Garmin IndonesiaSalah satu masalah yang terkadang dialami oleh para pemilik smartwatch adalah jam tangan yang tidak bisa menyala dan tidak bisa dicharge. Hal itu juga terjadi pada smartwatch Garmin. Hal itu bisa terjadi karena berbagai faktor. Baik itu dari kondisi jam tangan itu sendiri maupun faktor pengguna.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, jam Garmin tidak bisa menyala ini masih bisa diatasi dengan menggunakan cara-cara tertentu. Apa saja yang harus Anda lakukan? Simak ulasannya dalam artikel kali ini, termasuk mengenai penyebab smartwatch mati dan tidak bisa diisi ulang dalam jangka waktu tertentu.

Penyebab Jam Garmin Tidak Bisa Menyala

smartwatch forerunner 945 garmin watch

Jam tangan Garmin yang tidak bisa menyala disebabkan karena berbagai hal. Biasanya, jam yang mati atau tidak bisa menyala dapat dilihat dari layar tidak berfungsi walaupun Anda sudah menekan dan menyalakan tombol power.

Penyebab yang sering terjadi adalah kondisi baterai jam tangan dalam kondisi tidak memiliki daya sekali. Sehingga tidak dapat menyalakan smartwatch dengan normal. Kondisi lingkungan juga berpengaruh terhadap penggunaan jam tangan. Sebagai contoh, jam tangan yang kemasukan air saat digunakan di kondisi lingkungan hujan dan basah.

Memang, meskipun dirancang tahan air, masih ada kemungkinan air dapat masuk melalui celah komponen tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya pengguna untuk segera mengeringkan kembali sebelum digunakan dan bisa diisi daya baterai tanpa khawatir terjadi kerusakan lanjutan.

Kemudian, yang tak kalah pentingnya adalah dengan memperhatikan software yang ada di perangkat jam tangan. Meskipun terlihat sepele, namun keberadaan software yang tidak diupdate terkadang memunculkan masalah baru. Sebagai contoh terdapat ‘bug’ sehingga berdampak pada kinerja jam tangan Garmin Anda.

Baca juga: Baterai Smartwatch Garmin Cepat Habis? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mengapa Jam Garmin Tidak Bisa Dicharge?

Selain tidak bisa menyala, masalah lain yang terkadang dialami oleh pengguna Garmin adalah smartwatch yang tidak bisa dicharge atau dayanya tidak bisa diisi ulang. Permasalahan mengenai jam Garmin yang tidak bisa diisi ulang ini biasanya berasal dari kondisi baterai yang bermasalah.

Akan tetapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya penyebab masalah yang muncul. Beberapa penyebab kegagalan pengisian daya ini di antaranya adalah:

  • Terjadi masalah pada soket pengisian daya
  • Masalah pada kabel pengisian daya yang tidak bekerja optimal
  • Masalah dan kegagalan pada AC di adapter charger yang digunakan
  • Software yang belum diupdate atau kadaluwarsa

Di samping itu, masalah baterai tidak bisa dicharge karena bagian port charger kotor. Hal ini karena penggunaan jam tangan dalam waktu lama. Terutama saat terkena keringat maupun basah. Dengan begitu, akan membuat kotoran yang menempel dan menghambat jalannya pengisian.

Baca juga: 5 Cara Mengecas Smartwatch Garmin yang Aman dan Benar

Mengatasi Jam Garmin yang Mati dan Tidak Bisa Dicharge

Saat jam Garmin Anda mati, tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar kembali berfungsi dengan baik dan kembali seperti semula. Melansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya yang perlu Anda coba dan ketahui.

1. Isi Daya Beberapa Saat

Jika masalah smartwatch tidak bisa nyala adalah tidak bisa dicharge, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi daya baterai tersebut. Diamkanlah saat pengisian daya selama setidaknya satu jam. Setelah itu, cek smartwatch Anda apakah sudah terisi dan menyala kembali.

Terkadang, masalah smartwatch tidak bisa menyala adalah karena daya baterai yang rendah. Dan hal itu harus diisi daya selama beberapa waktu. Jika setelah diisi daya baterai tidak bertambah dayanya dan jam tangan tetap mati, maka ini bisa saja terjadi masalah pada baterai jam tangan yang Anda gunakan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Sinyal GPS Hilang di Smartwatch Garmin

2. Bersihkan Jam Tangan

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyebab jam tangan Garmin tidak bisa menyala dapat dikarenakan adanya kotoran yang menempel pada bagian tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala. Tujuannya adalah agar kotoran tersebut tidak menghambat proses pengisian daya.

Di sini yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengoleskan sedikit alkohol dan gosok perlahan dengan penghapus pensil atau dengan cotton buds. Lakukan hingga perangkat benar-benar bersih dan diamkan beberapa saat. Termasuk pada bagian pelindung layar. Setelah itu, cobalah untuk melakukan pengisian daya kembali.

3. Periksa Kondisi Perangkat Pengisian Daya

Perangkat pengisian daya baterai pun perlu dicek kondisinya agar dapat digunakan dengan baik. Jam Garmin yang tiba-tiba mati bisa jadi karena baterai mengalami masalah. Sayangnya, baterai jam tangan Garmin tidak dapat diganti secara sembarangan. Agar lebih aman dan nyaman, Anda dapat menghubungi contact center Garmin yang resmi untuk mendapatkan penanganan dan perangkat original.

Di sisi lain, untuk pengguna seri Garmin Fenix maupun seri Garmin Epix, masalah terkadang terjadi pada perangkat pengisian daya yang digunakan. Untuk hal ini Anda bisa dengan mengganti charging dock atau charging baru agar dapat digunakan seperti semula.

Baca juga: Cara Menghubungkan Smartwatch Garmin ke Smartphone!

4. Update Software Secara Berkala

Masalah yang terjadi pada smartwatch Garmin tidak hanya pada perangkat keras  yang dimiliki seperti baterai, kabel, charger, dan lain sebagainya. Namun, periksa juga mengenai software yang ada di jam tangan tersebut. Sebab, bisa saja software yang kadaluwarsa membuat kinerja jam tangan terganggu.

Biasanya pembaruan software akan dilakukan secara otomatis. Terlebih lagi jika smartwatch Anda sudah terhubung dengan aplikasi Garmin Connect di smartphone. Atau, jika Anda melakukannya di komputer, maka dapat menggunakan Garmin Express. Di sini, Anda bisa melihat software mana saja yang perlu dilakukan pembaruan atas rekomendasi Garmin Express.

5. Lakukan Soft Reset

Cara yang terakhir bisa Anda lakukan untuk mengatasi jam tangan Garmin mati maupun tidak bisa dicharge adalah dengan menjalankan soft reset. Melansir dari laman Garmin Support, jika Anda akan melakukan cara ini, maka langkah yang wajib diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Sambungkan perangkat Garmin Anda ke perangkat perangkat via klip charget khusus smartwatch Garmin.
  • Tekanlah tombol ‘POWER/LIGHT’ selama kurang lebih 20 detik atau hingga perangkat mati.
  • Setelah itu, tekan kembali tombol ‘POWER/LIGHT’ agar perangkat kembali menyala
  • Lakukanlah pengisian daya sampai baterai dalam kondisi 100%.
  • Update software dengan menggunakan Garmin Express.
  • Cek kembali apakah perangkat tersebut sudah kembali seperti semula.

Baca juga: Heart Rate Monitor Garmin Tidak Akurat: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beli Smartwatch Garmin di Tempat Terpercaya

04. Garmin Tactix Delta Solar, garmin store di semarang

Bagaimana, cukup mudah bukan Sobat Doran cara mengatasi jam Garmin tidak bisa menyala dan dicharge? Kini, Anda bisa mencobanya di rumah. Agar tetap aman dan nyaman, belilah smartwatch Garmin beserta aksesorisnya di Doran Gadget.

Sebagai authorized dealer  Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin Bali, dan Garmin Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada promo menarik dan potongan harga terbaik untuk setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

× WhatsApp