memudahkan mengecek apakah tubuh overtraining atau tidak, Anda bisa menggunakan fitur body battery melaui smartwatch kesayangan Anda. Dengan mengetahui body battery Anda, maka Anda bisa menjadwalkan kegiatan apa yang cocok dengan body battery di hari itu.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Monitor Heartrate Saat Olahraga

Dapatkan Berbagai Smartwatch dengan Fitur Body Battery di Doran Gadget 

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan smartwatch dengan fitur body battery, Anda bisa membelinya di Doran Gadget mulai dari Garmin WatchApple Watch, hingga Samsung Galaxy Watch bisa Anda dapatkan di sini. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Beli sekarang juga melalui official store kami di sini atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp di sini. 

Artikel terkait: