Garmin IndonesiaSebagian dari Anda mungkin pernah mengalami baterai smartwatch cepat habis saat digunakan. Termasuk untuk smartwatch Garmin. Padahal, sebelumnya Anda telah mengisi ulang daya baterai hingga penuh. Hal tersebut bisa dikarenakan berbagai faktor, Sobat Doran. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Simak ulasannya dalam artikel kali ini sampai tuntas, ya!

Penyebab Baterai Smartwatch Cepat Habis

Garmin Jakarta, Garmin di Jakarta, Garmin Smartwatch, Garmin Store di Semarang

Ada beberapa penyebab baterai smartwatch Garmin yang Anda gunakan cepat habis. Terlebih lagi jika menggunakannya di luar ruangan (outdoor) untuk jenis smartwatch yang tidak dilengkapi fitur pengisian daya dari cahaya matahari (solar). Adapun penyebab ini antara lain adalah:

  • GPS: saat diaktifkan, fitur GPS akan bekerja ketika pengguna bergerak untuk pelacakan GPS. Hal ini akan menguras daya baterai dalam jumlah yang cukup besar.
  • WiFi: sama halnya dengan GPS, saat WiFi ini aktif, maka smartwatch dapat mendownload update fitur terbaru. Selain itu, smartwatch juga akan aktif mencari sinyal koneksi WiFi terdekat. Apalagi jika di tempat keramaian.
  • Backlight: biasa disebut juga dengan tingkat kecerahan layar jam tangan. Semakin terang tingkat pencahayaannya, maka lampu latar akan menyala. Khususnya saat melakukan gerakan tertentu.
  • Bluetooth: fitur ini pun jadi salah satu penyebab baterai smartwatch cepat habis. Terutama jika Anda menghubungkannya dengan smartphone dan beberapa aplikasi aktif.
  • Vibration: yakni peringatan kepada pengguna dengan mengaktifkan fitur getaran maupun bunyi. Hal ini akan menguras daya baterainya.
  • Widget: ketika Anda memilih beberapa widget seperti kompas, altimeter, dan lainnya di smartwatch Garmin, hal ini akan menguras baterai. Terlebih yang didwonload menggunakan ConnectIQ.

Baca juga: 5 Cara Mengecas Smartwatch Garmin yang Aman dan Benar

Mengatasi Baterai Smartwatch Cepat Habis

Saat smartwatch Garmin Anda mengalami baterai yang cepat boros, tak perlu khawatir. Ada beberapa cara dan langkah mudah yang bisa Anda lakukan agar daya baterai lebih lama berikut ini:

  • Saat Anda tidak menggunakannya di luar ruangan dan berolahraga, dapat menonaktifkan fitur GPS. Pada smartwatch Garmin, langkahnya adalah masuk ke menu System > Sensor > GPS. Kemudian pilih nonaktifkan (off) GPS.
  • Nonaktifkan fitur Monitor Heart Rate jika smartwatch menggunakan tampilan khusus. Misalnya dengan menonaktifkan tampilan detak jantung per detik. Adanya pembaruan di setiap menitnya akan membuat baterai bekerja lebih.
  • Menonaktifkan fitur PulseOx jika smartwatch Garmin memiliki fitur ini. Caranya adalah dengan memilih menu lalu lanjutkan ke Pulse Ox > Tracking Mode.
  • Cara lainnya adalah dengan menonaktifkan notifikasi yang masuk, terutama jika Anda menggunakan aplikasi. Di sini Anda perlu membuka aplikasi Garmin Connect di smartphone. Kemudian, pilih Setting, lanjutkan dengan menonaktifkan aplikasi yang dinilai boros baterai.
  • Jika baterai smartwatch boros karena masalah software yang sudah usang, maka Anda pun perlu melakukan pembaruan. Caranya dengan masuk ke menu Settings > System > Software Update.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

Mengatur Tingkat Kecerahan Smartwatch

garmin venu, harga jam garmin, smartwatch garmin, garmin watch (5)

Selain menonaktifkan fitur bawaan yang ada di smartwatch Garmin, Anda juga dapat mengatur tingkat kecerahan layarnya agar baterai tidak cepat habis. Pengaturan ini bisa berbeda di beberapa tipe smartwatch Garmin. Berikut langkah-langkahnya:

  • Jika Anda menggunakan seri Garmin Venu, maka pengaturan tingkat kecerahan bisa dilakukan melalui cara Settings > System > Display.
  • Untuk pengguna Garmin Fenix, seperti seri Fenix 6 Anda dapat melakukan pengaturannya dengan tahan Menu lalu pilihlah System > Backlight. Anda juga bisa mengatur kecerahan dengan menekan tombol.
  • Apabila menggunakan Garmin Forerunner, tekan dan tahan Menu lalu masuk ke Settings > System > Backlight dan aturlah kecerahan yang sesuai.
  • Seri Garmin Vivosmart 4 memiliki tingkat kecerahan secar otomatis. Namun, Anda dapat memilih skala dari 1 sampai 7 melalui tombol pengaturan. Caranya adalah dengan menekan tombol yang ada di bagian bawah layar. Kemudian, pilih Settings dan swipe serta pilih ikon Brightness.

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series

Penutup

Garmin Instinct Esports smartwatch esport instinct esport

Bagaimana, cukup mudah bukan Sobat Doran cara mengatasi baterai smartwatch cepat habis? Kini, Anda pun bisa mencobanya di smartwatch Garmin yang dimiliki. Temukan berbagai aksesoris dan smarwatch terbaik Garmin terlengkap hanya di Doran Gadget. Sebagai authorized Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, Garmin Bali, dan Garmin Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi.

Selain itu, dapatkan promo menarik dan potongan harga untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku.

Artikel terkait: